Berita Nasional Terpercaya

Inilah 3 Virtual Reality (VR) Terbaik di Pertengahan Tahun 2016

0

Bernas.id – Memang harus diakui bahwa saat ini kita semua telah berada di era Virtual Reality (VR), walaupun saat ini Headsets Virtual Reality belum mencapai klimaks-nya.

Seperti yang telah diketahui banyak orang, saat ini memang ada beberapa headset VR yang digemari oleh masyarakat pecinta IT seperti HTC Vive dan Oculus Rift. Kedua headset ini jika dilihat dari segi harga dan kemampuan menduduki peringkat tertinggi.

Namun di lain pihak, mungkin saja Anda menyukai Samsung Gear sebagai Headset VR walaupun menawarkan sedikit keterbatasan pengalaman Virtual Reality namun harganya yang lebih menarik membuat Headset VR ini dinilai patut untuk dimiliki.

Namun para penggila teknologi harus bersabar karena di pertengahan tahun 2016 ini akan hadir pula Sony Playstation yang tertarik membuat VR. Namun sambil menunggu kehadirannya, tidak ada salahnya memilih headset VR terbaik yang saat ini digemari oleh konsumen.

Inilah 3 headset Virtual Reality terbaik dilansir dari techradar (15/7/16):

1. HTC Vive

HTC Vive menjadi pemenang dalam pertarungan headset VR kali ini. Dengan harga yang dibilang tidak murah, namun HTC Vive memberikan pengalaman virtual yang tiada tandingannya.

Dibanderol harga $ 799 / £689 / AU$899 atau sekitar Rp. 10.387.000 (kurs 1 dollar = Rp. 13.000), Anda akan dapat menikmati pengalaman terbaik ketika menggunakan VR karena HTC Vive dilengkapi dengan katup yang dilengkapi dengan GPU yang high-end dan juga mahal.

Sampai saat ini, HTC Vive adalah VR yang terkomplit yang ada di pasaran. Dilengkapi sebuah headset dan 2 base stasiun yang dipakai untuk mengetahui pergerakan headset, HTC Vive juga dilengkapi dengan 2 kontrol gerakan yang ada di dalam box.

Hal tersebut sangatlah penting, karena memperbolehkan HTC Vive menawarkan lebih banyak pengalaman yang lebih dalam jika dibandingkan dengan kontroler tradisional. Sedangkan hingga saat ini pengontrol sentuh Oculus belum diketahui waktu perilisannya.

HTC Vive menyematkan dua layar 1080p yang akan membuat gambar terlihat sangat tajam. Namun sayangnya headset VR ini belum cukup memiliki resolusi yang tinggi sehingga Anda masih dapat membedakan dengan sangat jelas antara dunia nyata dan VR.

Tetapi sampai saat ini HTC Vive masih merupakan headset dengan resolusi tertinggi di pasaran di samping Oculus Rift.  

Sebuah fitur menonjol dari HTC Vive ialah fitur ruang yang cukup besar yang memungkinkan Anda untuk bisa berjalan di ruangan berukuran 4,5 x 4.5m. Tentu ini akan memberikan dimensi lain untuk menambah perasaan menarik dan seru yang Anda alami pada saat menggunakan.

Anda tak hanya menekan tombol-tombol pada tongkat analog saja, tetapi Anda juga menggunakan kaki Anda untuk melakukan perjalanan menuju pengalaman yang menakjubkan. Namun dengan catatan Anda mempunyai ruang yang cukup untuk melakukan hal tersebut.

Dengan pengalaman yang hebat dalam memakai HTC Vive, harus diakui jika harga Headset VR ini terbilang mahal, bahkan dua kali harga konsol yang saat ini beredar. Namun hal ini sesuai dengan pengalaman mengasyikkan yang disajikan. Oleh karena itu bagi para pecinta game, Anda harus memilki headset VR yang satu ini.   

2. Oculus Rift

Dibanderol dengan harga $600 / £499 / AU$649 atau sekitar 8 jutaan, Oculus Rift mempunyai spesifikasi yang memadai. Bahkan Headset VR ini telah memperoleh banyak julukan sejak beberapa bulan lalu, bahkan sebelum diluncurkan secara umum. Bahkan ada yang menyebutkan jika Oculus Rift adalah sebuah hiburan di masa depan, ini sama halnya dengan apa yang dahulu pernah dialami oleh iPhone ketika pertama kali dirilis oleh Apple.  

Pastinya, adanya perlombaan senjata dengan menggunakan VR dapat terjadi karena adanya pendiri Oculus yakni Palmer Luckey. Seorang remaja jenius yang berhasil membuat headset VR dengan teknologi yang menakjubkan hanya dari garasi rumahnya.

Dari garasi tersebut, Luckey mulai membuat banyak prototype dan akhirnya Facebook tertarik membayar ide tersebut dengan harga $ 2bn atau senilai Rp.26 trilyun. Oleh karena itu, Oculus menjadi nama yang masih sangat disegani dalam dunia Virtual Reality.

Namun jika dibandingkan dengan HTC Vive dengan adanya teknologi ruang-skala dan juga dua pengendali gerak. Oculus Rift memang terasa sedikit kurang menarik dibandingkan HTC Vive.

Akan terdapat banyak limit yang harus didapatkan oleh pemakai Oculus Rift karena permainan yang dimainkan cenderung statis, terlebih jika dimainkan dengan kontroler permainan yang biasa kita gunakan.

Anda hanya dapat berdiri untuk melakukan permainan tersebut, tetapi tanpa adanya pelacak pada tangan Anda, membuat permainan menjadi sedikit kurang nyata.  

Walaupun begitu, dengan harga sekitar $ 200 lebih murah, sepertinya Oculus Rift cocok distandarkan dengan headset virtual reality di level tengah dan juga akan sangat cocok bagi Anda pecinta game yang tenang serta tidak melakukan banyak pergerakan.

3. Samsung Gear VR

Dengan menggunakan teknologi dari Oculus, Headset Samsung Gear VR cukup efektif sebagai Headset VR pertama yang beredar di pasaran. Untuk memakainya Anda cukup menyambungnya dengan ponsel pintar Samsung, sedangkan untuk mengunduh aplikasi dan permainan, Anda dapat mengambilnya melalui Oculus Store yang sudah tergabung di dalam headset VR.

Model asli dari Samsung Gear VR ini awalnya untuk mendukung Samsung Note 4, namun akhirnya model tersebut mengalami perkembangan sehingga saat ini telah dapat diaplikasikan pada beberapa ponsel pintar dari Samsung seperti Samsung Note 4, Samsung Galaxy S6, dan Samsung Galaxy S7.

Karena banyaknya jenis ponsel pintar Samsung yang kompatibel dengan Gear VR, maka kualitas yang didapatkan ketika memakai headset VR ini pun pada akhirnya sangat bervariasi.

Jika Anda memakai Samsung Note 4 ketika mencoba Gear VR maka Anda akan terbatas mendapatkan ketajaman gambar sekitar 518 ppi, namun ketika Anda memakai S7 maka Anda akan merasakan ketajaman gambar hingga 577 ppi.  

Memang harus diakui jika Samsung Gear VR bukanlah headset VR dengan kualitas terbaik. Namun jika dibandingkan dengan fleksibilitas dalam bergerak, kemudahan dalam pemakaian menjadi nilai lebih. Karena dapat diaplikasikan dengan banyak ponsel pintar Samsung dan yang paling penting harganya yang tidak terlalu mahal, maka Samsung Gear VR dapat menjadi pilihan Anda.

Saat ini, Samsung Gear VR dibanderol harga sekitar $199/ £169 / AU$249 atau sekitar Rp. 2.587.000 (kurs rupiah 1 dollar = Rp. 13.000).

Baca juga artikel tentang Bagi Pecinta Grand Theft Auto, Sebentar lagi GTA Ada Dalam Versi Virtual Reality

Bagi Anda yang penasaran seperti apa spesifikasi VR terbaik di pertengahan tahun 2016 ini maka dapat Anda menyaksikan video yang satu ini: 

Leave A Reply

Your email address will not be published.