Berita Nasional Terpercaya

Pebalap Honda, Marc Marquez Kembali Tunjukkan Keperkasaannya di MotoGP Sachsenring 2016

0

HarianBernas.com ­- Balapan MotoGP di Sirkuit Sachsenring, Jerman, kembali menghadirkan berbagai kejutan menarik untuk disimak. Berlangsung dalam keadaan “wet race” rupanya membuat beberapa pebalap hebat mengalami kesulitan. Tetapi di pertengahan balapan, kondisi lintasan yang mulai mengering ternyata justru menghadirkan angin segar bagi pebalap Honda, Marc Marquez.

Marc Marquez yang sebelumnya terlihat kesulitan untuk tembus ke peringkat atas, berhasil dengan sukses memanfaatkan kondisi ketika beberapa pebalap di depannya sedang melakukan pergantian ban beberapa lap menjelang kompetisi berakhir.

Akhirnya, rider Honda asal Spanyol itu berhasil sukses mencuri posisi puncak dan dapat mempertahankannya hingga akhir balapan.

Jalan Race di MotoGP Sachsenring Jerman 2016

Jalannya race di Sirkuit Sachsenring, Jerman pun dimulai. Seluruh pebalap tampak langsung tancap gas begitu bendera dikibarkan tanda dimulai balapan. Selepas lap pertama, Valentino Rossi yang memulai balapan dari tempat ketiga sukses mengambil alih posisi puncak dari Marc Marquez.

Posisi puncak yang ditempati Valentino Rossi ternyata tak berlangsung lama. Di lap kedua, The Doctor pun harus rela untuk disalip oleh duo Ducati yaitu Andrea Dovizioso dan juga Danilo Petruci. Bahkan Petruci juga mampu menyalip Dovi tak lama kemudian.

Balapan akhirnya melewati lap 10. Kejutan akhirnya terjadi di dalam susunan pebalap di urutan depan. Danilo Petrucci yang sempat memimpin jalannya balapan harus mengalami jatuh. Hal inilah yang menyebabkan Dovizioso berhak berada pada posisi pertama yang kemudian diikuti Valentino Rossi di posisi kedua.

Perkiraan awal dimana Marc Marquez dapat dengan mudah melakukan balapan justru sempat tak terbukti. Di lap awal pebalap Honda tersebut tampak kesulitan mengikuti alur balapan. Mendapat kemudahan menempati pole position, Marquez malah terus melorot hingga posisi sembilan.

Sekedar tambahan informasi, kondisi lintasan di Sachsenring ternyata sudah mulai mengering pada Lap 14, Hector Barbera bahkan sukses mengambil alih posisi dua yang dimiliki oleh Valentino Rossi jelang tikungan pertama.

Posisi puncak masih setia ditempati oleh Andrea Dovizioso yang unggul jarak cukup jauh dengan posisi kedua. Sedangkan dua pebalap kenamaan, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo masih belum menunjukan tajinya di balapan kali ini.

Marquez yang dijuluki baby alien ini masih berada di tempat delapan sedangkan Lorenzo jauh di posisi 14. Valentino Rossi pun tak tinggal diam posisinya direbut oleh Hector Barbera di lap 14. Hanya berselang empat lap, giliran Rossi yang dapat melakukan overtacking terhadap pebalap Avintia Racing.

Sementara itu Jorge Lorenzo sedikit demi sedikit mulai bangkit dan berhasil menyodok ke posisi sembilan. Dengan kondisi lintasan yang terlihat mulai mengering, beberapa pebalap termasuk pebalap Honda, Marc Marquez sudah mulai melakukan ganti motor. Para pebalap melakukan penggantian motor dengan komposisi ban yang berbeda.

Namun sepertinya sampai lap 22, baik Rossi ataupun Dovizioso masih tampak nyaman menunggangi motor dengan menggunakan ban basah. Hingga akhirnya Rossi dan Dovizioso masuk pit di lap 23.

Hal itulah yang menjadi keuntungan besar bagi beberapa pebalap termasuk juga Pebalap Honda yang satu ini, Mark Marquez kembali sukses menempati posisi kedua di belakang Jack Miller.

Kemudian satu lap berselang, Marquez dengan hebatnya  bisa overtacking Miller dan merebut posisi jawara.

Pebalap Honda menunjukkan tajinya

Sampai akhir balapan, Marquez dengan kehebatannya dapat mempertahankan posisinya yang diikuti oleh Carl Crutchlow dan Andrea Dovizioso di tempat kedua dan tiga. Di lain pihak, Valentino Rossi hanya bisa menyentuh garis finis pada posisi delapan.

Sementara itu pebalap Yamaha lainnya, Jorge Lorenzo harus puas berada di posisi 15. Itulah yang semakin membuat dirinya merasa kesulitan dalam persaingan perebutan gelar juara dimana Marquez yang berada di posisi puncak.

Pastinya, Honda semakin menunjukkan kehebatannya dalam pertarungan MotoGP musim ini. Setelah Marquez berhasil berada di posisi puncak, dalam balapan di Sachsenring Jerman baik juara 1 dan juara 2 diduduki oleh pebalap Honda. Bravo Honda, Bravo Marc Marquez.

Hasil Balapan MotoGP Sachsenring Jerman (urutan ? Pebalap ? Negara ? Tim Racing) :

  1. Marc Marquez – ESP – Repsol Honda Team
  2. Cal Crutchlow – GBR – LCR Honda
  3. Andrea Dovizioso – ITA – Ducati Team
  4. Scott Redding – GBR – Octo Prama Yachnic
  5. Andrea Ianone – ITA – Ducati Team
  6. Dani Pedrosa – ESP – Repsol Honda Team
  7. Jack Miller – AUS – Estrella Glacia 0,0 Marc VDS
  8. Valentino Rossi – ITA – Movistar Yamaha MotoGP
  9. Hector Barera – ESP – Avintia Racing
  10. Alvero Bautista – ESP – Fectori Aprilia Gessini
  11.  Eugene Laverty – IRL – Aspar MotoGP Team
  12. Maverick Vinales – ESP – Team Suzuki Ecstar
  13. Bradley Smith – GBR – Monster Yamaha Tech 3
  14. Aleix Espargaro – ESP – Team Suzuki Ecstar
  15. Jorge Lorenzo – ESP – Movistar Yamaha MotoGP
  16. Tito Abat – ESP – Estrella Glacia 0,0 Marc VDS
  17. Loris Baz – FRA – Avintia Racing
  18. Yonny Hernandez – COL – Aspar MotoGp Team

Tidak Finis:

Pol Espargaro – ESP – Monster Yamaha Tech 3

Danilo Peruchi – ITA – Octo Prama Yachnic

Leave A Reply

Your email address will not be published.