Harian Bernas

Tak Hanya Jauhkan Kanker, Selada Ternyata Juga Punya Manfaat Lain yang Mengejutkan

13 Mei 2017

Kesehatan

Tak Hanya Jauhkan Kanker, Selada Ternyata Juga Punya Manfaat Lain yang Mengejutkan

Ilustrasi (Foto: TANI ASRI)

HarianBernas.com - Sayuran menjadi salah satu hal yang harus dikonsumsi setiap orang. Hal ini dikarenakan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh mereka. Ada berbagai macam sayuran yang tersedia baik yang berwarna hijau maupun yang berwarna lain. Manfaat yang diberikan dari sayuran tersebut hampir sama.

Salah satu sayuran yang sering digunakan dalam salat buah maupun salad sayur adalah selada. Sayur yang satu ini sering dijadikan hiasan pada suatu sajian makanan. Rupanya, sayur yang sering dijadikan hiasan ini memiliki berbagai macam manfaat yang sayang jika dilewatkan. Berikut ini adalah berbagai macam manfaat dari sayur selada, seperti yang dilansir dari foodies.

1. Meminimalisir kemungkinan terkena penyakit kanker

Manfaat pertama dari sayur selada adalah membuat Anda terhindar dari penyakit kanker. Kandungan lutein dan betakaroten yang terdapat dalam sayur selada mampu membuat penyakit kanker menjauh dari Anda.

Sampai saat ini, penyakit kanker masih menjadi salah satu penyakit mematikan dan ditakuti oleh semua orang di dunia. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar Anda tidak terkena penyakit kanker adalah dengan rutin mengkonsumsi sayur selada.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kedua dari sayur selada adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Adanya kandungan kalsium kalium dan fosfor pada sayur selada membuat sayur ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Detak jantung Anda akan memiliki irama yang teratur dibandingkan ketika Anda tidak mengkonsumsi sayur selada.

Kandungan lutein yang ada di dalam sayur selada mampu meminimalisir kemungkinan Anda terkena kardiovaskular. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir terkena serangan jantung jika rutin mengkonsumsi sayur selada.

3. Membuat Anda terhindar dari anemia

Manfaat ketiga dari sayur selada adalah mampu membuat Anda terhindar dari anemia. Bagi Anda yang sering merasa pusing, sakit kepala, dan tidak enak badan, dan Anda memiliki keturunan anemia maka Anda harus segera mengkonsumsi sayur selada.

Sayur selada akan menjaga Anda terkena anemia. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam sayur selada mampu membuat proses pembentukan sel darah merah semakin lancar sehingga Anda tidak kekurangan sel darah merah. Bagi Anda yang memiliki keturunan anemia, Anda disarankan untuk mengkonsumsi sayur selada agar tidak terkena anemia.

4. Menjaga berat badan

Manfaat keempat dari sayur selada adalah tidak membuat Anda terkena obesitas. Walaupun Anda banyak mengkonsumsi sayur selada, Anda tidak perlu khawatir akan terkena obesitas. Hal ini dikarenakan kadar kalori pada sayur selada cukup rendah sehingga tidak akan membuat cal tertimbun di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi sayur selada maka kebutuhan cairan tubuh akan tercukupi dan pembentukan batu empedu akan menurun. Bagi Anda yang suka mengkonsumsi makanan ringan, Anda disarankan untuk mengkonsumsi selada air sebagai menu camilan. Selada air bisa menjadi salah satu camilan sehat bagi Anda yang suka nyemil.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat kelima dari sayur selada adalah mampu membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Apabila Anda merupakan seseorang yang mudah terserang berbagai penyakit, Anda disarankan untuk mengkonsumsi sayur selada agar sistem kekebalan tubuh bisa meningkat. Senyawa yang terkandung dalam selada mampu meredakan infeksi dan peradangan pada tubuh.

Bagi Anda yang memiliki kemungkinan terkena sinusitis, Anda disarankan untuk mengkonsumsi sayur selada. Hal ini dikarenakan sayur selada mampu membuat Anda terhindar dari sinusitis. Pastikan Anda mengkonsumsi sayur selada yang banyak agar sistem kekebalan tubuh bisa meningkat.

Penulis : Galih Wijaya

Editor : Elyandra Widharta

Sudah baca berita ini ?

Berita Terkini

Inilah 4 Hal yang Menandakan Anda Jatuh Cinta Padanya

4 Menit lalu

HarianBernas.com - Setiap orang pasti ingin merasakan indahnya jatuh cinta. Rasanya, hidup Anda tidaklah lengkap apabila belum per... Selengkapnya

Jantung Pisang dengan Sejuta Manfaat

19 Menit lalu

HarianBernas.com – Jika dilihat sepintas, memang jantung pisang tidak terlihat istimewa. Bahkan sering dianggap sebagai bagi... Selengkapnya

Manfaat Kulit Tomat yang Harus Anda Tahu

34 Menit lalu

HarianBernas.com – Setelah mengupas tomat, jangan langsung membuang kulit tomat ke tempat sampah. Karena dibalik kulit tomat... Selengkapnya

Cara Pembuatan dan Pengolahan Kolang Kaling

49 Menit lalu

HarianBernas.com – Kolang-kaling tidak mengenal musim dan mudah ditemukan di pasaran sehingga kapanpun Anda ingin mengolahny... Selengkapnya

Bagi Pengantin Baru, 4 Tip Ini Akan Membuat Keuangan Rumah Tangga Menjadi Sehat

1 Jam lalu

HarianBernas.com - Apakah Anda merupakan pasangan pengantin baru? Anda pasti sudah mulai merencanakan keuangan rumah tangga Anda, ... Selengkapnya

Masih Awam, 4 Cara Ini Mampu Menjaga Keamanan Kartu Kredit saat Belanja

1 Jam lalu

HarianBernas.com - Anda pasti pernah atau sering berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Namun, apakah sudah menjaga keam... Selengkapnya

5 Tips Atur Uang Saat Berbisnis

2 Jam lalu

HarianBernas.com - Setiap bisnis yang dijalankan pasti memerlukan pengelolaan keuangan yang bijak dan baik supaya bisnis ters... Selengkapnya