Tahapan Sukses untuk Capai Target Korporasi

Margetty Herwin - Thia Destiani
10 Juni 2016

Ilusrasi (Sumber foto: www.huffingtonpost.com)

HarianBernas.com - Salam sukses untuk para Leaders dan Top Executive yang saat ini sedang membuat strategi jitu untuk mem-booster korporasinya agar jauh lebih sukses!

  • Bagaimana Anda mensosialisasikan Improvement Culture dalam sebuah perusahaan korporasi?
  • Apa yang harus Anda lakukan agar target korporasi dapat diimplementasi dengan mudah sampai ke level staf pelaksana?
  • Bagaimana fungsi departemen HRD/SDM Anda berperan dalam melakukan pengembangan kemampuan karyawan agar dapat mencapai target unit bisnis maupun korporasi?
  • Apakah "Vision, Mission, & Company Value" yang dimiliki hanya sebagai slogan dan pelengkap korporasi tempat Anda bekerja, tanpa dapat menjadi alat perekat seluruh Leaders di korporasi agar dapat bekerja secara terintegrasi?
  • Siapakah yang saat ini memiliki fungsi khusus untuk memantau semua proses pengembangan pencapaian target dan pengembangan korporasi selain Unit HRD/SDM Anda yang saat ini terlihat sibuk dengan pekerjaan administrasi mereka?

Banyak sekali pertanyaan lain yang sejenis dengan pertanyaan di atas, yang sering Anda temui dalam sebuah perusahaan korporasi yang sangat peduli terhadap pertumbuhan seluruh bagian dalam perusahaannya.

Jika ada sebuah Metodologi yang mudah dan dapat diterapkan, dengan melibatkan seluruh unsur di perusahaan agar sukses yang dicapai adalah peran semua personal di dalam perusahaan. Apakah Anda tertarik untuk melakukannya?

Pertanyaan tersebut akan menimbulkan pertanyaan berikut:

  • Apakah metode yang mau dilakukan sudah terbukti?
  • Siapa orang yang akan melakukan? Apa titel dan jabatannya? Dimana sekolah dan belajarnya? Apakah tersertifikasi lembaga terkenal?
  • Apa jaminan jika tidak berhasil?
  • Apakah bisa menyatukan setiap kelompok yang bertentangan dalam perusahaan?
  • Berapa lama programnya? Mengapa begitu lama waktunya?

LUAR BIASA,...! Satu pertanyaan yang saya lontarkan akan menimbulkan pertanyaan awal yang sangat men-challenge untuk dapat terjawab,...! Sedangkan cerita tentang inti Program yang akan disharing dapat membantu korporasi SUKSES belum sempat diketahui,...!

Saya akan sharing tentang bagaimana Program Internal Executive Coach dalam perusahaan dapat membantu para eksekutif di dalam perusahaan untuk meningkatkan potensi internalnya dalam mencapai target perusahaan.

1. Pastikan Target Korporasi dapat di Jabarkan dari Top Level sampai ke Pelaksana

Tahap ini dalam sebuah perusahaan korporasi dapat diketahui pada saat CEO dari korporasi tersebut melakukan Pidato awal tahun atau lebih umum disebut "CEO Letter"Dalam  pidato awal tahun tersebut biasanya juga disampaikan pencapaian target tahun sebelumnya, di samping Big Goal dan Strategy yang akan dilakukan di satu tahun ke depan.

Para TOP Level sampai dengan Manager Level di korporasi tersebut harus dapat menurunkan target dan strategy tersebut sampai dengan tingkat pelaksana atau bagian di bawahnya. Menurunkan sebuah tujuan besar ke tujuan-tujuan kecil mungkin mudah, namun pada saat pelaksanaannya perlu dilengkapi dengan strategi pembagian kerja, strategi pelaksanaan, dan strategi pengawasan yang menyertainya. Dimana semua itu harus terintegrasi antar bagian dan benar-benar teratur dalam skala prioritas yang terukur dan tersistem secara menyeluruh.

Selain POAC System (Planning, Organizing, Actuating, Controling) yang telah tersusun dan terstruktur, juga perlu diperhatikan bagaimana strategi pendampingan agar semua perencanaan tersebut dapat berjalan dengan lancar.
Siapa yang akan mengawal dan memantau terhadap KPI yang telah disepakati dan ditetapkan?
Pertanyaan terakhir ini yang akan terjawab di akhir tulisan saya, setelah beberapa step dibawah ini dilakukan.

2. Melakukan Team Leaders Alignment

Tahapan ini akan membantu para Leaders dari masing-masing Unit Bisnis bersinergi dan saling berdiskusi untuk dapat menentukan Business Model Unit Bisnis mereka dengan Team Kerja sampai ke level Manager agar Target Korporasi dapat diturunkan ke 90 Hari Action Plan yang akan dilakukan oleh masing-masing pelaksana kerja.

Pada proses ini dapat juga dilakukan Synergy antar Unit Bisnis yang saling berhubungan agar dapat menentukan prioritas kerja yang akan dilakukan bertahap yang saling diperlukan antar Unit Bisnis.

Secara umum aktifitas ini juga sering disebut sebagai Rapat Kerja di dalam perusahaan korporasi Anda. Namun dalam Team Leaders Alignment ini ada hal berbeda yaitu bukan dalam PROSES nya saja yang diselaraskan tetapi tidak terlepas juga untuk VALUE dan PEOPLE juga dilakukan synergy-nya.

3. Selaraskan VALUES & PEOPLE agar PROCESS dapat berjalan sesuai rencana.

Sebagian leaders merasa, bahwa Proses yang dapat terpantau dengan Action Plan dan KPI yang jelas sudah cukup untuk menjaga agar Target dapat dicapai. Ternyata pada perjalanannya tidak semudah pada saat merencanakannya, ada beberapa hal yang jelas terhadap ukuran "Process", namun agak sulit untuk memantau "Values of Peoples" yang melaksanakannya.

Aktifitas yang berfungsi dalam mensosialisasikan "Vision & Mission" korporasi harus selalu rutin dilakukan. Dan di setiap kegiatan sosialisasi yang sifatnya non-formil yang dilakukan oleh perusahaan-lah, Values perusahaan dapat terjaga dalam aktifitas yang membuat tim selalu kompak dan solid. Contoh kegiatannya adalah Employee/Family Gathering, Acara olahraga bersama, Fun Activities, atau kegiatan spiritual.

Untuk membuat People terus tumbuh dan selalu berada dalam kinerja terbaik dalam melakukan pekerjaan, perusahaan haruslah dibuatkan sebuah program yang dapat membantu mereka untuk berdiskusi dan brainstorming yang sifatnya untuk meningkatkan Potensi Internal secara terstruktur dan tersistem.

Di beberapa perusahaan Korporasi besar di Amerika maupun Eropa, sudah sejak lama mereka membuat sebuah kebijakan, bahwa seorang Leaders pada posisi jabatan tertentu harus didampingi oleh seorang MENTOR dan seorang COACH di dalam mereka melakukan tugas & pekerjaannya.

Tugas MENTOR adalah membantu para Leaders tersebut untuk dapat mengerjakan tugas teknis dengan metode pengajaran dan pelatihan. Dan Mentor adalah dapat juga atasan langsung dari leaders tersebut.

Dan tugas COACH adalah membantu memberi motivasi atau empowering untuk para leaders agar mereka dapat meningkatkan potensi internal mereka dari diri mereka sendiri. Metode yang dilakukan adalah dengan teknik Coaching yang dapat dipelajari oleh para leaders terpilih yang akan mendampingi para leaders lainnya dalam korporasi.

4. Bentuklah Internal Executive Coach di dalam Perusahaan Korporasi Anda.

Apakah pembentukan Internal Coach ini perlu?
Apakah para Leaders akan serius dalam melakukan tugas sebagai Coach?
Apakah tidak merasa diberikan pekerjaan tambahan?
Bagaimana dengan Leaders yang tidak mau berubah secara kinerja dan semangat?
Siapa yang akan bertanggung jawab dalam memantau Kinerja Coach?
Bagaimana metodologi Internal Coach yang cocok bagi korporasi kami?

Jika pertanyaan di atas Anda temukan jawabannya dan sangat mudah untuk melaksanakan dan mewujudkannya, maka Anda akan mengatakan, menapa kita tidak melakukannya dari sejak waktu lalu.

Pembentukan Internal Coach dalam sebuah korporasi dapat dilakukan dengan beberapa tahapan:
1. Lakukan Personal Character Test bagi para Leaders kunci dalam korporasi.
2. Pilihlah sekitar 20-30 persen dari Leaders yang cocok untuk menjadi Coach
3. Carilah Certified Professional Mentor Coach yang memiliki Metode Mentoring yang terstruktur untuk pembentukan Internal Coach.
4. Lakukan Induction Training bagi Calon Coach agar dapat memahami Metodologi Coaching dengan benar.
5. Buatlah Action Plan untuk para Internal Coach dengan para TOP Leaders dan Key Leaders yang sejalan dengan Business Plan yang sudah ada dan terintegrasi dengan baik.
6. Pantau dan awasi secara periodik semua implementasi dari Coaching Plan dan Action Plan unit bisnis di dalam korporasi agar dapat berjalan dan sesuai dengan target.

Top Leaders dalam hal ini adalah Board of Director korporasi harus terus mendukung dan membangun komitmen bersama antara Leaders dan Internal Coaches untuk dapat sejalan dalam pencapaian target perusahaan.

Jika strategi ini bisa berjalan, maka setiap personal di dalam korporasi akan mengikuti program training dan program coaching yang terjadwal dan mereka sangat paham tentang pentingnya program-program tersebut untuk pertumbuhan kinerja mereka.
Training untuk membuat mereka tahu apa yang selama ini mereka tidak tahu.
Coaching untuk membuat mereka sadar tentang apa yang mereka tahu, dan terus tumbuh untuk mengembangkan pengetahuan mereka.
Sehingga semua leaders dan Team akan menuju kepada personal yang Sadar dan Tahu.
Tetapi jika ada personal yang telah di training dan coaching tetap dalam kondisi tidak sadar dan tidak tahu, maka perusahaan tidak dapat memaksakan personal tersebut untuk tetap di dalam korporasi.

Internal Coach ini secara kordinasi langsung berada di bawah TOP Leaders dalam fungsi kerjanya. Dan bersama dengan Departemen HRD/SDM merencanakan proses People Development untuk dijadikan sebagai proses berkesinambungan dalam pembentukan calon-calon pemimpin masa depan dalam korporasi.

Demikian 4 tahapan sukses yang dapat dilakukan bagi perusahaan korporasi untuk pembentukan Internal Executive Coach di dalam perusahaan, agar dapat membantu dan mendampingi fungsi kerja struktural di unit bisnis dapat meningkat.

Jika Anda merasa Korporasi Anda memerlukan pembentukan Internal Executive Coach, silakan hubungi SBCF Office di 7502788, 7581337 untuk diaturkan waktu bertemu dengan Master Coach Margetty Herwin yang telah berpengalaman dalam mendampingi perusahaan korporasi tumbuh secara lebih terstruktur dan tersistemasi dengan bantuan Internal Coach Team dalam perusahaannya.


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Wisata 24 Menit lalu

10 Destinasi Wisata Branding Dilaunching di Balairung

JAKARTA, HarianBernas.com - Kementerian Pariwisata resmi me-launching The 10 Destination Brandings. Acara itu di gelar di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta dan berlangsung cukup meriah. Pengunjung dibuat terkesima den ...

Destinasi 29 Menit lalu

Libur Lebaran di Jogja Aja! Dispar Janjikan Wisatawan Nyaman

YOGYAKARTA, HarianBernas.com - Sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata, jajaran Pariwisata DIY dengan sigap bersiap menyambut wisatawan. Berbagai persiapan menghadapi libur lebaran dan cuti bersama yang sudah diumumkan pemerintah pusat pun ...

Otomotif 34 Menit lalu

Audi Pamer Teknologi Otonomos di Film Baru Spider-Man

HarianBernas.com – Audi bakal mempertontonkan secara eksklusif Audi A8 pertama model tahun 2018 pada 7 Juli nanti, bertepatan dengan premiere film "Spider-Man: Homecoming" di Amerika Serikat. Mobil tersebut akan ta ...

Musik 54 Menit lalu

Begini Gaya Keren Putri Kecil Dave Grohl Memainkan Drum untuk Foo Fighters

HarianBernas.com – Dalam penampilan Foo Fighters pada Jumat malam (16/6/2017) di Secret Solstice Festival, Islandia pekan lalu memang sangat menarik. Di sana Dave Grohl dan kawan-kawan untuk pertama kalinya membawakan lagu baru berjud ...

Nasional 1 Jam lalu

Bayar Tunai Tol Cipali, Pemudik Siapkan Uang Pas Rp 110 Ribu

HarianBernas.com – Pemudik yang lewat Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) untuk golongan kendaraan satu cukup membayar Rp 110.000. Nilai ini lebih rendah Rp 1.000 dari tarif sebelumnya. Tarif ini berlaku untuk transaksi tunai mulai Kamis (2 ...

Kesehatan 1 Jam lalu

Tetap Sehat dan Bugar Selama Perjalanan Mudik, Terapkan 4 Hal Sederhana Ini

HarianBernas.com - Mengendarai kendaraan pribadi saat mudik dengan menempuh jarak yang jauh, tentu akan cukup melelahkan. Mudik lebaran dengan kendaraan pribadi, tidak hanya membutuhkan kondisi fisk yang fit, tapi juga mental. Selama per ...

Nasional 2 Jam lalu

Ahok Tetap Jalani Masa Hukuman di Rutan Mako Brimob, Ini Alasannya

JAKARTA, HarianBernas.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Cipinang, Abdul Ghani menuturkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tetap ditahan di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Jawa Barat. Semula Ahok akan menjalani masa eks ...

Tokoh 2 Jam lalu

Saat Bersepeda Malam, Raja Thailand Ditembak Pakai Senapan Angin

HarianBernas.com – Dua remaja laki-laki menembak  Raja Thailand yang sedang berada di Jerman. Pihak berwenang mengatakan ia tak terluka akibat tembakan dengan pistol angin tersebut. Penembakan itu terjadi saat Raja Vajiralongk ...

Film 2 Jam lalu

Peraih 3 Oscar untuk Kategori Aktor Terbaik Ini Putuskan Pensiun

HarianBernas.com – Aktor kawakan yang sudah malang melintang di Hollywood, Daniel Day-Lewis secara mengejutkan menyatakan bahwa ia akan segera mundur dari dunia akting atau pensiun sebagai aktor. Variety menyebut, Lewis akan mundur se ...

Nasional 3 Jam lalu

Mau Bekukan Anggaran KPK Dan Polri, Jangan Cuma Gertak Sambal Saja

JAKARTA, HarianBernas.com - Adanya anggota pansus M. Misbakhun angket yang begitu emosi dan marah terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK dan Polri, dengan alasan tidak mau mengikuti kehendak pansus angket KPK guna menghadirkan Miriy ...

Internasional 3 Jam lalu

Waduh, Salah Pilih Kostum di Afghanistan, AS Boroskan Uang Rp 373 Miliar

HarianBernas.com – Amerika Serikat (AS) telah melakukan pemborosan sebanyak US$ 28 juta atau sekitar Rp 373 miliar untuk seragam Tentara Nasional Afghanistan. Inspektur jenderal AS yang bertugas mengawasi perang, John Sopko, menyam ...

Musik 4 Jam lalu

Ternyata Ada Kolaborasi Queen dan David Bowie yang Belum Dirilis

HarianBernas.com – Setelah bertahun-tahun tidak menghasilkan album baru pasca kematian sang vokalis Freddie Mercury, Queen mungkin telah dianggap sebagai band yang ‘usang’. Namun menurut sang gitaris Brian May, beberapa re ...

Nasional 4 Jam lalu

Ini 3 Tips Mudik Aman Naik Sepeda Motor

JAKARTA, HarianBernas.com – Pemudik sudah mulai memadati sejumlah ruas tol menuju ke daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Timur. Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Parraga memberikan tiga tips untuk para pemud ...

Kesehatan 4 Jam lalu

Bingung Kenapa Waktu Puasa, Tapi Kolesterol Tatap Naik? Ini Dia 3 Alasan Utamanya

HarianBernas.com - Sejumlah penelitian menunjukan bahwa saat bulan Ramadhan, umat Islam yang menjalankan ibadah puasa bisa mengendalikan kadar kolesterolnya dengan baik. Berpuasa bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Berpuasa jug ...

Wisata 4 Jam lalu

Kabar Gembira Bagi Travelista, Susi Air Buka Rute ke Maratua

KALTIM, HarianBernas.com - Kabar gembira bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pulau Maratua, Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Saat ini, wisatawan bisa menggunakan jalur udara karena Susi Air sudah membuka rute Kalimarau-Marat ...

Nasional 4 Jam lalu

Ayo Mudik dengan Diskon Tarif Tol Sampai 2 Juli, Ini Syaratnya

HarianBernas.com – Pemudik yang mulai melakukan perjalanan pulang kampung lewat tol akan mendapatkan diskon tariff tol dari 10 persen hingga 20 persen. Diskon berlaku untuk pengguna e-toll atau uang elektronik saat melakukan pembayara ...

Nasional 5 Jam lalu

Rest Area Pemalang-Gringsing Ada SPBU, Pemudik Maksimal Isi 20 Liter

BATANG, HarianBernas.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan PT Pertamina telah menyediakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di ruas tol Pemalang-Gringsing. SPBU ini terdapat di rest area Candiareng, Batan ...

Nasional 5 Jam lalu

Hari Ini, Menhub Lepas Mudik Gratis ke 29 Kota

JAKARTA, HarianBernas.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melepas mudik gratis untuk sepeda motor dengan memakai bus di lapangan parkir Pantai Karnaval, Ancol Jakarta pada Kamis (22/6/17). Pelepasan mudik gratis ini ...

Nasional 5 Jam lalu

Tol Fungsional Disiram Air, Kecepatan Maksimal 40 Km Per Jam

GRINGSING, HarianBernas.com – PT Jasamarga Semarang Batang (PTJSB) mengoperasikan tol fungsional dari Batang hingga Semarang dengan pintu keluar di daerah Gringsing pada arus mudik Lebaran 2017. "Jalan Darurat Batang-Semarang ...

Inspirasi 6 Jam lalu

Sering Berpikir Kritis, Ini Manfaatnya Bagi Kita

HarianBernas.com - Di jaman yang semakin modern ini, Anda akan dituntut untuk mampu berpikir dengan kritis dalam berbagai permasalahan. Ini bertujuan agar Anda bisa semakin mudah untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari nantinya. Namu ...

Inspirasi 6 Jam lalu

Viral, Bocah Berbakti Gunakan Tangannya untuk Mengganjal Kepala Sang Ibu

HarianBernas.com – Beredar foto seorang anak lelaki yang menggunakan tangannya sebagai alas kepala ibunya yang terlelap di kereta. Pose tersebut lantas menggetarkan hati para netizen Tiongkok. Shanghaiist, Sabtu (17/6/2017) menyebu ...

Musik 6 Jam lalu

Jay Z Umumkan Album Baru, Dirilis Sesudah Libur Lebaran

HarianBernas.com – Rapper Jay Z baru saja mengumumkan album studio terbarunya yang berjudul "4:44". Dirinya juga sudah membagikan sedikit petikan lagu “Adnis” beberapa hari lalu dalam sebuah trailer&nbs ...

Internasional 7 Jam lalu

ISIS Ledakkan Masjid Berusia 800 Tahun di Mosul?

HarianBernas.com – Menjelang lebaran atau Idul Fitri, ISIS telah meledakkan Masjid Agung al-Nuri, sebuah masjid bersejarah di Mosul yang  menjadi jantung ideologi kelompok radikal tersebut, demikian menurut data dari Amerika Seri ...

Nasional 7 Jam lalu

Waspada Uang Palsu, BI Temukan Ribuan Upal

JAKARTA, HarianBernas.com – Bank Indonesia (BI) menyampaikan temuan uang palsu per Februari 2017 mencapai 22.212 lembar. Namun, jumlahnya peredaran uang palsu (upal) kian menurun dalam beberapa tahun terakhir. Direktur Eksekutif De ...

Internasional 7 Jam lalu

Di Negara Ini, Orang Kristen Ditangkap karena Jual Makanan Saat Ramadan

HarianBernas.com – Menurut sebuah laporan baru, orang-orang Kristen di Sudan ditangkap karena "kejahatan" menjual makanan dan teh selama bulan Ramadan. Laporan tersebut mengklaim bahwa lebih dari 10 orang ditangkap d ...

Ragam 7 Jam lalu

Cara Ampuh Kendalikan Emosi di Bulan Suci

HarianBernas.com - Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah. Bulan ramadhan juga sering disebut sebagai bulan yang suci. Anda akan menjalankan puasa selama sebulan penuh lamanya. Puasa di sini tidak hanya puasa makan dan m ...

Lifestyle 8 Jam lalu

6 Hal Ini Akan Membuat Mentalmu Lebih Terlatih Menghadapi Dunia Kerja

HarianBernas.com - Merasa khawatir dengan masa akan datang tentu selalu dialami oleh kabanyakan orang. Ketidak pastian akan masa depan terkadang membuat seseorang menjadi cemas dan gelisah. Terlebih lagi bagi orang yang sama sekali menda ...

Nasional 8 Jam lalu

Pintu Keluar Brexit Menuju Tol Darurat Pemalang Tersendat

BREBES, HarianBernas.com - Pintu keluar tol Brebes Timur (Brexit) menuju ke tol darurat Pemalang mengalami kemacetan. Petuhas di tol Brexit mengungkapkan kemacetan terjadi akibat sistem buka tutup yang diberlakukan di pintu tol darurat Pema ...

Kesehatan 8 Jam lalu

Aneka Penyakit Yang Menghantui Anda Selama Bulan Puasa

HarianBernas.com -  Sebenarnya, berpuasa menjadi salah satu hal yang menyehatkan. Daya tahan tubuh akan menjadi semakin kuat apabila Anda berpuasa. Namun, penting untuk mengatur pola makan ketika Anda sedang berpuasa. Sayangnya, ada ...

Kesehatan 8 Jam lalu

Buat Kalian yang Mendekati usia 30 Tahun, Sebaiknya Mulai Memperhatikan 8 Hal Berikut

HarianBernas.com - Penuaan merupakan fase alami yang tidak bisa kita semua hindari. Semakin bertambah usia, terjadi banyak perubahan dari dalam diri, seperti kebiasaan, pola pikir, hingga kesehatan. Memasuki usia 25 tahun, sel-sel tubuh ...

Lifestyle 9 Jam lalu

Tahukah Kalian Bahwa Orang Cerdas Terkadang Melakukan 5 Kebodohan Ini

HarianBernas.com - Setiap kali mendengar kata-kata cerdas, tentu kita akan berpikir kepada orang yang secara inteltual di atas rata-rata, mempunyai pemikiran yang mengagumkan. Namun, rupanya orang cerdas pun memiliki prilaku yang buruk. Dap ...

Tokoh 9 Jam lalu

Diri Anda yang Terbaik Akan Muncul saat Menyukai Apa yang Dilakukan

HarianBernas.com - Bila melihat perjalanan karirnya, Rifki Rizal menyebut sungguh aneh tapi nyata. Namun, ia lebih melihatnya itu sebagai bagian pengabulan Allah kepada dirinya untuk menjalani hal tersebut sehingga sekarang memiliki su ...

Kesehatan 9 Jam lalu

Kadar Kalium dalam Darah Tinggi? Apa Bahayanya?

HarianBernas.com - Mungkin beberapa dari Anda masih asing dengan penyakit hiperkalemia. Penyakit yang satu ini merupakan suatu kondisi dimana kadar kalium dalam darah sangat tinggi. Kalium menjadi salah satu cairan elektrolit penting dal ...

Kesehatan 9 Jam lalu

Buat yang Lagi Belajar Masak, Harus Paham 5 Hal Ini, Agar Tidak Mudah Keracunan

HarianBernas.com - Buat kalian yang hobi atau sedang belajar memasak untuk orang terdekat atau untuk keluarga, jangan sembarangan, ya. Pasalnya salah mengolah atau memilih bahan makanan, bisa jadi orang yang memakan masakanmu malah keracuna ...

Travel Agent 9 Jam lalu

Percaya Atau Tidak, 7 Tips Mudik Ala Traveller Ini Bisa Bantu Hemat Biaya Mudik Kamu, Coba Saja!

HarianBernas.com - Sebagian besar orang pasti ingin berhemat menekan pengeluaran yang tidak sedikit. tidak cuma untuk kehidupan sehari hari, jika bisa berhemat dilakukan saat momen mudik lebaran. Untuk melakukan mudik memang membutuhkan bia ...

Nasional 10 Jam lalu

Ini Cuitan Jokowi Usai Ulang Tahunnya ke-56

HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih atas semua ucapan dan doa di hari ulang tahunnya yang ke-56 pada 21 Juni 2017. Ucapan terima kasih itu disampaikan lewat akun Twitter miliknya @jokowi. “Terima ...

Nasional 10 Jam lalu

Polisi: Rizieq Hadapi Saja, Nanti Juga Selesai

JAKARTA, HarianBernas.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan menyampaikan bahwa pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tidak bisa seenaknya menghentikan pengusutan kasus dugaan pornografi dalam chat WhatsApp. Hal in ...

Bola 10 Jam lalu

Kalahkan Myanmar, Fakhri Puji Mental Pemain Timnas U-16 Indonesia

Vietnam, HarianBernas.com-Timnas U-16 sukses meraih kemenangan 4-1 atas Myanmar dalam laga pertama turnamen bertajuk U-15 International Footbaall Tien Phong Plastic Cup yang digulir pada Rabu (14/6) waktu setempat. Berlaga di Stadion San ...

Berkebun 10 Jam lalu

5 Tips Merawat Bunga Agar Tetap Segar Ketika Ditinggal Mudik

HarianBernas.com – Bagi seorang yang mencintai tanaman, keindahan taman yang terjaga merupakan hal yang harus selalu diperhatikan. Apalagi meninggalkan taman khususnya bunga di rumah untuk mudik lebaran, tentunya harus dengan persiapa ...

Kesehatan 10 Jam lalu

Awas Diare Bisa Dialami Saat Perjalanan Mudik, Perhatikan Ini

HarianBernas.com – Musim Mudik mulai berlangsung jelang Lebaran 2017. Kini sudah memasuki H-4 Lebaran 2017. Saat perjalanan mudik bisa saja terjadi diare. Terutama jika Anda mengonsumsi makanan pemicu diare. Karenanya, sebelum mudik m ...

Film 13 Jam lalu

Tak Kikuk, Ini Deretan Kakak-beradik yang Sering Adu Akting Bareng di Film Hollywood

HarianBernas.com – Hollywood merupakan industri perfilman yang populer. Industri perfilman ini rajin memproduksi film setiap tahunnya. Film-film yang dihasilkan juga banyak yang mendulang kesuksesan tidak hanya di tanah Hollywood saja ...

Ragam 14 Jam lalu

Dua Petinju Indonesia Kejar Gelar Internasional

Jakarta, HarianBernas.com-Dua petinju Indonesia dipersiapkan menghadapi laga internasional yang akan memperebutkan gelar WBC Asian Boxing Council Continental (ABCO Continental) Championship dan WBA Asia South Championship Super Bantam. P ...

Film 14 Jam lalu

Deretan Pemain Film Top Dunia yang Pernah Menolak Peran Populer

HarianBernas.com – Kepopuleran sebuah film tentu saja berkat peran banyak pihak yang ada di dalamnya. Mulai dari produser, sutradara, kru-kru yang terlibat, sampai para aktor dan aktris yang berakting dalam film tersebut. Untuk men ...

Film 15 Jam lalu

Berbaring 8 Jam Sebagai Mayat, Olwen Kelly Justru Tuai Banyak Pujian

HarianBernas.com – Film-film horor Hollywood memiliki kepopuleran yang tinggi di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa banyak penikmat film di Indonesia yang sangat menyukai film-film horor dari Hollywood. Beberapa film horor yang popu ...

Film 16 Jam lalu

Ini Cerita Memalukan, Lucu, dan Mengerikan dari Para Pemain “Guardians of The Galaxy Vol 2”

HarianBernas.com – Salah satu film superhero yang tayang pada Mei 2017 adalah “Guardians of The Galaxy Vol 2”. Seperti film yang sebelumnya, film “Guardians of The Galaxy Vol 2” ini juga populer di kalangan par ...

Kesehatan 22 Jam lalu

Terlihat Sepele, Namun Ini 5 Bahaya yang Mengancam Jika Minum Sambil Berdiri

HarianBernas.com - Posisi paling ideal ketika sedang minum adalah saat kita sedang duduk. Ketika duduk sebenarnya saraf-saraf? tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima air yang masuk dari berbagai jenis minuman yang berbeda. Kebia ...

Nasional 22 Jam lalu

Pembentukan TGPF Kasus Novel, ‘Tamparan’ Bagi Polri

JAKARTA, HarianBernas.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham) bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) terhadap kasus Novel Baswedan. Ketiadaan kejelasan terhadap perkemban ...

Nasional 23 Jam lalu

Pertamina Diminta Antisipasi Ketersediaan BBM Jelang Mudik Lebaran

JAKARTA, HarianBernas.com - Anggota Komisi VII DPR Rofi Munawar meminta Pertamina sebagai pihak yang melakukan penyediaan bahan bakar segera melakukan antisipasi ketersediaan stom BBM secara tepat dan cermat. Setidaknya Pertamina dapat mela ...

Nasional 23 Jam lalu

Pengimpor Mie Samyang Klarifikasi Soal Kandungan Babi

JAKARTA, HarianBernas.com – Masyarakat belakangan ini diresahkan dengan mie instan asal Korea yang disebut-sebut mengandung babi. Ada empat produk mie instan yang hasilnya positif mengandung babi Menurut hasil uji lab Badan Pengawa ...

Nasional 23 Jam lalu

Menkumham: Perbaiki Lapas, Harga Tanah Mahalnya Bukan Main

JAKARTA, HarianBernas.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyampaikan kondisi lembaga pemasyarakatan (lapas) yang tak layak huni menjadi faktor utama penyebab kaburnya narapidana. Ia mengakui bebera ...