Harian Bernas

Tip Mudah Lacak Lokasi Smartphone Orang Lain

07 April 2017

Teknologi

Tip Mudah Lacak Lokasi Smartphone Orang Lain

Ilustrasi (sumber foto: istimewa)

HarianBernas.com - Anda pasti sesekali ingin melacak lokasi smartphone seseorang, tapi seringkali rencana itu terhenti karena tidak mengetahui tentang tip mudah apa saja yang bisa dipakai untuk melacak lokasi smartphone itu.

Melacak lokasi orang lain dengan memanfaatkan smartphone sebenarnya mempunyai dua mekanisme. Jika tanpa izin, melacak smartphone orang lain merupakan kegiatan yang tidak diperbolehkan, tapi dengan izin, kegiatan tersebut ternyata mempunyai keuntungan tersendiri, misalnya ditujukkan kepada orangtua yang telah membekali anak mereka dengan smartphone. Jadi, orangtua bisa memantau pergerakan dari anak mereka dan mengetahui jika anak mereka tidak melalui jalur yang biasa dilewati ketika pulang sekolah.

Sama halnya dengan pengguna smartphone pada umumnya. Dengan mengaktifkan fitur berbagai lokasi, Anda dapat mengetahui orang lain tanpa harus sering mengontak ketika sedang berencana untuk bertemu di suatu tempat.Namun, seperti apakah cara yang tepat untuk mengetahui lokasi orang lain? Berikut ini, beberapa tip mudah lacak lokasi smartphone orang lain, seperti yang dikutip dari Liputan 6, yaitu:

Android: Google + Location Sharing

Tip mudah lacak lokasi smartphone orang lain yang pertama, yaitu melalui Android dengan Google + Location Sharing. Pengguna Android sebenarnya mempunyai fitur serupa Find My Friend, tapi fitur ini tidak hadir secara terpisah sebagai aplikasi tersendiri. Fitur untuk berbagi lokasi ini sebenarnya tersedia pada layanan Google+ sehingga bisa dipakai pada platformnya Android dan iOS selama mempunyai akun jejaring sosial tersebut.

Namun, hal ini sedikit berbeda dengan Find My Friend. Pada fitur ini, penggunalah yang membagikan lokasinya kepada orang lain. Untuk melakukan hal tersebut, Anda harus membuka aplikasi Google, pilihlah Menu kemudian Locations.

Sesudah muncul, bukalah Location Setting dan Location Sharing. Aktifkan fitur tersebut, kemudian pada bawah opsi 'Pinpoint Locatiom', buka 'Choose People to Share With'. Pilihlah orang lain yang ingin Anda tuju untuk berbagi lokasi dan pilihlah 'Done'.

Nantinya, orang tersebut akan bisa melihat lokasi Anda dengan pasti. Jika orang lain ingin berbagi lokasi dengan Anda, cukup lakukan cara seperti di atas dengan mengganti kontak orang yang akan dibagi.

Selain itu, kedua aplikasi tersebut sebenarnya ada sejumlah aplikasi pihak ketiga yang mempunyai fungsi serupa. Bagi yang ingin mencoba, Anda bisa mengunduh aplikasi GeoZilla atau Life360.

iPad dan iPhone (iOS)

Tip mudah lacak lokasi smartphone orang lain yang kedua, yaitu melalui iPad dan iPhone (iOS). Sebenarnya, Apple sudah menyediakan aplikasi berbagi untuk antarpengguna perangkat uang menjalankannya iOS. Aplikasi yang bernama Find !y Friends ini hanya tersedia untuk iOS dan bisa diunduh secara gratis.

Untuk mulai menggunakan Find My Friend, pengguna harus terlebih dulu mengundang orang lain yang akan diikuti. Cara melakukannya, yaitu dengan membuka aplikasi tersebut dan ketuklah opsi 'Add' yang terdapat pada bagian pojok kanan atas.

Sesudah itu, carilah orang lain yang akan ditambahkan dalam daftar dan Anda sudah dapat memulai untuk saling berbagi lokasi. Apabila ingin berbagi lokasi dengan orang lain, Anda cukup hanya mengetuk nama teman yang dituju, kemudian pilihlah opsi 'More' pada kanan atas dan 'Share My Location'.

Anda dapat memilih durasi waktu berbagi lokasi mulai dari satu jam, hingga waktu berakhir, atau tanpa batas waktu. Jika ingin mematikan fitur berbagai lokasi, Anda cukup membuka opsi 'Me' pada layar utama dan menonaktifkan 'Share My Location'.

Itulah beberapa tips mudah lacak lokasi smartphone orang lain. Selamat mencoba!

Penulis : Galih Wijaya

Editor : Paulus Yesaya Jati

Sudah baca berita ini ?

Berita Terkini

Jangan Salah Pilih, Inilah 5 Kiat untuk Membeli Smartphone Second

46 Menit lalu

HarianBernas.com – Berbagai smartphone menawarkan berbagai spesifikasi dan fitur yang menggiurkan, namun sayangnya tak sedik... Selengkapnya

4 Smartphone Android Indonesia ini Berkualitas Kok Meski Buatan Indonesia

2 Jam lalu

HarianBernas.com – Apakah Anda termasuk orang yang ragu dengan kualitas smartphone Indonesia? Padahal beberapa produsen duni... Selengkapnya

Bali United Resmi Percat Hans Peter Schaller

3 Jam lalu

BALI, HarianBernas.com - Meski baru mengarungi Liga 1 beberapa pertandingan, namun manajemen Bali United sudah membuat keputu... Selengkapnya

Mourinho Unggulkan Man City

3 Jam lalu

INGGRIS, HarianBernas.com - Meski memiliki peluang mengejar peluang, namun manajer Manchester United (MU), Jose Mourinho meng... Selengkapnya

PB PRSI Evaluasi Timnas di Perhelatan Festival Akuatik

4 Jam lalu

PALEMBANG, HarianBernas.com - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PB PRSI langsung menggelar evaluasi untu... Selengkapnya

Gerindra dan PKS Bakal Kolaborasi dalam Pilkada Jawa Barat

4 Jam lalu

JAKARTA, HarianBernas.com - Politisi Partai Gerindra Sodik Mudjahid mengatakan partainya bersama dengan Partai Keadilan Sejah... Selengkapnya

Keluarga Mulai Melarang Foto Jupe Diposting, Ini Alasannya!

4 Jam lalu

JAKARTA, HarianBernas.com - Julia Perez kerap dilanda isu meninggal dunia meskipun diketahui Jupe memang sempat kritis. Namun... Selengkapnya