Cinta Ibuku adalah Separuh Jiwaku

Fransisca Diwati SH. MM. - Thia Destiani
25 Agustus 2016

Ilustrasi (Sumber foto: informationstash[dot]com)

HarianBernas.com - "Air mata bening itu..Mengalir di pipi renta yang menua. Menetes membasahi baju rumah yang dikenakannya. Saat itu langsung aku tersadar...Ucapanku terlalu menghentak bagi sebuah hati yang begitu halus.. Egoku yang tak mau mengalah telah menusuk perasaan terdalamnya.. Betapa jahatnya aku...Seakan tangan tak kasat mata menepuk keras pundakku.. Menegur atas apa yang telah kuucapkan tanpa sadar terbalut emosi.. Segera kupeluk Ibuku dengan erat.... dan lama....Kubisikkan ..... Maafkan aku, Ibu .... Maafkan aku... Kubiarkan airmatanya membasahi pundakku...

Kadang di saat tubuh lelah, emosi mudah tersulut. Itu yang pernah terjadi saat ibuku menuntut sesuatu yang kutanggapi dengan emosional yang membuatnya terhenyak kaget dan menangis. Saat itu, aku merasa menjadi anak yang paling durhaka, rasa sesal menyeruak di dada. Menyesal karena mengapa aku tak cukup sabar menghadapi tuntutan ibu yang sederhana, sabar mendengarkan keluhannya meskipun hati lumayan kesal, kenapa aku tak bisa sabar. Sesabar ibuku mengurusku sejak lahir hingga dewasa dengan kadar kasih 100% murni dari ketulusan.

Ingatanku melayang pada masa kecilku, masa saat kami hidup begitu sederhana. Ayahku seorang guru muda yang belum memiliki rumah sendiri, tahu kan? Berapa gaji guru di masa itu? Belum ada program sertifikasi guru seperti sekarang. Di zaman itu seorang guru kalau ingin punya rumah sendiri, ya mesti kerja keras cari kerja sambilan. Itupun belum tentu bisa, karena kadang uang tabungan rumah terpakai untuk biaya tak terduga, misalnya anak sakit, anak masuk sekolah, anak perlu ini itu, uang sewa rumah dan lain-lain. Kan waktu itu belum ada Dana BOS maupun BPJS Kesehatan. Bahkan aku tidak ingat apakah di masa itu sudah ada produk asuransi atau belum, karena untuk pengeluaran bulanan saja orang tua kami harus bekerja keras, boro-boro memikirkan premi asuransi.

Karena kami belum mempunyai rumah sendiri, maka kehidupan kami berpindah dari satu rumah sewa ke rumah kontrakan yang lain, rata-rata tiap dua tahun kami berpindah rumah alias nomaden kota. Saat itu aku masih menganggap berpindah-pindah rumah adalah sesuatu yang menyenangkan, karena selalu mendapat teman-teman baru di lingkungan yang baru, dan anak-anak tahunya beres karena tidak terlibat kesibukan "packing" barang dan angkut-angkutnya trus bongkar lagi dan menatanya. Maklumlah, masih kecil..tahunya cuma main, makan dan tahunya semua sudah tertata rapi dan punya kamar bersama yang baru lagi. Padahal kalau dipikir sekarang, tidak bisa dibayangkan betapa repotnya pindah-pindah rumah periodik seperti itu.

Orang tuaku pendatang di Jogja, mereka bertemu saat sama- sama kuliah di UGM tapi beda jurusan. Kami lima bersaudara yang semuanya lahir di Jogja, aku anak kedua mereka. Istimewanya aku seperti punya banyak persamaan dengan ibuku..sama-sama anak kedua, punya zodiak yang sama, sama-sama kuliah hukum di UGM, sama sama keras kepala... Hahaha...mungkin yang terakhir ini yang paling dominan.

Yang paling kusyukuri dalam hidupku adalah aku dipilihkan Tuhan lahir ke dunia melalui rahim seorang ibu yang luar biasa, Ibu yang membentuk karakterku menjadi seorang perempuan yang mandiri dan mampu mengatasi kerikil dan batu karang tajam dalam menjalani kehidupan.

Ibu yang memberikan nilai-nilai hidup yang penuh kebaikan selama mendidik dan mendampingiku dengan segudang kasih sayang, meskipun juga terkadang cukup keras dan tegas dengan larangan-larangannya, yang dulu selalu kutanggapi dengan wajah cemberut dan ngambeg berhari-hari. Dan akhirnya kutahu kalau ketegasan itu juga untuk "rem" kami agar tidak keluar jalur.

Masih jelas kuingat, Ibu setiap pagi buta pergi naik becak ke pasar ditemani oleh Mbok To, seorang perempuan tua yang juga ikut kami berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah yang lain. Mbok To sangat setia pada keluarga kami meskipun tidak digaji tinggi, mungkin karena Mbok sudah tidak punya keluarga lagi di desa, sehingga keluarga kami sudah dianggap keluarga sendiri.

Pulang dari pasar, ibu langsung mengolah bahan makanan menjadi hidangan sederhana namun lezaattt untuk anak-anak kost yang tinggal bersama di rumah kami. Belakangan baru kutahu, ayah dan Ibu menerima anak kost untuk membantu membayar uang sewa rumah kami, yang harus selalu kami bayarkan setiap perpanjangan ataupun pindah kontrakan.

Bayangkan betapa kesibukan ibu kala itu, dari mengurus anak-anaknya, ditambah menyiapkan makanan untuk anak kost, mengurus rumah agar selalu bersih dan rapi, masih sempat juga meneruskan kuliah S1-nya yang sempat tertunda, dan bahkan terus melanjutkan ke jenjang notariat ditengah segala kesibukannya. Perjuangannya tak pantang menyerah untuk mencapai mimpinya menjadi seorang Notaris, tanpa perlu malu dengan usia yang sudah tak lagi muda saat itu. Ibu bekerja keras untuk membantu nafkah keluarga, dengan menyisihkan sebagian untuk biaya kuliah.

Kerja keras akan membuahkan hasil yang manis untuk masa depanmu, itulah nilai yang diajarkan Ibu kepadaku. Pesan itu sangat menancap di pikiran bawah sadarku, dan itulah yang membuatku tak undur langkah saat keraguan sempat menyusup dihatiku waktu kuputuskan untuk melanjutkan kuliah S2 dengan dua anakku yang masih kecil dan usiaku tak lagi muda.

Sedari kecil Ibuku selalu mengajari kami, anak-anaknya untuk berlaku adil dan mengasihi satu sama lain. Saat paling berkesan adalah saat ibuku membagi makanan atau buah, semua anak akan mendapat bagian yang sama. Membagi buah kelengkeng pun dibagi dengan dihitung per anak dengan jumlah dan besar kecil yang seadil-adilnya.

Juga mengajak kami untuk selalu mensyukuri apa yang kita miliki, seperti pernah suatu saat kami hidup agak prihatin, dan tidak tiap saat tersedia lauk untuk makan, namun kami masih bisa menikmati makanan hanya dengan nasi panas dan garam ataupun nasi dengan sambal terasi ...hhmm..tetap kami santap dengan nikmatnya.

Kata ibu, kita masih beruntung karena diberi tempat berteduh dan nasi, masih banyak orang diluar sana yang tidur di emperan toko dengan perut kelaparan. Perasaan selalu bersyukur itu tetap kubawa hingga kini dan kutanamkan juga kepada anak-anakku, selalu mengingatkan untuk jangan selalu melihat ke atas, tapi lihatlah juga ke bawah, agar kita tidak takabur dan selalu mensyukuri setiap hembusan nafas hidup kita yang sangat berharga.

Ibuku memang bukan tipe ibu yang humoris dan suka bikin anaknya tertawa terbahak-bahak, namun ibu selalu berusaha menyenangkan anak-anaknya dengan caranya yang khas, salah satunya kami menyebutnya "kejutan pasar". Kadang jika ada sisa uang belanja, ibu suka membawa oleh-oleh buat kami yang aneh-aneh, pernah bawa bungkus ketupat yang isinya "gareng pong", sejenis serangga yang sering berbunyi saat memasuki musim kemarau.

Pernah membawa daun-daunan yang kalau di remas-remas jadi semacam agar-agar alias cincau, pernah juga membawa mainan "tik tok" yang bentuknya dua bola bertali jika digerakkan keatas dan ke bawah, bunyinya..tik tok..tik tok.tik tok...hahahhaha..apapun itu, kejutan pasar selalu menggembirakan hati kami dan selalu ditunggu-tunggu. Hal yang sederhana namun memberikan kegembiraan dan keceriaan dalam keluarga kami. Satu hal lagi yang aku pelajari dari ibuku.. Kebahagiaan bukan dari kemewahan, dalam kesederhanaan kita juga bisa menikmati kebahagiaan, yang utama adalah seberapa besar porsi cinta yang kita masukkan dalam ramuan bahagia itu.

Aku melihat ketegaran yang luar biasa dari Ibuku pada suatu peristiwa yang tak akan pernah kulupakan, yaitu saat ibuku memelukku dan kemudian duduk menatap wajahku dengan raut wajah yang sulit kutebak...sedih.....berusaha menahan perasaan...nanum tetap terlihat berusaha untuk tersenyum. Ibu bertanya.. Nak, seandainya ayah dan ibu tidak lagi bersama, kamu akan ikut tinggal dengan siapa? Saat itu aku masih duduk di kelas dua SMP, yang belum terlalu mengerti mengapa ayah dan ibu harus berpisah.

Usia SMP jaman dulu tidak secanggih dan sedewasa anak-anak SMP sekarang, dulu waktu aku masih SMP masih lugu, culun, belum kenal cinta, fokus sekolah, main pit-pit an...belum ada gadget smartphone apalagi main sosmed.. Jadi saat mendengar kata-kata ibu, dengan cepat kujawab.. " ikut ibu", demikian juga semua saudaraku, menjawab..." ikut ibu..!".

Jawaban atas penyebab berpisahnya orang tuaku baru jelas setelah beberapa bulan kemudian, saat keputusan pengadilan mengesahkan perceraian mereka, rasa sayangku kepada ibuku membuat aku membenci ayahku selama bertahun-tahun. Dalam kebencian dan kemarahanku, sering ibuku mengingatkan ... Mungkin ayahmu memang melakukan kesalahan, namun dia tetap ayahmu...belajar menerima kenyataan dan yakinlah kita bisa bertahan karena kita masih punya Tuhan yang menjaga kita semua. Satu pelajaran lagi dari ibuku untuk bisa "move on" dan menghadapi permasalahan hidup dengan tegar, dan belajar memaafkan kesalahan orang.

Perjuangan ibu untuk membesarkan kelima anaknya sendirian, merupakan penggalan perjalanan hidup yang terekam jelas dalam ingatanku. Sampai aku lulus SMA dengan predikat juara umum ketiga, itu karena aku berjanji akan mempersembahkan yang terbaik untuk ibuku yang berkerja tak kenal waktu sebagai notaris senior di kota Purwokerto.

Aku bisa merasakan apa yang ibu lakukan adalah semuanya untuk anak-anaknya. ibu adalah pahlawan kami, tulang punggung keluarga yang tak pernah berhenti berusaha memenuhi semua kebutuhan anak-anaknya. Tuhan memang baik, Dia memberi kemudahan rejeki untuk ibuku, sehingga akhirnya kami mempunyai rumah sendiri yang dibeli dari kerja keras ibuku. Rumah yang selalu hidup dan penuh kasih sayang meskipun tanpa sosok ayah di dalamnya.

The power of Mom itu terbukti juga saat ibuku menolak dengan bijak lamaran beberapa orang untuk menjadi pengganti sosok ayah bagi kami. Ketika aku bertanya mengapa ibu tidak menerima mereka, ibuku berkata... Ibu tak mau perhatian dan kasih sayang Ibu menjadi terpecah untuk orang lain, Ibu akan terus bekerja, berjuang dan memberikan cinta Ibu hanya untuk anak-anak..." , Saat itu aku langsung memeluk ibuku... menangis dipelukannya.

Ibuku memang pahlawan hidupku... Tanpa ibu mungkin aku tidak meluluskan sarjanaku, ibuku yang tak bosan-bosannya mendorongku untuk menyelesaikan skripsi yang lama terbengkalai karena sempat kutinggalkan untuk menikah dan bekerja. Tanpa ibuku mungkin aku tak akan menjadi dosen di STIEBBANK dan amanah-amanah yang lainnya, karena ibuku yang paling mensupportku untuk melanjutkan ke jenjang Magister, selain suamiku... Tanpa ibuku mungkin aku tidak belajar menjadi perempuan mandiri, tegar dan berani berjuang melihat ketidakadilan. Tanpa ibuku mungkin aku takkan bisa menjadi seorang istri dan ibu yang dicintai keluargaku, karena telah kutanamkan nilai-nilai berharga yang kudapatkan selama menjalani proses menuju kedewasaan bersama ibuku. Tanpa cinta ibuku, aku kehilangan separuh jiwaku..

Saat ini..usia ibuku hampir 80 tahun. tubuh rentanya sudah mulai tertatih saat berjalan. Kulit tangannya yang dulu sering menggendongku kini sudah mengendur dan berkeriput. Wajahnya penuh guratan-guratan halus menunjukkan umur yang terhitung banyak, namun tetap terlihat cantik dan berkarisma. Meskipun kadang mulai banyak menuntut untuk diperhatikan, terlalu sensitif sehingga cepat tersinggung, namun aku tetap tidak berhak dan layak untuk berkata-kata keras padanya, karena hutangku masih sangat banyak yang belum terbayarkan untuk Ibu. Apalah artinya keluhan dan tuntutan ibu yang kadang terucap di saat kepenatanku dibandingkan dengan apa yang telah Ibu berikan kepada kami, anak-anaknya...

Padamu Ibu... aku berjanji akan lebih banyak memberikan cinta dan perhatian kepada Ibu.Terima kasih atas cinta Ibu yang setia sampai detik ini. Tuhan, berkati Ibu selalu.

 

@BundaSisca



Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Internasional 8 Menit lalu

Presiden Filipina Bersumpah Tidak Akan Pernah Berkunjung ke AS

HarianBernas.com – Rodrigo Duterte masih enggan menghentikan perang mulutnya dengan pemerintah AS. Kali ini presiden Filipina tersebut bersumpah kalau dirinya tidak akan berkunjung ke AS. Ia juga menyebut AS sebagai negara yang buruk ...

Internasional 23 Menit lalu

Pemerintah India Larang Perusahaan Rokok Beriklan di Ibukota

HarianBernas.com – Rokok merupakan produk yang senantiasa menuai polemik di negara manapun. Dampak negatif yang ditimbulkan rokok dalam jangka panjang menyebabkan puntung hisap ini dianggap sebagai ancaman bagi kesehatan rakyat banyak ...

Internasional 38 Menit lalu

Polandia Sahkan RUU Kontroversial Mengenai Hakim Mahkamah Agung

HarianBernas.com – Polandia tengah diliputi kegaduhan. Sejak tengah pekan ini, belasan ribu orang di kota-kota besar Polandia turun ke jalan untuk mengikuti aksi demonstrasi. Tujuan mereka menggelar aksi ini adalah untuk menentang per ...

Internasional 53 Menit lalu

Media Sosial Jadi “Medan Perang” Baru Pemerintah Banyak Negara

HarianBernas.com – Perang di masa kini bukan hanya terjadi di dunia nyata. Situs-situs media sosial seperti Facebook dan Twitter sekarang juga sudah berubah layaknya medan perang. Menurut hasil penelitian terbaru yang dirilis oleh Uni ...

Gadget 2 Jam lalu

Tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia, Asus Rilis 6 Varian ZenFone 4

HarianBernas.com – Asus merupakan vendor smartphone asal Taiwan yang mempunyai pangsa pasar yang besar di dunia. Kehadiran produknya selalu ditunggu-tunggu oleh pecinta gadget, salah satunya adalah peluncuran keluarga ZenFone 4 series ...

Internasional 3 Jam lalu

Smart ID Card, Proyek Sukses E-KTP di Hongkong

HarianBernas.com – Di Indonesia, proyek E-KTP memang menjadi salah satu hal yang cukup menggiurkan. Mengingat anggaran yang diperlukan tidaklah sedikit. Hampir semua masyarakat harus mengantri selama berjam-jam untuk difoto dan dicata ...

Bisnis 4 Jam lalu

Tak Dapat Dibendung, Jumlah Perusahaan Transportasi Online Terus Bertambah

HarianBernas.com – Sekarang ini, ternyata bisnis transportasi online menjadi salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan. Ada berbagai macam perusahaan transportasi online yang bersaing satu sama lain. Kali ini, PT Angelita Tran ...

Nasional 4 Jam lalu

Indonesia Menduduki Peringkat Paling Atas dalam Survei Internasional Ini

HarianBernas.com – Negara Indonesia berhasil menduduki peringkat paling atas dalam hal tingkat kepercayaan rakyat kepada pemerintahnya. Bersamaan dengan Indonesia, Negara Swiss juga ikut menduduki peringkat paling atas. Hal ini dinila ...

Kesehatan 4 Jam lalu

Anak yang Gemuk, Belum Tentu Anak yang Sehat

HarianBernas.com – Banyak orang tua yang senang jika anaknya memiliki tubuh yang gemuk. Mereka menganggap bahwa anak yang gemuk adalah anak yang sehat. Padahal, tidak selalu anak yang gemuk adalah anak yang sehat. Ada kemungkinan a ...

Otomotif 5 Jam lalu

Wajib Dicoba, Tips Ini Bikin Bodi Motor Tetap Bening dengan Modal 10 Ribu

HarianBernas.com - Bagi kamu yang sering berkendara menggunakan sepeda motor apalagi sering jarak jauh, pasti membuat kondisi sepeda motormu terlihat kusam, terutama pada bagian cover bodi. Seringkali juga terdapat lecet-lecet halus ya ...

Umum 9 Jam lalu

Hai Para Pendaki, Ini Aturan Dilarang Petik Edelweis di Gunung

HarianBernas.com – Lagi-lagi ulah pendaki gunung membuat gemas para netizen utamanya di media sosial Instagram. Ada pendaki begitu bangga memamerkan foto selfie sembari memegang bunga edelweis di puncak gunung. Tanaman edelweiss (Anap ...

Internasional 11 Jam lalu

Presiden Turki Bakal Kunjungi Tiga Negara Arab untuk Akhiri Krisis Qatar

HarianBernas.com – Krisis diplomatik yang menimpa kawasan Teluk turut menyita perhatian Recep Tayyip Erdogan. Al Jazeera memberitakan kalau presiden Turki tersebut bakal melakukan kunjungan selama dua hari ke Arab Saudi, Kuwait, dan Q ...

Gadget 12 Jam lalu

Daripada Bingung, Ini Nih Cara Membedakan Xiaomi Mi dan Redmi

HarianBernas.com – Bisa jadi kamu pernah dengar tentang adanya kabar peluncuran smartphone dengan layar besar dari Xiaomi dengan nama Mi Note Pro. Nah, ternyata hal ini membuat banyak penggemar Xiaomi di Indonesia bingung. Mereka tern ...

Nasional 12 Jam lalu

Jokowi: Semangat Kebangsaan Indonesia Diyakini Jadi Rujukan Negara Lain

SEMARANG, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo meyakini semangat kebangsaan Indonesia terus terpelihara di masa mendatang. Hal ini terlihat dari acara halalbihalal kebangsaan yang digelar oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU ...

Nasional 13 Jam lalu

Rini dan Menteri dari PAN Masuk Radar Perombakan Kabinet

JAKARTA, HarianBernas.com - Pemerintahan Jokowi-JK, 2 tahun lagi akan memasuki masa pertama periodenya. Dengan sisa 2 tahun sisa pemerintahannya, Presiden Jokowi harus memastikan semua agenda dan program yang sudah terdistribusi ke anak bua ...

Nasional 13 Jam lalu

Senangnya Jokowi Lihat Anak Bersemangat dan Berani

PEKANBARU, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 di Pekanbaru, Riau, Minggu (23/7/17). Kehadiran Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut langsung oleh anak-anak yang me ...

Nasional 15 Jam lalu

Jokowi Tinjau Proyek Tol Pekanbaru-Dumai, Begini Perkembangannya

RIAU, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo meninjau proyek jalan tol Pekanbaru-Dumai, Minggu (23/7/17). Ia pun menjajal sendiri jalan tol yang belum diaspal tersebut. Tiba dilokasi, Presiden langsung mengecek kondisi proyek yang ...

Nasional 15 Jam lalu

Jokowi: Bukan Bully, Anak Seharusnya Lalukan Ini di Sekolah

RIAU, HarianBernas.com – Aksi bully di sekolah belakangan ramai diperbincangkan dan kembali terjadi di sekolah maupun universitas. Presiden Joko Widodo menyebutkan aksi “bully” di kalangan anak di bawah umur marak terjadi ...

Nasional 15 Jam lalu

Kemenag: Makanan Haji Berselera Nusantara, Fasilitas Aman di Arab Saudi

JAKARTA, HarianBernas.com – Kementerian Agama mengklaim persiapan Haji 2017 di Arab Saudi sudah 100 persen. Transportasi, pemondokan, maupun katering untuk jamaah haji Indonesia di Tanah Suci sudah siap. Pihak Kemenag pun menjamin fas ...

Otomotif 16 Jam lalu

Berniat Ganti Lampu Kendaraan, Jangan Sembarang Menggantinya. Perhatikan Faktor Ini

HarianBernas.com - Peredaran lampu aftermarket model High Intensity Discharge (HID) atau Light Emitting Diode (LED) ternyata selama ini kurang pengawasan. Ternyata masih ada saja toko-toko yang mendagangkan lampu tersebut dalam intensitas c ...

Properti 16 Jam lalu

11 Desain Interior dari Berbagai Karakter ini Bakal Bikin Suasana Rumahmu seperti Surga

HarianBernas.com - Bosan dengan ruangan yang bergaya itu-itu saja, kini saatnya mendekorasi ulang ruanganmu. Cobalah untuk mendekorasi ruanganmu sesuai dengan kepribadianmu karena dekorasi ruangan begitu individual dan unik. Namun, sebel ...

Lifestyle 17 Jam lalu

Sering Begadang, 7 Tips Ini Bikin Kulit Wajahmu Tetap Terlihat Segar dan Cerah!

HarianBernas.com - Wajar bukan kalau kita sebagai pelajar, mahasiswa atau pekerja, harus begadang demi menyelesaikan tugas yang menumpuk? Mengejar deadline sampai larut malam. Kemudian, bangun pagi untuk memulai aktivitas kembali. Mele ...

Wisata 17 Jam lalu

Luar Biasa! Indahnya Panorama Restoran Bawah Laut Ini Akan Bikin Anda Kagum

Harianbernas.com - Buat para traveler dan pecinta kuliner, rasanya tentu sudah biasa kalau hanya merasakan makanan khas di suatu daerah atau hanya sekedar mampir di restoran unik di pusat perkotaan. Bahkan, saat ini menikmati makan malam ro ...

Kesehatan 19 Jam lalu

Faktanya, Timun Suri Mengandung Kolagen Alami!

HarianBernas.com - Buah Timun Suri, sebaiknya dikonsumsi setiap hari ini. Selain dikenal sebagai pelepas dahaga, timun suri juga dikenal sebagai pemulih energi setelah melakukan kegiatan yang berat. Padahal kenyataannya, timun suri mempunya ...

Gadget 19 Jam lalu

Kalah Saing di Pasaran, Merek Smartphone Ini Banting Harga, Tertarik?

HarianBernas.com - Perkembangan teknologi yang begitu cepat, tentu ingin diikuti oleh semua orang. Salah satu aplikasi teknologi canggih dalam kehidupan sehari-hari kita adalah pemanfaatan smartphone. Ada berbagai macam merek smartphon ...

Kesehatan 19 Jam lalu

Sari Tebu, Minuman Manis Menyegarkan yang Bermanfaat untuk Tubuh

HarianBernas.com - Minuman sari tebu rasanya memang begitu manis saat dicecap lidah apalagi disajikan dalam keadaan dingin. Tak hanya dapat menyegarkan tubuh, tetapi juga sebagai pelepas dahaga saat berbuka. Lalu apa saja keistimewaan dari ...

Otomotif 21 Jam lalu

Perihal Ini Penting Bagi Pemilik Mobil dengan Mesin Diesel

HarianBernas.com - Dukungan Pertamina, soal penyediaan bahan bakar solar yang diupayakan terus membaik. Hal ini berdampak pada pabrikan otomotif untuk mulai memproduksi beberapa model mobil bermesin diesel. Meskipun demikian, variannya teta ...

Kesehatan 21 Jam lalu

Walaupun Diet Ketat, Jangan Hindari Karbohidrat! Ini Alasannya

HarianBernas.com – Diet menjadi salah satu cara yang sering dilakukan untuk menurunkan berat badan. Banyak orang yang berpikir bahwa karbohidrat menjadi salah satu asupan yang harus dikurangi bahkan dihindari. Anggapan mengonsumsi kar ...

Otomotif 21 Jam lalu

Skuter Pintar Ini Bisa Terhubung Smartphone, Namanya Terdengar Unik

HarianBernas.com - Pasti tak terbayang jika di masa depan, kamu dapat mengemudikan skuter tanpa bahan bakar mesin seperti pertamax atau pertalite. Impian itu kini bukan isapan jempol. Kabar terbarunya, kamu akan bisa berkeliling kota dengan ...

Kesehatan 22 Jam lalu

Mengisi Teka-teki Silang Ternyata Berdampak Positif Bagi Otak

HarianBernas.com – Apakah Anda gemar mengisi Teka-teki Silang (TTS) di kala senggang? Jika ya, hobi tersebut sebaiknya Anda lanjutkan. Pasalnya, menurut hasil penelitian terbaru ternyata mengisi TTS membantu menjaga agar otak 10 tahun ...

Umum 22 Jam lalu

Bisakah Kamu Memecahkan Teka-teki Matematika Menghebohkan Ini?

HarianBernas.com – Soal uji kecerdasan saat ini banyak ditemukan di medial sosial, termasuk Facebook. Salah satu teka-teki yang dimaksud mengajak para pengguna agar melengkapi beberapa urutan angka dengan pola tertentu, seperti pada g ...

Internasional 23 Jam lalu

Mau Kiamat! Wanita Asal Amerika Serikat Ini Dituduh Memperkosa Anak Tirinya 500 Kali

HarianBernas.com – Seorang wanita bernama Joelle Barozzini di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) diadili atas adanya tuduhan memperkosa anak tirinya yang merupakan seorang remaja laki-laki. Lebih gilanya lagi, ia memperkosa sang anak ...

Internasional 23 Jam lalu

Mundur Jadi Tuan Rumah Sea Games 2019, Filipina Kemungkinan Diganti Thailand

HarianBernas.com – Thailand berpeluang besar menjadi tuan rumah Sea Games 2019. Beberapa waktu yang lalu Filipina mundur sebagai tuan rumah ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut karena alasan keamanan serta niatnya untuk d ...

Internasional 23 Jam lalu

Parlemen Rusia Larang Penggunaan VPN untuk Akses Internet

HarianBernas.com – Rusia memperketat kebijakan sensornya di dunia maya. ABC News mengabarkan kalau Duma atau parlemen rendah Rusia mengesahkan rancangan undang-undang melarang penggunaan VPN untuk mengakses internet. VPN atau lengk ...

Internasional 24 Jam lalu

Mengutuk Aksi Israel, Sekjen PBB Minta Adakan Penyelidikan Secepatnya

HarianBernas.com – Antonio Gutteres, Sekretaris Jenderal PBB mengatakan sangat menyesalkan pembunuhan tiga orang Palestina karena tidak terima adanya pembatasan Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa di Jerusalem. Lebih parahnya lagi, sala ...

Internasional 24 Jam lalu

Hiii, Bayi Kambing Ini Wajahnya Menyerupai Manusia

HarianBernas.com – Warga Provinsi San Luis tengah geger. Pasalnya bayi kambing yang baru lahir di Argentina tengah tersebut memiliki penampilan yang sungguh tidak biasa. Wajahnya berbentuk rata dan terlihat menyerupai wajah manusia. ...

Internasional 1 Hari lalu

Bandara Ini Punya Tempat Parkir Mobil Khusus Wanita

HarianBernas.com – Toilet khusus wanita sudah menjadi pemandangan yang sangat mudah ditemui di tempat-tempat umum. Gerbong kereta dan bus khusus wanita pun sekarang juga sudah tersedia. Namun pernahkah anda melihat tempat parkir yang ...

Nasional 1 Hari lalu

9 Kali Digelar, Jokowi Jadi Presiden Pertama yang Hadiri Kongres Pancasila di UGM

YOGYAKARTA, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo berkesempatan membuka Kongres Pancasila ke IX di Balairung, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sabtu (22/7/17). Kongres Pancasila ini diselenggarakan oleh UGM. Presiden Jok ...

Nasional 1 Hari lalu

Ini Prediksi Jokowi Terhadap Generasi Z yang Andalkan Smartphone

BANTUL, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan generasi Z akan mengubah peta politik dan ekonomi secara nasional dalam waktu 5 hingga 10 tahun ke depan. "Mereka (mahasiswa) inilah yang masuk generasi Z, yang aka ...

Umum 1 Hari lalu

Mau Bertunangan? Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Terlambat

HarianBernas.com – Bertunangan bukan perkara mudah. Jika pasangan kekasih ingin bertunangan artinya sudah siap memasuki hubungan yang makin serius. Namun, ada pula pasangan kekasih yang sudah bertunangan tapi kandas di tengah jalan. ...

Highlight 1 Hari lalu

Nggak Usah Bingung, Belajar Hacking Cukup di 5 Channel YouTube Ini

HarianBernas.com - Siapa bilang belajar hacking itu gampang dipelajari? Walaupun begitu, jangan bingung lagi karena kali ini telah hadir berbagai situs belajar hacking sampai channel YouTube yang dapat mempermudah Anda belajar. Bahkan, bebe ...

Games 1 Hari lalu

Busyet, 4 Game ini Ternyata Biaya Pembuatannya Mahal Banget!

HarianBernas.com - Untuk kamu yang termasuk sebagai pecinta game lawas, pasti mengenal berbagai game yang menjadi ikon di komputer dan juga konsol seperti halnya Play Station yang merupakan buatan dari Sony, Nintendo, serta Xbox yang dimili ...

Internasional 1 Hari lalu

Hawaii Bersiap Hadapi Ancaman Serangan Misil Korea Utara

HarianBernas.com – Awal bulan Juli lalu, Korut kembali melakukan uji coba peluncuran misil. Misil yang diluncurkan tersebut diketahui merupakan misil tipe ICBM yang memiliki jarak tempuh amat jauh. Langkah antisipasi pun diambil oleh ...

Olahraga 1 Hari lalu

Dampak Konflik Marawi, Filipina Batal Jadi Tuan Rumah SEA Games

HarianBernas.com – Konflik yang tengah membelit Marawi membawa dampak yang melebar ke mana-mana. Pemerintah Filipina seperti yang dikutip oleh Channel News Asia mengumumkan kalau negaranya batal menjadi tuan rumah SEA Games 2019. W ...

Inspirasi 1 Hari lalu

Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Gemar Membaca Buku

HarianBernas.com - Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat menambah wawasan kita tentang berbagai hal, mulai dari ilmu pengetahuan, sosial, budaya, Agama, politik, ekonomi, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Kegiatan mem ...

Selebritas 2 Hari lalu

Jangan Lupa! Persiapkan 4 Hal Ini Sebelum Nonton Konser K-Pop

Harianbernas.com - Wabah 'Korean Wave' sepertinya terus menyebar di seluruh dunia. Tidak ketinggalan juga Indonesia. Di Indonesia banyak sekali fans fanatik K-Pop, bahkan mereka rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk non ...

Internasional 2 Hari lalu

Gara-Gara “Sihir”, Komisi Pemilu Papua Nugini Hitung Ulang Surat Suara

HarianBernas.com – Klenik bukan hanya dikenal di Indonesia. Negara tetangga Papua Nugini juga masih mengenal praktik serupa. Bahkan gara-gara masih kentalnya kepercayaan mengenai hal-hal gaib di negara tersebut, proses perhitungan sua ...

Bola 2 Hari lalu

Mulai Tahun 2019, Piala Afrika Bakal Mengalami Perubahan Jadwal dan Peserta

HarianBernas.com – Piala Afrika kerap dianggap sebagai turnamen yang memusingkan bagi klub-klub top Eropa. Pasalnya turnamen dua tahunan ini dilangsungkan pada awal tahun. Padahal liga-liga Eropa dalam periode yang sama sudah memasuki ...

Internasional 2 Hari lalu

Terungkap, Alasan Sapi Tahan Terhadap Serangan AIDS

HarianBernas.com – Sapi adalah hewan ternak yang memiliki begitu banyak manfaat bagi manusia. Hampir seluruh bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan untuk konsumsi manusia. Sapi yang masih berada dalam kondisi hidup juga bisa digunakan untu ...

Internasional 2 Hari lalu

Cegah Pelecehan Seksual, Penyembur Api Mini Dijual di Tiongkok

HarianBernas.com – Pelecehan di tempat umum merupakan masalah yang lazim menimpa kaum hawa. Beragam peralatan semisal semprotan merica pun lantas dijual ke publik supaya wanita bisa membela diri dari pemerkosa dan pelaku pelecehan sek ...