Industri di Balik Karnaval

Editorial Harian Bernas - Thia Destiani
17 Juli 2017

Ilustrasi. (Sumber foto: Tim Grafis Bernas)

SOLO, HarianBernas.com – Ratusan ribu warga memadati sepanjang jalan di pusat kota Solo, mulai dari Stadion Sriwedari hingga Benteng Vastenburg, Sabtu (15/7). Mereka sangat antusias menunggu peserta Solo Batik Carnival (SBC) berparade di sepanjang jalan. Meski acara baru dimulai pada pukul 14.00, namun warga rela berjajar di pinggir jalan sejak beberapa jam sebelumnya.

Solo Batik Carnival 2017 ini merupakan perhelatan yang ke-10 kalinya. Sekitar 500 peserta peraga terlibat dalam acara yang sangat meriah ini. Mereka memperagakan kreasi busana berbahan batik dan berparade di sepanjang rute yang telah ditentukan. Belum terhitung jumlah relawan yang terlbat dalam acara tahunan ini. Mereka dipersiapan sejak tiga bulan lalu.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dalam sambutannya meminta Keenteran Pariwisata agar lebih memebrikan perhatian untuk SBC berikutnya. Tidak hanya masuk dalam kalender event nasional, melainkan juga ada bantan dalam hal pendanaan.

Pembukaan SBC 2017 molor dari waktu yang ditentukan dan terkesan bertele-tele. Yang menjadi “korban” tentu saja peserta karnaval yang sudah bersiap sejak pagi hari. Sementara pembukaan SBC 2017 baru dimulai pada pukul 15.00 WIB. Belum lagi “parade” pidato pembukaan yang memakan waktu sekitar satu jam. Padahal, sambutan dan pembukaan pada acara karnaval di belahan dunia lain hanya butuh waktu tak lebih dari 15 menit.

Tak hanya pedagang makanan, pedagang minuman dan pedagang lesehan yang “panen besar” dalam perhelatan tahun ini. Kalangan pelaku dunia pariwisata juga mendapat keuntungan besar. Tingkat hunian hotel dan homestay di Solo semuanya full.

Solo Batik Carnival juga memberi dampak positif bagi perkembangan dunia industri kreatif, khususnya pernak-pernik pembuatan kostum karnaval. Industri kecantikan seperti make up, khususnya make up karakter, dan hair stylist juga kecipratan rejeki dari SBC ini.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Solo, Basuki Anggoro Hexa, terjadi peningkatan pengunjung yang datang untuk menyaksikan SBC ini secara signifikan. Keterlibatan para pelaku langsung dalam perhelatan SBC ini juga makin besar. Untuk SBC 2017 ini, pelaku langsung yang terlibat sekitar 600 orang, terdiri atas 400 peserta dan sekitar 200 volunteer alias relawan.

Basuki menambahkan, SBC juga berdampak pada pertumbuhan industri kecil, khususnya industri pembuatan kostum karnaval, terutama pernak-pernik karnaval dan tentu saja pertumbuhan industri batik. Karena menyangkut persoalan desain, maka berkembang pula industri kreatif.

Budi berharap industri kreatif dapat tumbuh dan berkembang di kota Solo sehingga pada akhirnya akan meningkatakan kunjungan wisatawan dan pendapatan kota Solo.

Kota Karnaval Dunia

Karnaval yang berbasis pada dunia fashion, tampaknya sedang menjadi mode di Indonesia. Sejumlah kota mulai menggelar “karnaval jalanan” karena sudah terbukti ampuh untuk mendongkrak industri pariwisata dan kreatif. Solo menjadi salah satu kota yang konsisten menggelar acara karnaval batik secara rutin. Sebelum Solo, ada juga kota Jember yang leih dulu meraih sukses elalui Jember Fashion Carnival (JFC) dan bahkan telah masuk menjadi event karnaval dunia.

JFC merupakan bagian dari pelestarian seni budaya yang telah dimodifikasi secara modern, unik, dan kontemporer melalui sebuah event tahunanyang sangat terkenal dan menjadi trend center atau contoh bagi daerah lain. Keberhasilan Jmber itu kemudian diikuti kote dan kabupaten lain untuk menggelar acara serupa seperti Best Situbondo Carnival (BSC) dan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC).

JFC temasuk karnaval busana pertama di Indonesia. Event yang unnik dan kreatif ini berawal dari ide Dynand Fariz yang juga sekaligus sebagai pendiri JFC Center. Ide ini berawal dari kemeriahan acara arak-arakan budaya HUT kota Jember yang saat itu diikuti grup kesenian Reog Ponorogo yang memadati jalan-jalan protokol dan menjadi tontonan menarik bagi masyarakat.

Mulai dari itulah tercipta ide untuk membuat sebuah parade dengan jalan kaki menggunakan kostum Reog Ponorogo yang memadati jalan-jalan protokol dan menjadi tontonan menarik bagi masyarakat. Parade jalanan itu memperagakan kostum yang menarik, dengan warna cerah, berumbai seperti kostum kesenian reog dan dikemas secara meriah, unik, modern, dan kontemporer yang menonjolkan khas budaya asli kabupaten Jember.

Sejarah awal terwujudnya event JFC ini dimulai dari berdirinya rumah mode milik Dynand Fariz pada tahun 1998. Ia adalah seorang praktisi ahli dalam bidang fashion yang kenyang akan teori dan pengalaman di lapangan. Tahun 2001 dimulailah acara pekan mode Dynand Fariz dimana selama sepekan semua karyawan memakai pakaian yang saat itu lagi menjadi trend fashon dunia. Tahun berikutnya, pekan mode tersebut mulai diperkenalkan dengan berparade berkeliling kampung dan alun-alun. Sejak saat itulah timbul niat Dynand Fariz untuk membuat JFC.

Pada tanggal 1 Januari 2003 adalah awal diselenggarakan JFC dan menjadi acara JFC yang pertama. Peserta JFC berparade sepanjang 3,6 kilometer. Karnaval ini disebut-sebut sebagai pertunjukan seni dengan runway terpanjang di Indonesia.

Jika ingin menyaksikan puncak JFC yang diselenggarakan pada tanggal 9 Agustus nanti, maka wisatawandari luar Jember disarankan mempersiapkan dari sekarang. Seperti memesan hotel misalnya. Sebaiknya datang beberapa hari sebelumnya. Karena jik apada hari H, maka akan terlambat karena semua jalanan sudah ditutup dari pagi sehingga kemacetan dimana-mana.

Pemkot Jember sudah mampu memanfaatkan event karnaval ini secara maksimal. Turis mancanegara dan fotografer kelas dunia pun akan singgah hanya untuk mendapatkan gambar terbaik pada saat JFC dilangsungkan.

Industri karnaval yang paling berhasil di dunia tentu saja adalah Karnaval Rio de Janeiro dengan festivalnya yang telah berusia lebih dari 100 tahun. Karnaval di Rio de Janeiro merupakan acuan pelaksanaan karnaval jalanan di seluruh dunia temasuk Indonesia.

Karnaval Rio de Janerio yang diselenggarakan setiap tahun ini memang menjadi tujuan wisata. Karnaval di Brasil ini kebanyakan berasal dari ritual perayaan musim semi zaman Rom dan Yunani Kuno. Ritual yang dimaksud adalah ritual pengucapan syukur. Orang-orang merayakannya dengan memakai topeng/masker dan beragam kostum. Sesudahnya, mereka akan turun ke jalanan sambil memainkan musik dan menari-nari. Konsep karnaval Rio de Janeiro dibawa oleh bangsa Portugis dan masih bertahan hingga saat ini.

Ada satu hal yang menarik. Dulu, saat karnaval berlangsung para kelompok bangsawan justru berpakaian seperti masyarakat jelata dan sebaliknya. Selain itu, laki-laki juga bertukar pakaian dengan perempuan. Ya, hal ini bertujuan agar tak ada perbedaan antara masyarakat jelata dan bangsawan selama karnaval berlangsung.

Karnaval Rio de Janeiro makin diminati dan disukai banyak orang. Akhir abad ke-18, festival di jalanan ini diperkaya dengan kompetisi. Perlombaan ini menjadi atraksi utama karnaval Rio de Janeiro. Masyarakat tak lagi sekadar berkostum tapi juga mengadakan parade yang dilengkapi beragam musik orkestra dan instrumen. Suasana pun makin bersemangat dan membuat penontonnya tak ingin berhenti berlompat-lompat. Suara musik menggelegar sepanjang hari.

Samba Parade menjadi bagian utama dalam karnaval di Rio de Janeiro. Para peserta berjalan dari jalanan pusat kota sampai ke Sambodromo. The Sambadrome (Sambodromo) adalah stadion samba yang dirancang oleh Oscar Niemeyer dan dibangun pada tahun 1984. Pembangunannya dikhususkan untuk karnaval di Rio de Janeiro.  Sambrodomo terletak di daerah yang dipercaya sebagai kelahiran tarian samba, yaitu Marques de Sapucai. Stadion Samba membentang sepanjang 700 meter dari Avenida Presidente Vargas, dekat Praça Quinze, dan berakhir di Rua Frei Caneca.

Dalam karnaval ada aturan yang harus dipatuhi. Sekolah samba diwajibkan mengikuti parade ini, karena dua hari pertama khusus biasanya diisi dengan kompetisi samba. Ada 12 khusus samba. Setiap sekolah pun menampilan sekitar 4.000 anggota termasuk 200-400 penabuh drum. Tak hanya sekedar musik, masing-masing sekolah samba harus mempersiapkan sebuah alegori yang dapat menarasikan aspek kehidupan, budaya, sejarah, dan politik Brasil. Sekolah-sekolah samba biasanya mengajukan tema mereka kepada panel juri dan berupaya sedapat mungkin merahasiakannya dari sekolah yang menjadi saingan mereka sampai karnaval berlangsung.

Kelompok-kelompok peserta karnaval di Rio de Janeiro akan menampilkan kostum unik dan eksotis. Penampilan mereka mengundang decak kagum para penonton di sepanjang jalan. Semua generasi dari anak-anak hingga lansia ikut berpesta dan memberikan dukungan kepada kelompok favorit mereka. Jutaan orang datang untuk menikmati dan ikut berpesta di Rio de Janeiro. Karnaval di Rio de Janeiro telah menjadi milik warga lokal dan dunia.

Jika ingin menyaksikan Karnaval Rio, maka kita harus merencanakan jauh hari. Bisa setahun sebelumnya. kita tidak bisa menyaksikan dengan datang dan membeli tiket sendiri. Akan sangat sulit sekali. Harus melalui biro travel yang sudah disahkan oleh pemerintah. Mereka, para biro travel ini, sudah memiliki agenda selama karnaval berlangsung hingga puncaknya. Termasuk masalah penginapan, transportasi setempat, dan makan/minum selama acara berlangsung. Silakan pilih, kelas tribun, atau VIP/VVIP.

Untuk mengakomodasi ribuan peserta karnaval, maka usaha pembuatan pernak-pernik karnaval juga sudah sangat berkembang dan mendapatkan sertifikasi dari pemerintah setempat. Demikian juga industri musik yang mengurus tema lagu bagi setiap devile yang sudah ditentukan setahun sebelumnya. Lagu ini kemudian dipopulerkan menjelang natal dan tahun baru. Sehingga, pada acara punacaknya di bulan Februari, masyaraat sudah terkondisikan.

Bagi penonton yang ingin memakai kosntum setiap devile juga sudah disediakan ooleh panitia, apakah disewa atau dibeli sebagai kenang-kenangan.

Industri yang Terlibat

Banyak faktor yang ternyata belum mampu menyamai kualitas karnaval Rio de Janeiro. Penyelenggaran karnaval dalam negeri belum mampu mengoptimalkan seluruh potensi bangsa ini. Karnaval tidak semata-mata tentang berlenggak-lenggok di jalanan dengan kostum megah dan unik, tapi bagaimana menyatukan berbagai sektor ekonomi, sosial, seni, dan budaya dalam satu kegiatan.

Pariwisata adalah industri pertama yang paling vital dalam pelaksanaan festival karnaval. Mulai dari hotel, transportasi, restoran, hingga atraksi wisata menjadi kebutuhan utama para wisatawan yang menyaksikan karnaval. Berbagai sektor pariwisata yang terinntegrasi akan memudahkan wisatawan mengeksplorasi tempat penyelenggaraan karnaval dengan lebih mudah dan leluasa.

Industri rumahan atau UMKM pun tak mau ketinggalan. Karnaval bukanlah monopoli pelaku bisnis atau usaha besar, justru melalui karnaval masyarakat berkesempatan menggerakkan roda perekonomiannya. Masyarakat dapat berperan memasok bahan baku hingga pembuatan kostum. Tak hanya itu, UMKM didorong lebih kreatif dan kompetitif dengan menghasilkan produk berkualitas.

Kemegahan dan kemewahan kostum karnaval tak akan berarti tanpa tata rias yang memukau. Make up adalah salah satu kunci suksesnya penampian para peraga kostum karnaval. Bisa dibayangkan berapa banyak make up artist dan peralatan rias yang dibutuhkan dalam sekali perhelatan karnaval yang melibatkan ratusan hingga ribuan orang. Tak heran industri ini salah satu yang menjanjikan.

Industri fotografi juga tak kalah pentingnya. Gemerlap karnaval perlu diabadikan dan disebarluaskan ke berbagai platform media. Melalui jepretan para fotografer inilah, kemegahan dan keunikan karnaval menjadi viral di seluruh dunia. Seringkali hasil foto para fotografer ini mampu memikat jutaan pasang mata melalui karya yang “mahal.”

Kesan manis karnaval tak hanya berhenti di festival jalanan saja. Wisatawan membutuhkan buah tangan yang dapat dibawa pulang dan menjadi pengingat ketika karnaval telah usai. Oleh karena itu Merchandise pasti menjadi barang yang diburu wisatawan. Industri ini haruslah digarap dengan serius karena dengan produk merchandise yang berkualitas wisatawan akan membawa kesan yang mendalam dan “dapur” industri kreatif akan makin hidup.

Sungguh sangat luar biasa apabila penyelenggara karnaval dalam negeri mampu menggerakkan seluruh industri tersebut. Lagi-lagi, ini tidak hanya tentang bagaimana cara menampilkan kostum terbaik dan disukai penonton, tapi juga tentang meningkatkan perekonomian rakyat dan harkat bangsa.

Bukan tidak mungkin karnaval Indonesia mampu bersaing dengan perhelatan karnaval di Rio de Janeiro yang termasyur. Entah akan ada berapa puluh bahkan ratusan juta pasang mata penduduk dunia yang akan tersita perhatiannya dengan karnaval Indonesia jika penyelenggaraanya dikerjakan dengan lebih profesional.

Semoga karnaval dalam negeri bukan sekedar produk latah yang hanya mengikuti trend karnaval dunia tanpa kualitas yang memadai.(thi/mta/nil)



Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Nasional 2 Menit lalu

Ini Pesan Presiden Jokowi untuk Anak Indonesia

RIAU, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Anak Nasional yang dipusatkan di Halaman Kediaman Gubernur Riau, Gedung Daerah Pauh Janggi Gubernuran Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Minggu (23/7/17). Pada ke ...

Internasional 17 Menit lalu

Presiden Filipina Bersumpah Tidak Akan Pernah Berkunjung ke AS

HarianBernas.com – Rodrigo Duterte masih enggan menghentikan perang mulutnya dengan pemerintah AS. Kali ini presiden Filipina tersebut bersumpah kalau dirinya tidak akan berkunjung ke AS. Ia juga menyebut AS sebagai negara yang buruk ...

Internasional 32 Menit lalu

Pemerintah India Larang Perusahaan Rokok Beriklan di Ibukota

HarianBernas.com – Rokok merupakan produk yang senantiasa menuai polemik di negara manapun. Dampak negatif yang ditimbulkan rokok dalam jangka panjang menyebabkan puntung hisap ini dianggap sebagai ancaman bagi kesehatan rakyat banyak ...

Internasional 47 Menit lalu

Polandia Sahkan RUU Kontroversial Mengenai Hakim Mahkamah Agung

HarianBernas.com – Polandia tengah diliputi kegaduhan. Sejak tengah pekan ini, belasan ribu orang di kota-kota besar Polandia turun ke jalan untuk mengikuti aksi demonstrasi. Tujuan mereka menggelar aksi ini adalah untuk menentang per ...

Internasional 1 Jam lalu

Media Sosial Jadi “Medan Perang” Baru Pemerintah Banyak Negara

HarianBernas.com – Perang di masa kini bukan hanya terjadi di dunia nyata. Situs-situs media sosial seperti Facebook dan Twitter sekarang juga sudah berubah layaknya medan perang. Menurut hasil penelitian terbaru yang dirilis oleh Uni ...

Gadget 2 Jam lalu

Tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia, Asus Rilis 6 Varian ZenFone 4

HarianBernas.com – Asus merupakan vendor smartphone asal Taiwan yang mempunyai pangsa pasar yang besar di dunia. Kehadiran produknya selalu ditunggu-tunggu oleh pecinta gadget, salah satunya adalah peluncuran keluarga ZenFone 4 series ...

Internasional 3 Jam lalu

Smart ID Card, Proyek Sukses E-KTP di Hongkong

HarianBernas.com – Di Indonesia, proyek E-KTP memang menjadi salah satu hal yang cukup menggiurkan. Mengingat anggaran yang diperlukan tidaklah sedikit. Hampir semua masyarakat harus mengantri selama berjam-jam untuk difoto dan dicata ...

Bisnis 4 Jam lalu

Tak Dapat Dibendung, Jumlah Perusahaan Transportasi Online Terus Bertambah

HarianBernas.com – Sekarang ini, ternyata bisnis transportasi online menjadi salah satu jenis bisnis yang cukup menjanjikan. Ada berbagai macam perusahaan transportasi online yang bersaing satu sama lain. Kali ini, PT Angelita Tran ...

Nasional 4 Jam lalu

Indonesia Menduduki Peringkat Paling Atas dalam Survei Internasional Ini

HarianBernas.com – Negara Indonesia berhasil menduduki peringkat paling atas dalam hal tingkat kepercayaan rakyat kepada pemerintahnya. Bersamaan dengan Indonesia, Negara Swiss juga ikut menduduki peringkat paling atas. Hal ini dinila ...

Kesehatan 4 Jam lalu

Anak yang Gemuk, Belum Tentu Anak yang Sehat

HarianBernas.com – Banyak orang tua yang senang jika anaknya memiliki tubuh yang gemuk. Mereka menganggap bahwa anak yang gemuk adalah anak yang sehat. Padahal, tidak selalu anak yang gemuk adalah anak yang sehat. Ada kemungkinan a ...

Otomotif 5 Jam lalu

Wajib Dicoba, Tips Ini Bikin Bodi Motor Tetap Bening dengan Modal 10 Ribu

HarianBernas.com - Bagi kamu yang sering berkendara menggunakan sepeda motor apalagi sering jarak jauh, pasti membuat kondisi sepeda motormu terlihat kusam, terutama pada bagian cover bodi. Seringkali juga terdapat lecet-lecet halus ya ...

Umum 9 Jam lalu

Hai Para Pendaki, Ini Aturan Dilarang Petik Edelweis di Gunung

HarianBernas.com – Lagi-lagi ulah pendaki gunung membuat gemas para netizen utamanya di media sosial Instagram. Ada pendaki begitu bangga memamerkan foto selfie sembari memegang bunga edelweis di puncak gunung. Tanaman edelweiss (Anap ...

Internasional 11 Jam lalu

Presiden Turki Bakal Kunjungi Tiga Negara Arab untuk Akhiri Krisis Qatar

HarianBernas.com – Krisis diplomatik yang menimpa kawasan Teluk turut menyita perhatian Recep Tayyip Erdogan. Al Jazeera memberitakan kalau presiden Turki tersebut bakal melakukan kunjungan selama dua hari ke Arab Saudi, Kuwait, dan Q ...

Gadget 12 Jam lalu

Daripada Bingung, Ini Nih Cara Membedakan Xiaomi Mi dan Redmi

HarianBernas.com – Bisa jadi kamu pernah dengar tentang adanya kabar peluncuran smartphone dengan layar besar dari Xiaomi dengan nama Mi Note Pro. Nah, ternyata hal ini membuat banyak penggemar Xiaomi di Indonesia bingung. Mereka tern ...

Nasional 13 Jam lalu

Jokowi: Semangat Kebangsaan Indonesia Diyakini Jadi Rujukan Negara Lain

SEMARANG, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo meyakini semangat kebangsaan Indonesia terus terpelihara di masa mendatang. Hal ini terlihat dari acara halalbihalal kebangsaan yang digelar oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU ...

Nasional 13 Jam lalu

Rini dan Menteri dari PAN Masuk Radar Perombakan Kabinet

JAKARTA, HarianBernas.com - Pemerintahan Jokowi-JK, 2 tahun lagi akan memasuki masa pertama periodenya. Dengan sisa 2 tahun sisa pemerintahannya, Presiden Jokowi harus memastikan semua agenda dan program yang sudah terdistribusi ke anak bua ...

Nasional 13 Jam lalu

Senangnya Jokowi Lihat Anak Bersemangat dan Berani

PEKANBARU, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 di Pekanbaru, Riau, Minggu (23/7/17). Kehadiran Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut langsung oleh anak-anak yang me ...

Nasional 15 Jam lalu

Jokowi Tinjau Proyek Tol Pekanbaru-Dumai, Begini Perkembangannya

RIAU, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo meninjau proyek jalan tol Pekanbaru-Dumai, Minggu (23/7/17). Ia pun menjajal sendiri jalan tol yang belum diaspal tersebut. Tiba dilokasi, Presiden langsung mengecek kondisi proyek yang ...

Nasional 15 Jam lalu

Jokowi: Bukan Bully, Anak Seharusnya Lalukan Ini di Sekolah

RIAU, HarianBernas.com – Aksi bully di sekolah belakangan ramai diperbincangkan dan kembali terjadi di sekolah maupun universitas. Presiden Joko Widodo menyebutkan aksi “bully” di kalangan anak di bawah umur marak terjadi ...

Nasional 15 Jam lalu

Kemenag: Makanan Haji Berselera Nusantara, Fasilitas Aman di Arab Saudi

JAKARTA, HarianBernas.com – Kementerian Agama mengklaim persiapan Haji 2017 di Arab Saudi sudah 100 persen. Transportasi, pemondokan, maupun katering untuk jamaah haji Indonesia di Tanah Suci sudah siap. Pihak Kemenag pun menjamin fas ...

Otomotif 16 Jam lalu

Berniat Ganti Lampu Kendaraan, Jangan Sembarang Menggantinya. Perhatikan Faktor Ini

HarianBernas.com - Peredaran lampu aftermarket model High Intensity Discharge (HID) atau Light Emitting Diode (LED) ternyata selama ini kurang pengawasan. Ternyata masih ada saja toko-toko yang mendagangkan lampu tersebut dalam intensitas c ...

Properti 16 Jam lalu

11 Desain Interior dari Berbagai Karakter ini Bakal Bikin Suasana Rumahmu seperti Surga

HarianBernas.com - Bosan dengan ruangan yang bergaya itu-itu saja, kini saatnya mendekorasi ulang ruanganmu. Cobalah untuk mendekorasi ruanganmu sesuai dengan kepribadianmu karena dekorasi ruangan begitu individual dan unik. Namun, sebel ...

Lifestyle 17 Jam lalu

Sering Begadang, 7 Tips Ini Bikin Kulit Wajahmu Tetap Terlihat Segar dan Cerah!

HarianBernas.com - Wajar bukan kalau kita sebagai pelajar, mahasiswa atau pekerja, harus begadang demi menyelesaikan tugas yang menumpuk? Mengejar deadline sampai larut malam. Kemudian, bangun pagi untuk memulai aktivitas kembali. Mele ...

Wisata 17 Jam lalu

Luar Biasa! Indahnya Panorama Restoran Bawah Laut Ini Akan Bikin Anda Kagum

Harianbernas.com - Buat para traveler dan pecinta kuliner, rasanya tentu sudah biasa kalau hanya merasakan makanan khas di suatu daerah atau hanya sekedar mampir di restoran unik di pusat perkotaan. Bahkan, saat ini menikmati makan malam ro ...

Kesehatan 19 Jam lalu

Faktanya, Timun Suri Mengandung Kolagen Alami!

HarianBernas.com - Buah Timun Suri, sebaiknya dikonsumsi setiap hari ini. Selain dikenal sebagai pelepas dahaga, timun suri juga dikenal sebagai pemulih energi setelah melakukan kegiatan yang berat. Padahal kenyataannya, timun suri mempunya ...

Gadget 20 Jam lalu

Kalah Saing di Pasaran, Merek Smartphone Ini Banting Harga, Tertarik?

HarianBernas.com - Perkembangan teknologi yang begitu cepat, tentu ingin diikuti oleh semua orang. Salah satu aplikasi teknologi canggih dalam kehidupan sehari-hari kita adalah pemanfaatan smartphone. Ada berbagai macam merek smartphon ...

Kesehatan 20 Jam lalu

Sari Tebu, Minuman Manis Menyegarkan yang Bermanfaat untuk Tubuh

HarianBernas.com - Minuman sari tebu rasanya memang begitu manis saat dicecap lidah apalagi disajikan dalam keadaan dingin. Tak hanya dapat menyegarkan tubuh, tetapi juga sebagai pelepas dahaga saat berbuka. Lalu apa saja keistimewaan dari ...

Otomotif 21 Jam lalu

Perihal Ini Penting Bagi Pemilik Mobil dengan Mesin Diesel

HarianBernas.com - Dukungan Pertamina, soal penyediaan bahan bakar solar yang diupayakan terus membaik. Hal ini berdampak pada pabrikan otomotif untuk mulai memproduksi beberapa model mobil bermesin diesel. Meskipun demikian, variannya teta ...

Kesehatan 21 Jam lalu

Walaupun Diet Ketat, Jangan Hindari Karbohidrat! Ini Alasannya

HarianBernas.com – Diet menjadi salah satu cara yang sering dilakukan untuk menurunkan berat badan. Banyak orang yang berpikir bahwa karbohidrat menjadi salah satu asupan yang harus dikurangi bahkan dihindari. Anggapan mengonsumsi kar ...

Otomotif 22 Jam lalu

Skuter Pintar Ini Bisa Terhubung Smartphone, Namanya Terdengar Unik

HarianBernas.com - Pasti tak terbayang jika di masa depan, kamu dapat mengemudikan skuter tanpa bahan bakar mesin seperti pertamax atau pertalite. Impian itu kini bukan isapan jempol. Kabar terbarunya, kamu akan bisa berkeliling kota dengan ...

Kesehatan 22 Jam lalu

Mengisi Teka-teki Silang Ternyata Berdampak Positif Bagi Otak

HarianBernas.com – Apakah Anda gemar mengisi Teka-teki Silang (TTS) di kala senggang? Jika ya, hobi tersebut sebaiknya Anda lanjutkan. Pasalnya, menurut hasil penelitian terbaru ternyata mengisi TTS membantu menjaga agar otak 10 tahun ...

Umum 22 Jam lalu

Bisakah Kamu Memecahkan Teka-teki Matematika Menghebohkan Ini?

HarianBernas.com – Soal uji kecerdasan saat ini banyak ditemukan di medial sosial, termasuk Facebook. Salah satu teka-teki yang dimaksud mengajak para pengguna agar melengkapi beberapa urutan angka dengan pola tertentu, seperti pada g ...

Internasional 23 Jam lalu

Mau Kiamat! Wanita Asal Amerika Serikat Ini Dituduh Memperkosa Anak Tirinya 500 Kali

HarianBernas.com – Seorang wanita bernama Joelle Barozzini di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) diadili atas adanya tuduhan memperkosa anak tirinya yang merupakan seorang remaja laki-laki. Lebih gilanya lagi, ia memperkosa sang anak ...

Internasional 24 Jam lalu

Mundur Jadi Tuan Rumah Sea Games 2019, Filipina Kemungkinan Diganti Thailand

HarianBernas.com – Thailand berpeluang besar menjadi tuan rumah Sea Games 2019. Beberapa waktu yang lalu Filipina mundur sebagai tuan rumah ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut karena alasan keamanan serta niatnya untuk d ...

Internasional 24 Jam lalu

Parlemen Rusia Larang Penggunaan VPN untuk Akses Internet

HarianBernas.com – Rusia memperketat kebijakan sensornya di dunia maya. ABC News mengabarkan kalau Duma atau parlemen rendah Rusia mengesahkan rancangan undang-undang melarang penggunaan VPN untuk mengakses internet. VPN atau lengk ...

Internasional 24 Jam lalu

Mengutuk Aksi Israel, Sekjen PBB Minta Adakan Penyelidikan Secepatnya

HarianBernas.com – Antonio Gutteres, Sekretaris Jenderal PBB mengatakan sangat menyesalkan pembunuhan tiga orang Palestina karena tidak terima adanya pembatasan Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa di Jerusalem. Lebih parahnya lagi, sala ...

Internasional 1 Hari lalu

Hiii, Bayi Kambing Ini Wajahnya Menyerupai Manusia

HarianBernas.com – Warga Provinsi San Luis tengah geger. Pasalnya bayi kambing yang baru lahir di Argentina tengah tersebut memiliki penampilan yang sungguh tidak biasa. Wajahnya berbentuk rata dan terlihat menyerupai wajah manusia. ...

Internasional 1 Hari lalu

Bandara Ini Punya Tempat Parkir Mobil Khusus Wanita

HarianBernas.com – Toilet khusus wanita sudah menjadi pemandangan yang sangat mudah ditemui di tempat-tempat umum. Gerbong kereta dan bus khusus wanita pun sekarang juga sudah tersedia. Namun pernahkah anda melihat tempat parkir yang ...

Nasional 1 Hari lalu

9 Kali Digelar, Jokowi Jadi Presiden Pertama yang Hadiri Kongres Pancasila di UGM

YOGYAKARTA, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo berkesempatan membuka Kongres Pancasila ke IX di Balairung, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sabtu (22/7/17). Kongres Pancasila ini diselenggarakan oleh UGM. Presiden Jok ...

Nasional 1 Hari lalu

Ini Prediksi Jokowi Terhadap Generasi Z yang Andalkan Smartphone

BANTUL, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan generasi Z akan mengubah peta politik dan ekonomi secara nasional dalam waktu 5 hingga 10 tahun ke depan. "Mereka (mahasiswa) inilah yang masuk generasi Z, yang aka ...

Umum 1 Hari lalu

Mau Bertunangan? Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Terlambat

HarianBernas.com – Bertunangan bukan perkara mudah. Jika pasangan kekasih ingin bertunangan artinya sudah siap memasuki hubungan yang makin serius. Namun, ada pula pasangan kekasih yang sudah bertunangan tapi kandas di tengah jalan. ...

Highlight 1 Hari lalu

Nggak Usah Bingung, Belajar Hacking Cukup di 5 Channel YouTube Ini

HarianBernas.com - Siapa bilang belajar hacking itu gampang dipelajari? Walaupun begitu, jangan bingung lagi karena kali ini telah hadir berbagai situs belajar hacking sampai channel YouTube yang dapat mempermudah Anda belajar. Bahkan, bebe ...

Games 1 Hari lalu

Busyet, 4 Game ini Ternyata Biaya Pembuatannya Mahal Banget!

HarianBernas.com - Untuk kamu yang termasuk sebagai pecinta game lawas, pasti mengenal berbagai game yang menjadi ikon di komputer dan juga konsol seperti halnya Play Station yang merupakan buatan dari Sony, Nintendo, serta Xbox yang dimili ...

Internasional 1 Hari lalu

Hawaii Bersiap Hadapi Ancaman Serangan Misil Korea Utara

HarianBernas.com – Awal bulan Juli lalu, Korut kembali melakukan uji coba peluncuran misil. Misil yang diluncurkan tersebut diketahui merupakan misil tipe ICBM yang memiliki jarak tempuh amat jauh. Langkah antisipasi pun diambil oleh ...

Olahraga 1 Hari lalu

Dampak Konflik Marawi, Filipina Batal Jadi Tuan Rumah SEA Games

HarianBernas.com – Konflik yang tengah membelit Marawi membawa dampak yang melebar ke mana-mana. Pemerintah Filipina seperti yang dikutip oleh Channel News Asia mengumumkan kalau negaranya batal menjadi tuan rumah SEA Games 2019. W ...

Inspirasi 2 Hari lalu

Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Gemar Membaca Buku

HarianBernas.com - Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat menambah wawasan kita tentang berbagai hal, mulai dari ilmu pengetahuan, sosial, budaya, Agama, politik, ekonomi, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Kegiatan mem ...

Selebritas 2 Hari lalu

Jangan Lupa! Persiapkan 4 Hal Ini Sebelum Nonton Konser K-Pop

Harianbernas.com - Wabah 'Korean Wave' sepertinya terus menyebar di seluruh dunia. Tidak ketinggalan juga Indonesia. Di Indonesia banyak sekali fans fanatik K-Pop, bahkan mereka rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk non ...

Internasional 2 Hari lalu

Gara-Gara “Sihir”, Komisi Pemilu Papua Nugini Hitung Ulang Surat Suara

HarianBernas.com – Klenik bukan hanya dikenal di Indonesia. Negara tetangga Papua Nugini juga masih mengenal praktik serupa. Bahkan gara-gara masih kentalnya kepercayaan mengenai hal-hal gaib di negara tersebut, proses perhitungan sua ...

Bola 2 Hari lalu

Mulai Tahun 2019, Piala Afrika Bakal Mengalami Perubahan Jadwal dan Peserta

HarianBernas.com – Piala Afrika kerap dianggap sebagai turnamen yang memusingkan bagi klub-klub top Eropa. Pasalnya turnamen dua tahunan ini dilangsungkan pada awal tahun. Padahal liga-liga Eropa dalam periode yang sama sudah memasuki ...

Internasional 2 Hari lalu

Terungkap, Alasan Sapi Tahan Terhadap Serangan AIDS

HarianBernas.com – Sapi adalah hewan ternak yang memiliki begitu banyak manfaat bagi manusia. Hampir seluruh bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan untuk konsumsi manusia. Sapi yang masih berada dalam kondisi hidup juga bisa digunakan untu ...