Harian Bernas

Bagaimana Menjadi Leader yang Dicintai?

19 Oktober 2016

Inspirasi

Bagaimana Menjadi Leader yang Dicintai?

Ilustrasi (sumber foto: Huffington Post)

HarianBernas.com-Di luar sana, ada begitu banyak pemimpin. Ada pemimpin yang begitu dicintainya sama pengikutnya, ada juga pemimpin yang begitu dibenci oleh pengikutnya. Kira-kira tipe yang manakah Anda?

Sebagai pemimpin tentu saja Anda ingin dihargai oleh pengikut Anda, betul? Anda sudah berusaha tampil sebaik mungkin dan Anda berharap pengikut Anda mengikuti Anda dengan senang hati. Anda ingin tampil tampak berkharisma di depan pengikut Anda.

Namun kenyataannya, entah kenapa pengikut Anda tidak suka dengan Anda. Kalau ketemu Anda rasanya mereka semua ingin melarikan diri dari Anda.

Mereka benci melihat Anda. Para pengikut Anda juga bekerja rasanya karena terpaksa. Tidak ada rasa sungguh-sungguh bekerja sesuai visi yang telah ditetapkan.

Kalau sudah begini tentu ada yang salah dengan leadership Anda, betul?

Mari kita defenisikan dulu istilah leadership. Ada begitu banyak defenisi leadership, tapi defenisi berikut adalah salah satu yang sangat menarik.

Leadership adalah membuat orang lain lebih baik lewat kehadiran kita dan memastikan efeknya tetap ada di saat kita tidak ada.

Dengan defenisi seperti itu, bagaimana dengan kualitas leadership Anda? 

Apakah tim Anda semakin baik meskipun Anda tinggalkan atau malah hancur ketika Anda tinggalkan?

Jawaban dari pertanyaan tersebut akan membuat Anda tahu apakah Anda sudah menjadi leader yang baik.

Kenapa tim Anda tidak menghargai Anda sebagai leader? Jawabannya cuma satu, yaitu karena Anda tidak menghargai dan melayani tim Anda terlebih dahulu! Anda cuma memaksakan cara Anda sendiri. Anda cuma memberikan perintah dan berharap tim Anda bergerak karena gaji yang Anda berikan. Anda cuma memberikan target-target yang begitu tingginya tanpa menyupport mereka.

Setelah dipelajari, leader-leader terbaik adalah leader-leader yang melayani timnya, leader yang siap pasang badan kalau timnya salah, leader yang selalu menyupport timnya, dan leader yang selalu bertanya "Apa yang Anda butuhkan agar bisa lebih baik?"

Ketika Anda mulai melayani tim Anda, keajaiban-keajaiban pun muncul. Anda mulai dihargai bukan dibenci. Anda akan disegani bukannya ditakuti.

Ketika Anda mulai melayani, tim Anda pun sepenuh hati akan melayani Anda. Sepenuh hati mendukung Anda menjadi lebih baik.

Bagaimana dengan Anda?

Maukah Anda mulai melayani tim Anda?

 

Salam dahsyat!!

Jansen Frank | Service Excellence Trainer

Bila Anda ingin mengundang saya sebagai Trainer di perusahaaan Anda ATAU bila Anda ingin mendapatkan pelajaran yang saya pelajari setiap hari di WhatsApp Anda, silakan hubungi/SMS/WA ke: 0818 0856 5478 atau e-mail: jansen.franks@gmail.com.

Penulis : Jansen Frank

Editor : Paulus Yesaya Jati

Sudah baca berita ini ?

Berita Terkini

Prof Nasarudin: Semakin Paham Agama, Bangsa Indonesia Makin Toleran

23 Menit lalu

JAKARTA, HarianBernas.com - Terusiknya kehidupan kebangsaan yang dipicu kasus penistaan agama dalam Pilkada DKI Jakarta membuat se... Selengkapnya

Inilah 4 Hal yang Menandakan Anda Jatuh Cinta Padanya

38 Menit lalu

HarianBernas.com - Setiap orang pasti ingin merasakan indahnya jatuh cinta. Rasanya, hidup Anda tidaklah lengkap apabila belum per... Selengkapnya

Jantung Pisang dengan Sejuta Manfaat

53 Menit lalu

HarianBernas.com – Jika dilihat sepintas, memang jantung pisang tidak terlihat istimewa. Bahkan sering dianggap sebagai bagi... Selengkapnya

Manfaat Kulit Tomat yang Harus Anda Tahu

1 Jam lalu

HarianBernas.com – Setelah mengupas tomat, jangan langsung membuang kulit tomat ke tempat sampah. Karena dibalik kulit tomat... Selengkapnya

Cara Pembuatan dan Pengolahan Kolang Kaling

1 Jam lalu

HarianBernas.com – Kolang-kaling tidak mengenal musim dan mudah ditemukan di pasaran sehingga kapanpun Anda ingin mengolahny... Selengkapnya

Bagi Pengantin Baru, 4 Tip Ini Akan Membuat Keuangan Rumah Tangga Menjadi Sehat

2 Jam lalu

HarianBernas.com - Apakah Anda merupakan pasangan pengantin baru? Anda pasti sudah mulai merencanakan keuangan rumah tangga Anda, ... Selengkapnya

Masih Awam, 4 Cara Ini Mampu Menjaga Keamanan Kartu Kredit saat Belanja

2 Jam lalu

HarianBernas.com - Anda pasti pernah atau sering berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Namun, apakah sudah menjaga keam... Selengkapnya