Harian Bernas

Meminimalisir Kemungkinan Terkena Penyakit Pneumonia

04 April 2017

Kesehatan

Meminimalisir Kemungkinan Terkena Penyakit Pneumonia

Ilustrasi (Foto: PPcorn)

HarianBernas.com - Bagi beberapa orang, berkendara dengan menggunakan motor di malam hari ketika suhu udara sedang sejuk menjadi salah satu hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda cara menggunakan sepeda motor untuk transportasi sehari-hari. Rasanya bepergian dengan menggunakan sepeda motor di malam hari akan membuat Anda merasakan segarnya angin malam menerpa tubuh Anda.

Ditambah dengan pemandangan di sekitar yang indah sambil melihat kelap kelip lampu kota menjadi aktivitas yang menyenangkan dan mampu membuat siapa saja lupa waktu. Tahukah Anda, apabila Anda sering terpapar angin di malam hari, maka hal ini memicu berbagai masalah pada kesehatan Anda. Salah satunya adalah Anda rentan terkena penyakit pneumonia.

Penyakit ini adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan dinilai sangat berbahaya. Penyakit pneumonia ini juga dikenal dengan istilah paru-paru basah.

Hal yang membuat Anda terserang pneumonia adalah adanya infeksi pada saluran pernapasan. Infeksi ini terjadi di bagian kantong udara yang ukurannya kecil. Kantong udara ini akan penuh dengan cairan dan mengalami pembengkakan sehingga membuat Anda terserang pneuminia.

Ada berbagai gejala awal dari penyakit pneumonia ini seperti batuk-batuk, demam, dan akhirnya sulit untuk bernafas. Berbagai macam faktor yang menyebabkan Anda terkena penyakit pneumonia ini. Salah satunya adalah Anda terserang infeksi bakteri streptococcus pneumonia ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghindarkan diri dari penyakit pneumonia.

Berikut ini adalah berbagai macam cara yang bisa dilakukan agar Anda terhindar dari penyakit yang satu ini, seperti yang dilansir dari healthy ways.

1. Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi

Kebersihan makanan dan minuman yang akan dikonsumsi menjadi salah satu hal wajib yang harus Anda lakukan untuk mencegah penyakit pneumonia. Apalagi ketika Anda membeli makanan di luar. Anda juga harus memperhatikan bagaimana kebersihan tempat makan tersebut.

Tidak peduli apakah rasa makanan tersebut enak, jika tempatnya tidak higienis maka sama saja Anda sudah memasukkan berbagai macam penyakit dalam tubuh Anda. Jamur, bakteri, dan kuman yang ada bisa masuk ke dalam tubuh Anda lewat minuman atau makanan yang diolah dengan tidak benar.

2. Jangan minum dengan terlalu tergesa-gesa

Saat seseorang sedang kelelahan setelah beraktivitas ataupun berolahraga, biasanya mereka akan merasa haus. Mereka langsung menegak minuman sambil nafasnya masih terengah-engah. Harapannya, dahaga yang dirasakan bisa hilang saat itu juga. Selanjutnya Anda bisa kembali bersemangat untuk melanjutkan berbagai aktivitas.

Tahukah Anda, apabila Anda minum tergesa-gesa maka akan membuat diri Anda berada dalam bahaya. Ketika air masuk ke dalam kerongkongan maka seharusnya kantong udara di paru-paru tertutup sehingga air tidak masuk ke kantong paru-paru.

Namun apabila Anda meminumnya sambil terengah-engah, maka bisa saja kantong udara di paru-paru akan terbuka sehingga membuat air masuk kedalam kantong tersebut. Lama kelamaan kantong udara yang ada di paru-paru akan penuh dengan air dan akan berakibat fatal pada tubuh Anda.

3. Melakukan berbagai macam olah raga

Sesibuk apapun Anda, akan lebih baik jika Anda menyisihkan waktu sedikit untuk berolahraga. Anda bisa berolahraga di waktu senggang atau diakhir pekan. Hal ini akan membuat kinerja paru-paru menjadi lebih baik sehingga pernapasan juga akan lebih baik. Anda bisa membandingkan antara mereka yang sering berolahraga dan mereka yang jarang berolahraga.

Pernapasan yang dimiliki oleh Anda yang jarang berolahraga lebih pendek dan lebih buruk. Anda bisa berolahraga di pagi ataupun sore hari. Ada berbagai macam jenis olahraga yang bisa dipilih seperti jogging bersepeda atau berenang.

4. Menggunakan jaket yang tebal

Apabila Anda berpergian dimalam hari, pastikan Anda menggunakan jaket yang tebal untuk menghalangi angin menerpa dada Anda tidak hanya itu, akan lebih baik jika Anda juga menggunakan helm full face. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan terpaan angin yang cukup kencang pada wajah Anda.

Di malam hari polusi tidak terlalu terlihat seperti ketika siang hari. Namun, polusi di malam hari jauh lebih tinggi dibandingkan polusi di siang hari. Hal inilah yang membuat kemungkinan bakteri dan jamur masuk ke dalam tubuh Anda juga lebih besar.

Penulis : Galih Wijaya

Editor : Elyandra Widharta

Sudah baca berita ini ?

Berita Terkini

Jangan Salah Pilih, Inilah 5 Kiat untuk Membeli Smartphone Second

57 Menit lalu

HarianBernas.com – Berbagai smartphone menawarkan berbagai spesifikasi dan fitur yang menggiurkan, namun sayangnya tak sedik... Selengkapnya

4 Smartphone Android Indonesia ini Berkualitas Kok Meski Buatan Indonesia

2 Jam lalu

HarianBernas.com – Apakah Anda termasuk orang yang ragu dengan kualitas smartphone Indonesia? Padahal beberapa produsen duni... Selengkapnya

Bali United Resmi Percat Hans Peter Schaller

3 Jam lalu

BALI, HarianBernas.com - Meski baru mengarungi Liga 1 beberapa pertandingan, namun manajemen Bali United sudah membuat keputu... Selengkapnya

Mourinho Unggulkan Man City

3 Jam lalu

INGGRIS, HarianBernas.com - Meski memiliki peluang mengejar peluang, namun manajer Manchester United (MU), Jose Mourinho meng... Selengkapnya

PB PRSI Evaluasi Timnas di Perhelatan Festival Akuatik

4 Jam lalu

PALEMBANG, HarianBernas.com - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PB PRSI langsung menggelar evaluasi untu... Selengkapnya

Gerindra dan PKS Bakal Kolaborasi dalam Pilkada Jawa Barat

4 Jam lalu

JAKARTA, HarianBernas.com - Politisi Partai Gerindra Sodik Mudjahid mengatakan partainya bersama dengan Partai Keadilan Sejah... Selengkapnya

Keluarga Mulai Melarang Foto Jupe Diposting, Ini Alasannya!

5 Jam lalu

JAKARTA, HarianBernas.com - Julia Perez kerap dilanda isu meninggal dunia meskipun diketahui Jupe memang sempat kritis. Namun... Selengkapnya