Harian Bernas

Mengapa Orang Mau Bertindak?

13 Agustus 2016

Inspirasi

Mengapa Orang Mau Bertindak?

The Red,Angry Birds (sumber foto: www[dot]mirror[dot]co[dot]uk)

HarianBernas.com-Banyak hal yang membuat orang tergerak. Salah satunya adalah ALASAN. Menurut saya ini adalah yang paling utama.

Sadarkah Anda? Ketika kita melakukan sesuatu itu karena kita telah memiliki pola, baik pola yang kita bentuk dengan sendirinya maupun karena pola yang terbentuk oleh kebiasaan, kadangkala kita tidak sadar kapan pola itu terbentuk. 

Orang punya rasa amarah dan kebahagiaan. Orang marah itu karena ada polanya. Orang bahagia juga seperti itu dan orang yang sedih juga terjadi karena ada pola dan alasannya. Ketika kita tahu akan alasannya atau memang kita sudah punya alasan yang kuat maka dengan pasti, kita akan melakukan suatu tindakan itu. 

Anda ingat ketika Anda sekolah dulu? 

Anda berjuang mati-matian. Belajar sampai begadang, ber jam-jam menghafal, dan mengerjakan soal latihan. Anda juga rela pergi jauh-jauh ke rumah teman Anda untuk mengerjakan tugas kelompok misalnya. Itu semua karena ada alasan yang ingin Anda kejar bukan?  Bisa jadi karena Anda ingin mendapatkan peringkat di kelas atau Anda ingin menjadi lebih pintar dari teman-teman Anda, serta masih banyak hal lainnya. Itu semua adalah alasan mengapa Anda mau melakukan itu pada waktu Anda di sekolah.  

Lalu, ketika Anda memutuskan untuk menikah, itu juga karena Anda punya alasan yang kuat. Mengapa Anda memilih pasangan  suami/istri Anda saat ini? Tanyakan ke dalam diri Anda sendiri. Pasti ada alasan yang sangat kuat untuk memilihnya di kala itu. Sampai hari ini pun, Anda masih memilikinya. 

Kita sama-sama tahu. Emosi itu berperan sangat penting kepada kehidupan kita. Banyak orang yang mudah mengontrol emosi, tapi tidak sedikit juga orang yang sulit mengontrolnya. 

Tapi, apakah amarah itu penting?

Rasa amarah yang dimiliki seseorang, sudah pasti karena ada alasannya.

Saya sering dengar orang-orang pada bilang gini "Eh... kenapa tuh orang marah-marah ga ada sebab gitu?" 

Mana ada marah gak ada sebab. Ya gak? Kita saja yang tidak tahu, kenapa dia jadi marah. 

Jadi inget film Angry Bird.

The RED (Angry Bird yang berwarna merah), dia punya amarah yang agak sulit dia kontrol. Akhirnya, ia dimasukan ke sebuah kelas Anger Management, kelas yang baik. Di sana, ia diajarkan bagaimana caranya mengelola emosi dan mengatur kepribadiannya. 

The Red dari kecil sudah sendiri. Sejak kecil, ia selalu dijauhi oleh teman-temannya yang lain. Ia jadi seperti burung yang dikucilkan. Selalu dipandang sebelah mata. Apapun yang dikerjakannya pasti tidak pernah dilihat oleh warga desanya. The RED selalu salah. Sungguh kasihan!

Hal itu lah yang membuat The Red menjadi kurang pandai mengontrol emosinya. 

Ketika The Red dapat menunjukan dia seekor burung yang baik dan terbukti bisa menyelamatkan saudara-saudaranya, sejak saat itu, identitasnya berubah. Ia jadi burung yang disenangi dan malah menjadi sosok PEMIMPIN di desa burung itu. 

The Red mendapatkan hal itu lewat kontrol emosi kemarahannya. Ada kalanya marah tetap diperlukan, tetapi tergantung kapan dan di mana kita mengeluarkannya. Selagi hal itu bisa menjadi sebuah acuan untuk diri kita (dendam / amarah yang positif). 

Baru saja, saya membayangkan ketika saya sedang marah. 

Sebenarnya mengapa sih saya marah? 

Apakah dengan saya marah, hidup saya jadi lebih baik? 

Ada yang pernah bilang, kemarahan itu di luar kuasa kita karena seringkali kita marah karena faktor dari orang lain. 

Sebenarnya semuanya itu balik lagi kepada "Bagaimana caranya kita memberi arti"

Saya jadi teringat pelajaran dari Pak Tung, “Ketika Anda merasa kurang bahagia. Terlalu banyak emosi negatif yang anda rasakan maka kembalilah ke Zorro Circle.” 

Zorro Circle adalah sebuah lingkaran kebahagian di mana kebahagiaan tersebut bisa Anda hasilkan sendiri atau dengan kata lain, Anda akan bahagia ketika Anda melakukan / merasakan sesuatu yang memang Anda kuasai. 

Misalnya, Anda akan merasa jauh lebih bahagia lagi ketika Anda makan es krim. Ya sudah Anda tinggal beli es krim saja atau dengan memancing misalnya, mendengarkan musik, menonton film, dan lain sebagainya.

Zorro Circle adalah ciptaan Anda sendiri. Bukan suatu hal yang datangnya dari faktor luar / orang lain. Ketika Anda memutuskan untuk bahagia itulah Zorro Circle.

Salam Dashyat! 

 

VAO 

Service Excellence Trainer

Untuk mengundang Vicktor Aritonang (VAO) berbicara di perusahaan Anda, silakan menghubungi di aritonangvicktor@gmail.com. Bagi yang ingin mendapatkan artikel motivasi setiap harinya, dapat langsung menghubungi WA saya di 0812.7307.3882 

Penulis : Vicktor Aritonang

Editor : Paulus Yesaya Jati

Sudah baca berita ini ?

Berita Terkini

Jantung Pisang dengan Sejuta Manfaat

12 Menit lalu

HarianBernas.com – Jika dilihat sepintas, memang jantung pisang tidak terlihat istimewa. Bahkan sering dianggap sebagai bagi... Selengkapnya

Manfaat Kulit Tomat yang Harus Anda Tahu

27 Menit lalu

HarianBernas.com – Setelah mengupas tomat, jangan langsung membuang kulit tomat ke tempat sampah. Karena dibalik kulit tomat... Selengkapnya

Cara Pembuatan dan Pengolahan Kolang Kaling

42 Menit lalu

HarianBernas.com – Kolang-kaling tidak mengenal musim dan mudah ditemukan di pasaran sehingga kapanpun Anda ingin mengolahny... Selengkapnya

Bagi Pengantin Baru, 4 Tip Ini Akan Membuat Keuangan Rumah Tangga Menjadi Sehat

57 Menit lalu

HarianBernas.com - Apakah Anda merupakan pasangan pengantin baru? Anda pasti sudah mulai merencanakan keuangan rumah tangga Anda, ... Selengkapnya

Masih Awam, 4 Cara Ini Mampu Menjaga Keamanan Kartu Kredit saat Belanja

1 Jam lalu

HarianBernas.com - Anda pasti pernah atau sering berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Namun, apakah sudah menjaga keam... Selengkapnya

5 Tips Atur Uang Saat Berbisnis

1 Jam lalu

HarianBernas.com - Setiap bisnis yang dijalankan pasti memerlukan pengelolaan keuangan yang bijak dan baik supaya bisnis ters... Selengkapnya

6 Daftar Makanan Yang Bikin Ketagihan

2 Jam lalu

HarianBernas.com - Mungkin, bagi Anda, kerenyahan ayam goreng tepung adalah salah satu makanan yang membuat Anda ketagihan. B... Selengkapnya