Harian Bernas

Mudah Lapar? Konsumsi 4 Makanan Ini agar Kenyang Lebih Lama

14 April 2017

Kesehatan

Mudah Lapar? Konsumsi 4 Makanan Ini agar Kenyang Lebih Lama

Ilustrasi (sumber foto: istimewa)

HarianBernas.com - Ketika memiliki aktivitas yang cukup padat setiap harinya, bahkan hanya memiliki sedikit waktu untuk makan, banyak orang yang rela untuk menahan lapar sampai berjam-jam. Tentu saja, rasa lapar ini akan membuat Anda tidak berkonsentrasi untuk bekerja. Beberapa dari Anda merasa lapar akibat tidak mengonsumsi makanan sebelumnya.

Namun, ada beberapa dari Anda yang sudah mengonsumsi banyak makanan, tapi tiba-tiba saja perut menjadi lapar. Padahal, baru beberapa jam yang lalu, Anda mengonsumsi makanan tersebut. Apabila terus mengonsumsi makanan tanpa bisa mengendalikannya, Anda berpotensi besar untuk terkena obesitas. Hal ini dikarenakan Anda terus-menerus mencoba untuk memenuhi kebutuhan perut yang tidak akan pernah selesai.

Ada yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, tidak jarang merasa stres dan memikirkan cara yang efektif untuk membuat berat badan mereka kembali normal. Ketika mereka beraktivitas, rasanya stamina sudah terkuras habis. Belum lagi ejekan dan hinaan yang diterima dari orang lain akan membuat psikologi seseorang berpengaruh. Akibatnya, banyak orang yang obesitas tidak bisa mencari pakaian yang pas untuk dirinya dan tidak percaya diri.

Untuk itu, Anda pastikan mengonsumsi makanan yang mampu membuat kenyang lebih lama sehingga bisa beraktivitas dengan nyaman. Berikut ini, berbagai makanan yang akan membuat Anda kenyang lebih lama, yaitu:

1. Telur

Salah satu makanan yang memiliki kadar protein yang cukup tinggi adalah telur. Protein akan digunakan tubuh sebagai cadangan energi seusai membakar karbohidrat. Anda pastikan mengonsumsi protein dengan jumlah yang cukup agar Anda bisa merasa kenyang lebih lama sehingga bisa menjalankan berbagai aktivitas.

Anda pasti pernah melihat berbagai film perang sebelumnya. Para tentara akan mengonsumsi biskuit sebagai salah satu usaha untuk bertahan hidup di medan perang. Biskuit menjadi salah satu makanan yang harus disiapkan karena bisa dibutuhkan sewaktu-waktu. Tahukah Anda, dalam proses pengolahan biskuit dibutuhkan telur sebagai bahan dasarnya.

2.Kacang-kacangan

Tak hanya telur saja yang memiliki kadar protein didalamnya. Namun, kacang juga menjadi salah satu makanan yang memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Bagi yang merasa lapar ketika berada di tengah-tengah aktivitas atau pekerjaan, Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan. Ada berbagai jenis menu kacang seperti kacang almond kacang mete kacang kulit, dan lain sebagainya.

Kandungan protein yang ada di dalam kacang akan mampu membuat rasa kenyang bertahan lama. Apabila hanya mengonsumsi roti tawar saja, rasa lapar akan cepat datang. Hal inilah yang membuat para produsen memproduksi selai kacang untuk dipasangkan dengan roti tawar agar bisa membuat rasa kenyang bertahan lama apabila dikonsumsi.

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan yang memiliki kadar prebiotik di dalamnya. Prebiotik ini sangat bermanfaat untuk membunuh berbagai bakteri jahat yang ada dalam tubuh Anda. Tidak hanya itu, yoghurt juga mengandung protein yang cukup tinggi. Apabila dibandingkan dengan kadar kalsium yang ada di dalamnya, kadar protein dalam yogurt lebih banyak. Bagi yang sedang diet atau menjaga berat badan, Anda disarankan untuk mengonsumsi yoghurt.

4. Jelly atau Agar-agar

Agar-agar atau jelly merupakan salah satu olahan makanan yang terbuat dari rumput laut. Agar-agar dan jelly ini merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat. Bagi yang tiba-tiba saja merasa lapar di tengah pekerjaan atau aktifitas yang dilakukan, tidak ada salahnya jika Anda menjadikan jelly atau agar-agar sebagai camilan.

Rasa agar-agar yang beragam akan membuat Anda merasa kenyang. Tidak usah khawatir apabila menjadikan jelly atau agar-agar sebagai camilan. Asalkan tidak ditambahkan gula yang berlebih, Anda bisa menjaga berat badan dengan mengonsumsi jelly atau agar-agar.

Penulis : Galih Wijaya

Editor : Paulus Yesaya Jati

Sudah baca berita ini ?

Berita Terkini

Jangan Salah Pilih, Inilah 5 Kiat untuk Membeli Smartphone Second

44 Menit lalu

HarianBernas.com – Berbagai smartphone menawarkan berbagai spesifikasi dan fitur yang menggiurkan, namun sayangnya tak sedik... Selengkapnya

4 Smartphone Android Indonesia ini Berkualitas Kok Meski Buatan Indonesia

2 Jam lalu

HarianBernas.com – Apakah Anda termasuk orang yang ragu dengan kualitas smartphone Indonesia? Padahal beberapa produsen duni... Selengkapnya

Bali United Resmi Percat Hans Peter Schaller

3 Jam lalu

BALI, HarianBernas.com - Meski baru mengarungi Liga 1 beberapa pertandingan, namun manajemen Bali United sudah membuat keputu... Selengkapnya

Mourinho Unggulkan Man City

3 Jam lalu

INGGRIS, HarianBernas.com - Meski memiliki peluang mengejar peluang, namun manajer Manchester United (MU), Jose Mourinho meng... Selengkapnya

PB PRSI Evaluasi Timnas di Perhelatan Festival Akuatik

3 Jam lalu

PALEMBANG, HarianBernas.com - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PB PRSI langsung menggelar evaluasi untu... Selengkapnya

Gerindra dan PKS Bakal Kolaborasi dalam Pilkada Jawa Barat

4 Jam lalu

JAKARTA, HarianBernas.com - Politisi Partai Gerindra Sodik Mudjahid mengatakan partainya bersama dengan Partai Keadilan Sejah... Selengkapnya

Keluarga Mulai Melarang Foto Jupe Diposting, Ini Alasannya!

4 Jam lalu

JAKARTA, HarianBernas.com - Julia Perez kerap dilanda isu meninggal dunia meskipun diketahui Jupe memang sempat kritis. Namun... Selengkapnya