Harian Bernas

Hentikan Kebiasaan Seperti Ini, Jika Tidak Akan Membahayakan Smartphone Anda

18 April 2017

Gadget

Hentikan Kebiasaan Seperti Ini, Jika Tidak Akan Membahayakan Smartphone Anda

Ilustrasi (Foto: Zopini)

HarianBernas.com - Jika dibandingkan dengan feature phone atau ponsel yang hanya bisa digunakan untuk menelpon dan SMS, smartphone tentunya lebih unggul dan juga lebih memiliki segudang "kepintaran".

Kepintaran yang dimiliki smartphone mengakibatkan smartphone menjadi rakus memakan daya baterai. Smartphone paling bisa bertahan lama dalam waktu sehari dan harus di-charge kembali. Berbeda dengan feature phone paling tidak pengguna hanya men-charge seminggu sekali.

Karena intensitas penggunaan dan sering di-charge membuat baterai smartphone menjadi bekerja lebih jeras. Oleh karena itu, pengguna harus menggunakan secara tepat dan mampu merawat dengan benar supaya baterainya dapat bertahan lebih lama.

Sebagaimana dirangkum dalam tech ini Asia, berikut ini adalah empat kebiasaan buruk yang biasa dilakukan pengguna dan harus dihentikan supaya baterai ponsel tidak cepat rusak.

1. Hentikan kebiasaan pakai powerbank

Saat baterai smartphone "sekarat", mungkin perangkat baterai portabel atau powerbank sering kali digunakan pengguna untuk menyelamatkan baterai ponsel supaya ponsel tetap dalam keadaan hidup. Namun, kebiasaan buruknya adalah sering kali pengguna mengisi daya baterai menggunakan powerbank walaupun tidak sedang dalam keadaan darurat dan sebenarnya sangat memungkinkan mengisi menggunakan perangkat charger.

Kebiasaan buruk tersebut sebaiknya dihentikan saja sebelum daya tahan baterai smartphone anda menjadi berkurang akibat sering men-charge menggunakan powerbank.

Men-charge melalui powerbank tidak sama halnya dengan men-char melalui listrik, powerbank tidak sepenuhnya mengalirkan daya yang stabil dan sesuai dengan spesifikasi smartphone. Terlebih lagi, banyak beredar powerbank dengan kualitas rendah.

Selin itu, kebiasaan buruk lain yanh sebaiknya dihentikan adalah men-charge smartphone dengan laptop atau PC melalui kabel data. Sama halnya dengan pwerbank, arus listrik dari  laptop atau PC tidak dirancang untuk mengisi daya smartphone yang sesuai dengan standar.

Jadi, demi menjaga kualitas baterai Anda sebaiknya menggunakan powerbank dan komputer jika benar-benar dalam keadaan darurat saja.

2. Hentikan pakai sembarang charger

Jika dilihat secara fisik, perangkat charger smartphone dan tablet Android memilki bentuk yang beragam sehingga sering digunakan secara bergantian untuk semua perangkat.

Padahal, pada setiap perangkat tentu saja memiliki charger dengan spesifikask khusus yang disesuaikan dengan jenia perangkat dan kapasitas baterainya. Biasanya charger yang digunakan pada perangkat tablet memiliki ukuran ampere yang lebih besar.

Apabila Anda menggunakan charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat dan baterai Anda maka aman mengurangi kinerja baterai smartphone. Jadi, mulai sekarang sebaiknya jangan menggunakan charger tablet untuk mengisi baterai ponsel. Gunakanlah charger orisinil atau charger yang sesuai dengan spesifikasi standar ponsel Anda.

3. Hentikan nge-charge semalaman

Men-charge semalaman merupakan salah satu kondisi ekstrim yang berbahaya bagi kesehatan baterai smartphone.en-charge terus-menerus dalam keadaan baterai smartphone sudah terisi penuh dan dalam waktu yang lama tidaklah baik.

Memang betul bahwa amrtphone saat ini sudah dilengkapi dengan fitur overharge protection yang dapat menjaga batsraj berhentj ketika sudah diisi penuh. Namun, beberapa riset menyebutkan baterai bisa terjaga kualitasnya jika diisi tidak sampai penuh 100 persen, cukup sampai 80-90 persen.

Oleh karena itu, tidak ada salahnua jika Anda menghentikan kebiasaan men-charge smartphone semalaman supaya usia baterai bisa lebih panjang.

4. Hentikan kosong kelamaan

Kebiasaan yang dapat membuat ketahanan baterai akan berkurang secara perlahan adalah jika Anda membiarkan baterai benar-benar kosong dalam waktu yang lama.

Hal tersebut dikarenakan jika baterai benar-bebar dalam keadaan kosong maka sel baterai akan "tidur". Dan jika Anda tidak cepat-cepat membangunkannya kemungkinan akan beresiko sel bateraj tersebut akan kehilangan kemampuan untuk menyerap daya dari alat pengisian.

Berdasarkan data yang diperoleh dari sejumlah riset diperoleh databahwa pengisian daya terbaik dilakukan pada saat baterai berada di bawah angka 40 persen, pada kisaran 15 sampai 35 persen.

5. Berhenti berharap baterai bisa hidup selamanya

Sama halnya dengan manusia yang hanya hidup sementara, baterai pun juga seperti itu. Faktanya, setiap tahun ketahanan baterai bakal semakin menurun. Walau pengguna telah merawat baterai dengan benar, setiap baterai punya umur.

Oleh karena itu, jangan bersedih. Gantilah dengan membeli baterai yang baru demi kesehatan smartphone Anda. Tips yang telah dipaparkan hanya mampu memanjangkan umur baterai, bukan membuatnya abadi.

Memang banyak smartphone terkini yang tidak memberi opsi pengguna untuk mengganti baterai dengan mudah. Untuk itu, silakan hubungi teknisi atau pusat layanan terdekat.

Penulis : Galih Wijaya

Editor : Elyandra Widharta

Sudah baca berita ini ?

Berita Terkini

Jangan Salah Pilih, Inilah 5 Kiat untuk Membeli Smartphone Second

47 Menit lalu

HarianBernas.com – Berbagai smartphone menawarkan berbagai spesifikasi dan fitur yang menggiurkan, namun sayangnya tak sedik... Selengkapnya

4 Smartphone Android Indonesia ini Berkualitas Kok Meski Buatan Indonesia

2 Jam lalu

HarianBernas.com – Apakah Anda termasuk orang yang ragu dengan kualitas smartphone Indonesia? Padahal beberapa produsen duni... Selengkapnya

Bali United Resmi Percat Hans Peter Schaller

3 Jam lalu

BALI, HarianBernas.com - Meski baru mengarungi Liga 1 beberapa pertandingan, namun manajemen Bali United sudah membuat keputu... Selengkapnya

Mourinho Unggulkan Man City

3 Jam lalu

INGGRIS, HarianBernas.com - Meski memiliki peluang mengejar peluang, namun manajer Manchester United (MU), Jose Mourinho meng... Selengkapnya

PB PRSI Evaluasi Timnas di Perhelatan Festival Akuatik

4 Jam lalu

PALEMBANG, HarianBernas.com - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia atau PB PRSI langsung menggelar evaluasi untu... Selengkapnya

Gerindra dan PKS Bakal Kolaborasi dalam Pilkada Jawa Barat

4 Jam lalu

JAKARTA, HarianBernas.com - Politisi Partai Gerindra Sodik Mudjahid mengatakan partainya bersama dengan Partai Keadilan Sejah... Selengkapnya

Keluarga Mulai Melarang Foto Jupe Diposting, Ini Alasannya!

4 Jam lalu

JAKARTA, HarianBernas.com - Julia Perez kerap dilanda isu meninggal dunia meskipun diketahui Jupe memang sempat kritis. Namun... Selengkapnya