Apa Sih Flu Burung Itu?

Lathiva - Thia Destiani
17 Mei 2017

ilustrasi (Sumber Foto: ibntimes[dot]com)

HarianBernas.com – Flu burung memang sering mewabah di beberapa daerah maupun kota di dunia. Namun hingga saat ini, banyak negara yang masih sulit untuk mengantisipasi terjadinya wabah tersebut.

Penyakit yang satu ini sebenarnya disebabkan oleh virus influenza yang tergolong dengan keluarga orthomyxoviridae. Virus ini terdiri atas tiga tipe antigenik yang berbeda, yaitu A, B dan C.

Virus influenza A bisa terdapat pada unggas, babi, kuda, manusia dan kadang-kadang mamalia yang lain sebagai contohnya anjing laut dan ikan paus. Tetapi sebenarnya hewan penyebab sebenarnya adalah unggas liar. Sedangkan virus influenza B dan C hanya ditemukan pada manusia.

Penyakit flu burung yang disebut juga dengan Avian influenza disebabkan oleh virus influenza A. Penyebab flu burung pada unggas yang sangat ganas dan menular ke manusia pada wabah akhir-akhir ini dinyatakan virus influenza A subtipe H5N1. Virus ini sama dengan apa yang ditemukan pada ayam dan manusia ketika wabah flu burung di Hongkong pada tahun 1997.

Sebelum terjadinya flu burung di Hongkong, sebenarnya penyakit ini telah ditemukan di negara lain walaupun tidak diberi nama flu burung atau Avian influenza.

Makhluk hidup yang dapat menyebarkan flu burung:

  • Berbagai macam burung, termasuk berbagai jenis ayam, kalkun, burung laut, burung-burung liar seperti pelikan, merak, walet, itik dan sebangsanya. Demikian juga burung liar yang kini sudah menjadi burung peliharaan, seperti burung parkit, kakak tua, nuri dan beo.
  • Babi, kuda, macan, ikan paus dan diduga berbagai jenis mamalia yang lain

Unggas yang menderita flu burung ini bisa mengeluarkan virus di dalam jumlah yang besar dalam kotoran atau feses maupun secreta yang dikeluarkannya. Virus flu burung ini bisa bertahan hidup dalam air hingga 4 hari pada suhu 22 derajat Celcius dan lebih dari 30 hari pada suhu 0 derajat Celcius.

Di dalam tinja unggas dan di dalam tumbuh unggas yang sakit, virus ini bisa bertahan jauh lebih lama, namun akan mati pada pemanasan 60 derajat Celcius selama 30 menit atau 90 derajat Celcius selama 1 menit.

Virus ini mempunyai masa inkubasi atau jarak antara masuknya virus sampai terlihat gejala pada penderita yang cukup pendek yang di antara beberapa jam hingga 3 hari dan hal itu sangat bergantung pada jumlah virus yang masuk rute kontak dan spesies unggas yang terserang.

Tanda-tanda hewan terkena flu burung

Tingkat kesakitan atau morbiditas dan tingkat kematian atau mortalitas yang ditimbulkan oleh virus flu burung sangatlah bervariasi, tergantung dari galur virus yang menyerang, spesies unggas yang terserang, umur, lingkungan, dan adanya infeksi sekunder.

Sejumlah sub tipe virus influenza A dapat dapat menimbulkan penyakit yang parah pada spesies unggas tertentu tetapi pada spesies unggas yang lain tidak menimbulkan penyakit atau menimbulkan gejala yang sangat ringan. Virus influenza a subtype H5N1 lebih sering menyerang ayam muda dibandingkan yang lebih tua.

Pada burung-burung liar, sebagai contohnya itik, angsa dan burung camar. Demikian juga berbagai burung peliharaan seperti jalak, nuri, dan parkit yang sebenarnya dulu pun termasuk ke dalam burung liar pada umumnya tidak menyebabkan sakit jika memiliki flu burung. Tetapi hewan tersebut berfungsi sebagai pemicu yang bisa menularkannya kepada hewan lain atau manusia.

Hal inilah yang membuat pemberantasan flu burung menjadi lebih sulit karena masyarakat yang memelihara sejumlah unggas tidak menyadari jika unggas yang dimilikinya telah terserang flu burung. Sehingga ketika pemerintah melakukan program pemberantasan flu burung dengan pemusnahan, masyarakat yang mempunyai unggas dalam keadaan sehat merasa keberatan Dan tidak menyadari bahwa ada bahaya di sekitarnya jus dan justru melarang unggas yang dimilikinya untuk dimusnahkan.

Virus flu burung bisa menimbulkan gejala yang bervariasi pada unggas domestik, seperti ayam dan kalkun, mulai gangguan pernafasan ringan yang bersifat tidak patogen sampai penyakit yang bersifat fatal seperti bersifat patogen.

Virus flu burung yang ganas ditandai oleh proses penyakit yang cepat dan disertai tingkat kematian tinggi. Kejadian penyakit Ini kemungkinan berlangsung sangat cepat dan unggas mati mendadak tanpa didahului gejala tertentu. Morbiditas dan mortalitas mencapai 100%. Gejala yang bisa terjadi pada unggas yang terserah Avian Influenza jenis akut ini ialah,

  • Terjadi gangguan produksi telur, seperti terjadi penurunan produksi telur secara drastis sampai produksi telur terhenti sama sekali. Pada ayam bibit, produksi telur biasanya menurun secara drastis yang disertai dengan penurunan daya tetas telur.
  • Mengalami gangguan pernafasan, seperti batuk, bersin dan mengorok.
  • Jengger kebiruan.
  • Kaki berwarna kemerah-merahan seperti dikeroki. Jika dibuka terdapat pendarahan.
  • Lakrimasi atau mengeluarkan leleran dari mata secara berlebihan.
  • Peradangan pada sinus atau lubang hidung.
  • Pembengkakan di daerah kepala dan muka.
  • Kerontokan bulu
  • Perdarahan di bawah kulit yang diikuti kebiruan pada kulit terutama di daerah kaki dan kepala.
  • Diare
  • Gangguan saraf yang ditandai unggas terkadang membenturkan kepalanya, adanya gangguan keseimbangan, seperti berdiri dan berjalan yang sempoyongan.
  • Tingkat kematian tinggi yang sering terjadi kematian mendadak.

Flu burung yang disebabkan oleh virus flu burung yang termasuk low pathogenic avian influenza seperti H4N2 menimbulkan gejala yang lebih ringan antara lain:

  • Penurunan produksi telur sampai terhenti sama sekali
  • Gangguan pernafasan
  • Penurunan nafsu makan
  • Depresi
  • Peradangan sinus
  • Tingkat kematian rendah namun cenderung meningkat

 jika flu burung berbentuk ringan ini diikuti infeksi sekunder pada bakteri atau ayam yang berada dalam keadaan stres karena lingkungan, maka gejala klinis yang ditimbulkan dapat menjadi lebih parah.

Infeksi sekunder oleh bakteri dilaporkan mempunyai peranan yang penting pada kejadian flu burung. Hal ini karena bakteri menghasilkan enzim yang mampu untuk memotong hemaglutinin dari virus influenza sehingga virus tersebut dapat melakukan perbanyakan dan menyebar secara luas di dalam tubuh hewan atau manusia yang terserang.

Gejala penyakit flu burung pada manusia mirip dengan influenza yang biasa terjadi pada manusia, antara lain seseorang akan mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dengan gejala terjadinya demam 38 derajat celcius. Atau lebih, batuk, pilek, sakit tenggorokan, badan lemas, pegal linu, nyerinotot, pusing, peradangan selaput mata (mata memerah), disertai dengan mencret dan muntah.

Keadaan ini berlanjut menjadi gejala sesak nafas yang panjang dan dapat terjadi pada seseorang yang terkena flu manusia biasa. Dugaan penyakit flu burung bisa diarahkan pada yang bersangkutan apabila dalam seminggu terakhir mengunjungi peternakan yang sedang terjangkit penyakit flu burung, kontak dengan unggas yang dicurigai menderita flu burung, maupun bekerja pada suatu laboratorium yang sedang memproses spesimen atau sampel manusia bisa juga binatang yang dicurigai menderita flu burung.

Namun demikian, seseorang yang menunjukkan gejala ISPA anaknya meningkatkan kewaspadaan apabila sebelumnya telah mengalami kontak dengan unggas maupun burung-burung liar. Seringkali virus flu burung bersifat tidak patogen pada hewan hewan tersebut sehingga hewan-hewan itu akan terlihat sehat meskipun di dalam tubuhnya memiliki kandungan virus influenza H5N1 yang siap ditularkan pada manusia ataupun hewan lainnya.



Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Kuliner 1 Jam lalu

Yuk, Mencoba Membuat Sirup Homade

HarianBernas.com - Bikin sirup sendiri sebenarnya tidak sulit. Tetapi apa saja yang perlu diperhatikan pada saat membuatnya? Sirup memang banyak dijual di pasaran, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah. Sela ...

Kesehatan 2 Jam lalu

Beras Merah vs Beras Hitam, Manakah yang Sehat?

HarianBernas.com -Beras merah dianggap jauh lebih menyehatkan dibandingkan dengan beras putih. Tapi bagaimana jika dibandingkan dengan beras hitam? Lalu apa perbedaan diantara keduanya ya? Yuk, simak penjelasannya. Walaupun jenis beras a ...

Otomotif 3 Jam lalu

Alami Kebutaan Sementara Akibat “Ditembak” Lampu Silau? Atasi dengan Cara In !

HarianBernas.com - Beberapa macam cara sudah dilakukan oleh banyak pihak untuk memprotes penggunaan lampu yang menyilaukan dan mengganggu pengendara lain dari arah berlawanan. Namun, pada akhirnya masih kurang siginifikan, masih ada saja pe ...

Regional 4 Jam lalu

Lewat Tim Travel Heritage 2017, Generasi Muda Dikenalkan pada Wawasan Sejarah

HarianBernas.com - Tim Travel Heritage 2017, yang sekarang ini ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, memberikan manfaat yang positif untuk pengetahuan sejarah, terutama pada generasi muda. Banyak generasi muda yang tidak mengenal ...

Highlight 4 Jam lalu

Gak Bisa Tidur? Coba Unduh 5 Aplikasi Android Ini

HarianBernas.com – Apakah Anda termasuk orang yang sulit untuk tidur? Jika sudah mengalami penyakit sulit tidur atau insomnia maka bisa jadi berbagai penyakit akan menghampiri. Untuk yang merasa sulit tidur ada salahnya untuk men ...

Highlight 5 Jam lalu

WhatsApp Siapkan Kejutan untuk Pengguna, Apakah Itu?

HarianBernas.com – Salah satu penyedia layanan over-the-top (OTT), sedang mempersiapkan kejutan baru untuk pengguna. Tak lain adalah WhatsApp. Aplikasi ini sedang mempersiapkan fitur dimana pengguna bisa menonton YouTube tanpa pe ...

Kesehatan 5 Jam lalu

Ingin Hidup Sehat? Kurangi Minuman Bersoda dari Sekarang

HarianBernas.com - Tidak dipungkiri lagi, minuman yang mengandung soda sangatlah menyegarkan. Apalagi jika diminum dingin dan di tengah udara yang panas. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat minuman ini menjadi pilihan favorit ke ...

Selebritas 6 Jam lalu

Demian Aditya Dipuji Habis-Habisan dalam Acara America's Got Talent. Ini Videonya!

HarianBernas.com - Penampilan pertama Demian Aditya dalam acara America's Got Talent ternyata menuai banyak cibiran yang justru dari orang Indonesia sendiri. Tidak tanggung-tanggung, mereka mencibir jika apa yang dilakukan Demian di Ame ...

Nasional 6 Jam lalu

Rekrutmen PT. KAI Telah Dibuka, Kali ini untuk Lulusan SMA dan Sederajat

HarianBernas.com - PT Kereta Api Indonesia yang merupakan perusahaan bergerak di bidang jasa transportasi di tanah air kembali memberikan peluang kepada para putra dan putri terbaik Indonesia untuk berkarir di perusahaan tersebut. Suprap ...

Nasional 8 Jam lalu

Safari ke Daerah, Anies-Sandi Ingin Banyak Serap Kearifan Lokal

JAKARTA, HarianBernas.com – Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan tengah melakukan kunjungan ke daerah-daerah. Menurut Wakil Gubernur DKI terpilih Sandiaga Uno, kunjungan Anies ke daerah-daerah untuk menyerap informasi dan menj ...

Nasional 8 Jam lalu

100 Hari, Begini Kondisi Terkini Novel Baswedan

JAKARTA, HarianBernas.com – Penyidik senior Novel Baswedan sudah membaik. Sudah 100 hari Novel dirawat karena mengalami teror disiram air keras. Ia masih menjalani perawatan di Singapura. Kondisi terkini Novel Baswedan, mata sebela ...

Nasional 8 Jam lalu

Calon Pengganti Jakarta Ini Belum Punya Dua Infrastruktur Penting

HarianBernas.com – Kota Palangkaraya disebut-sebut menjadi salah satu kandidat calon ibu kota negara. Namun, bagaimana kesiapan infrastruktur di Palangkaraya? Palangkaraya belum memiliki dua infrastruktur penting, yakni Rumah Sakit ...

Nasional 8 Jam lalu

Resmi Dibubarkan, Polri Tetap Pantau HTI Sampai ke Daerah

JAKARTA, HarianBernas.com – Kepolisian RI tetap memantau pergerakan organisasi kemasyarakatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pasca-pencabutan status badan hukumnya oleh Kemenkumham. Langkah ini diambil pemerintah untuk mengantisipasi a ...

Otomotif 9 Jam lalu

Di India Kawasaki Ninja1000 Hanya Rp 200 Jutaan

HarianBernas.com - India Kawasaki Motors resmi meluncurkan moge fairing-nya, Ninja 1000 2017, dengan harga 9,98 lakhs atau Rp 207 jutaan. Model tersebut dibawa dalam bentuk Semi-Knocked Down (SKD) dan cukup membantu untuk menurunkan hargany ...

Nasional 10 Jam lalu

Baru Dilantik, Kepala Setpres Langsung Dampingi Jokowi ke Malang

JAKARTA, HarianBernas.com – Heru Budi Hartono resmi dilantik sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres). Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta itu akan mendampingi Presiden Joko Widodo di setiap kegi ...

Teknologi 10 Jam lalu

Robot Mini Berbentuk Bola Buatan Jepang ini Ikut dalam Misi Antariksa

HarianBernas.com - Badan Antariksa Jepang (JAXA) telah merilis foto debutan sebuah teknologi robotika teranyar yang digunakan untuk membantu para astronot dalam misi eksplorasi angkasa luar. Sempat dirahasiakan, teknologi robotika itu diumu ...

Nasional 10 Jam lalu

Jokowi Ingin Kepala Daerah Bawa Perubahan Bukan Terjebak Rutinitas Belaka

JAKARTA, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo mengharapkan ada perubahan dari masing-masing diri kepala daerah. Ia tak ingin mendengar kepala daerah hanya sibuk dengan rutinitas belaka. Semua pihak justru dituntut untuk berani memb ...

Nasional 12 Jam lalu

Polisi: HTI Kecewa, Ada 2 Cara yang Bisa Ditempuh

JAKARTA, HarianBernas.com – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menyampaikan bagi masyarakat yang kecewa dengan pembubaran organisasi kemasyarakatan (ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tidak perlu melakukan aksi anarkitis. ...

Internasional 12 Jam lalu

Gara-Gara Ada Bau Mirip Kentut, Penumpang Satu Pesawat Dievakuasi

HarianBernas.com – Seluruh penumpang sebuah penerbangan American Airlines kabarnya terpaksa dievakuasi pada Minggu 16 Juli 2017 waktu setempat. Langkah itu dilakukan setelah mereka mengeluh sakit kepala dan mual akibat menghirup bau b ...

Umum 12 Jam lalu

Seorang Wanita Tewas Setelah Dipaksa Aborsi 4 Kali dalam Setahun

HarianBernas.com - Seorang perempuan Tiongkok tewas usai dipaksa melakukan aborsi empat kali dalam setahun. Hal tragis itu terjadi karena suami korban ingin memiliki anak laki-laki. Laman Asia One, Kamis (20/7/2017) menyebut, wanita bern ...

Regional 12 Jam lalu

Pengusaha Taksi Online di Yogyakarta Mulai Urus Izin Operasional

YOGYAKARTA, HarianBernas.com – Sejumlah operator taksi online di Daerah Istimewa Yogyakarta mulai melakukan proses pengurusan izin operasional. Setiap operator diharapkan segera melengkapi berkas-berkasnya sesuai peraturan taksi berba ...

Wisata 13 Jam lalu

Diluncurkan BOB, Candi Borobudur dan Destinasi Wisata Sekitar Makin Tergarap

HarianBernas.com  – Destinasi wisata Candi Borobudur yang sudah mendunia ini akan semakin terawat dan dikelola oleh manajemen baru. Pasalnya, potensi daerah menjadi daya tarik pariwisata Indonesia. Untuk potensi pariwisata di Jaw ...

Pendidikan 13 Jam lalu

Wanita Singapura ini Buat Video Pembelajaran YouTube agar Anak Indonesia Pintar Berbahasa Inggris

HarianBernas.com – Seorang dosen perempuan berkewarganegaraan Singapura yang bernama Joriah Anwar ingin mengabdikan diri untuk pendidikan bahasa Inggris bagi anak-anak Indonesia. Kesehariannya mengajar bahasa Inggris di negara asalnya ...

Internasional 13 Jam lalu

11 Member Wanna One Ini Siap Mengambil Hati Fangirls K-POP, Siapkah Kamu?

Harianbernas.com - Pecinta Kpop bersiap-siaplah menyambut boygroup baru yang terbentuk dari sebuah program survival berjudul Produce 101 Season 2 yang di tayangkan di Mnet. Program Survival ini diikuti oleh 101 peserta atau trainee dari ber ...

Nasional 14 Jam lalu

Presiden Jokowi Bertolak ke Malang Bertemu Wali Kota Seluruh Indonesia

JAKARTA, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo bertolak ke Malang, Jawa Timur, Kamis (20/7/17). Kunjungannya ke Malang untuk menutup Rapat Kerja Nasional XII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Ia akan memberikan ...

Wisata 14 Jam lalu

Berniat Uji Nyali di Luar Negeri, Jangan Lupa Menginap di 6 Hotel Paling Angker di Dunia

HarianBernas.com - Bila berencana jalan-jalan keluar negeri, hal pertama yang Anda persiapkan pasti memesan penginapan untuk tempat singgah atau istirahat. Bagi yang menyukai misteri, beberapa penginapan ini akan cocok untuk dijadikan ...

Lifestyle 14 Jam lalu

Sering Tak Sadar Dilakukan, Kenali 4 Jenis Bullying yang Sering Terjadi di Sekitar Kita

HarianBernas.com - Akhir-akhir ini marak terdengar kasus perundungan atau yang biasa disebut "bullying". Bullying sendiri merupakan perilaku seseorang atau kelompok yang melakukan tindakan menyakiti dan mengontrol orang lain ...

Internasional 14 Jam lalu

Drama Korea "Suspicious Partner", Inspirasi Cewek untuk Tahu 7 Kode Cowok yang Naksir Balik

HarianBernas.com—Buat para cewek, setuju tidak nih kalau cowok suka bikin penasaran, bikin baper, bikin galau? Ditambah saat itu kita juga lagi suka cowok tersebut, tapi kita bingung dengan sikapnya, lalu bertanya, naksir balik tidak ...

Nasional 15 Jam lalu

Polri Jadi Jembatan Pansus Hak Angket dengan KPK

JAKARTA, HarianBernas.com – Wakapolri Komjen Pol Syafruddin mengungkapkan posisi Polri saat ini menjadi jembatan atau penghubung antara Pansus Hak Angket oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi. " ...

Selebritas 15 Jam lalu

Akui Pesan "Happy Five", Axel Matthew Terancam Hukuman Penjara Selama 5 Tahun

JAKARTA, HarianBernas.com – Putra sulung Jeremy Thomas, Axel Matthew Thomas ditahan polisi setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyalahgunaan narkoba. Jeremy Thomas pun mendampingi sang putra sampai di Polda Metro Jaya. ...

Nasional 15 Jam lalu

Jokowi Terus Bergerak Selesaikan Masalah Konektivitas di Papua Barat

JAKARTA, HarianBernas.com – Pemerintah masih kerja keras untuk membangun Provinsi Papua Barat ke arah yang lebih baik. Sejumlah tantangan harus dihadapi pemerintah mulai dari membuka keterisolasian, menciptakan lapangan kerja baru, me ...

Internasional 15 Jam lalu

Wanita dengan Rok Mini di Arab Saudi Dibebaskan Tanpa Dakwaan

HarianBernas.com - Kementerian Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi mengumumkan, perempuan yang ditahan karena memakai rok dan baju mini di sebuah area bersejarah di negara itu telah dibebaskan. CNN, Kamis (20/7/2017) menyebut, wanit ...

Nasional 15 Jam lalu

Tak Hanya Modal Potensi Alam, Papua Butuh Hal Ini untuk Sejahterakan Masyarakatnya

JAKARTA, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk memanfaatkan potensi sumber daya yang beraneka ragam di setiap daerah utamanya Provonsi Papua dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. Hal ini disampaikan dalam ...

Selebritas 17 Jam lalu

Gelar Gala Premiere Mars Met Venus, Pamela Bowie 'Dilabrak' Pacar Ge Pamungkas

HarianBernas.com - Pekan lalu Pamela Bowie mendapat kejutan ketika Gala Premiere Mars Met Venus digelar. Ia mengaku bahwa ia 'dilabrak' oleh Angie Ang, kekasih Ge Pamungkas, sesaat setelah acara sreening selesai. Pamela bercerita ...

Selebritas 17 Jam lalu

Foto Mesra dengan Sang Kekasih, Syahnaz Tuai Kritik dari Netizen

HarianBernas.com - Belum lama ini Syahnaz Shadiqah kembali memamerkan pose kemesraanya bersama dengan kekasihnya, Ritchie Ismail atau yang sering dipanggil dengan Jeje 'Govinda'. Pose tersebut diunggah melalui akun Instagram pribadi ...

Selebritas 17 Jam lalu

Karaoke Inul Vista di Kediri Terbukti Sediakan Penari Telanjang

HarianBernas.com - Manager operasi karaoke Inul Vista di Kediri, INZ (40), ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jatim. Pasalnya, INZ disinyalir telah menyediakan penari telanjang. Dalam kasus yang termasuk dalam tindak pidana asusila ...

Internasional 17 Jam lalu

Gara-Gara Kekeringan, Warga Kenya Utara Beramai-Ramai Menjadi PSK

HarianBernas.com – Sudah menjadi fenomena yang lumrah terjadi bahwa jika bencana kekeringan terjadi di suatu wilayah, maka penduduk setempat bakal menjadi pihak yang paling menderita. Hal tersebut juga berlaku untuk rakyat Kenya utara ...

Internasional 17 Jam lalu

Perketat Sensor di Dunia Maya, Otoritas Tiongkok Blokir WhatsApp

HarianBernas.com – Bukan cuma Indonesia yang tengah disibukkan dengan wacana pencekalan aplikasi pengirim pesan. Tiongkok yang selama ini dikenal dengan kebijakan sensornya yang ketat kini menargetkan aplikasi WhatsApp sebagai target ...

Kesehatan 18 Jam lalu

Inilah Penyebab Mengapa Orang Tua Punya Waktu Tidur yang Lebih Pendek

HarianBernas.com – Sudah menjadi pengetahuan umum kalau orang-orang yang sudah berusia tua hanya memiliki waktu tidur yang pendek dan sering terbangun di tengah malam. Selama ini tidak ada yang tahu secara pasti mengapa fenomena terse ...

Internasional 18 Jam lalu

Hujan Deras dan Banjir Lumpuhkan Kegiatan Transportasi di Istanbul

HarianBernas.com – Kota Istanbul tengah diliputi kekacauan. Hujan deras disertai badai yang turun sejak hari Selasa (19/7/2017) pagi waktu setempat menyebabkan kota tersebut diterpa oleh banjir. Akibatnya, aktivitas lalu lintas mengal ...

Nasional 18 Jam lalu

Giliran #PerppuAncamOrmasIslam Menggema di Twitter

HarianBernas.com – Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan yang diterbitkan Pemerintah masih terus menuai pro dan kontra. Sehari setelah ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HT ...

Internasional 18 Jam lalu

Serangan Udara Pasukan Koalisi Arab Saudi Tewaskan 20 Warga Sipil Yaman

HarianBernas.com – Perang yang tengah mencabik Yaman kembali meminta korban jiwa dari kalangan warga sipil. PBB seperti yang dikutip oleh Al Jazeera melaporkan kalau setidaknya 20 warga sipil di kota Yaman barat daya tewas akibat sera ...

Internasional 18 Jam lalu

Biar Terlihat Garang, T-rex Ternyata Tidak Bisa Berlari Cepat

HarianBernas.com – Siapa yang tidak kenal dengan Tyrannosaurus rex? Dinosaurus bergigi tajam ini begitu terkenal berkat penampilannya yang terlihat buas. Popularitas T-rex semakin melambung setelah dinosaurus tersebut turut ditampilka ...

Otomotif 19 Jam lalu

Toyota Vios Versi Balap Siap Dijual Dalam Waktu Dekat

HarianBernas.com - Seperti dilansir dari Paultan, Toyota Malaysia telah siap untuk memasarkan Vios edisi spesial dengan tampilan yang tentu lebih sporti. Model kali ini dibuat dengan menginspirasi Toyota Gazoo Racing (TGR) Vios Challenge ...

Inspirasi 19 Jam lalu

Tertawa Saat Melihat Aksi Bullying, Sama Saja Ikut Membully

HarianBernas.com – Beberapa waktu lalu, sempat beredar di masyarakat terkait aksi bullying. Beberapa dari penonton mungkin tertawa saat melihat aksi bullying ini. Memang ini adalah salah satu hal yang memprihatinkan, namun nor ...

Nasional 19 Jam lalu

Ini yang Perlu Dilakukan Kepala Daerah Agar Sambut Perubahan Zaman

JAKARTA, HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo meminta agar setiap daerah mulai menyiapkan sebuah wadah untuk menumbuhkan tiga kunci dalam memenangkan persaingan, yakni inovasi, kreativitas, dan jiwa entrepreneur. Karena cepat atau ...

Selebritas 19 Jam lalu

Chicco Jerikho Ingin Segera Menikah dengan Mikha Tambayong?

HarianBernas.com - Dikabarkan aktor peran Chicco Jerikho menjalin hubungan serius dengan aktris cantik Mikha Tambayong. Berbicara menganai asmara, Chicco sejatinya sudah mau naik ke pelaminan dalam waktu dekat. Sahabat Rio Dewanto i ...

Selebritas 19 Jam lalu

Kenakan Hijab, Karina Salim Merasa Nyaman

HarianBernas.com - Karina Salim saat ini tengah disibukkan dengan peranannya dalam sebuah web series yang tayang di video berbayar. Dalam web serie tersebut pemain film Salawaku ini memerankan sebagai sosok wanita berhijab dengan nama Ema. ...

Kuliner 20 Jam lalu

Menu Unik Ini Hanya Ada di McD Singapura

HarianBernas.com – Beberapa waktu lalu, gempar salah satu restoran fast food internasional yang terkenal mengeluarkan menu khas Indonesia yang tidak lain ayam geprek. Restoran ini adalah McDonalds. Walaupun tidak seperti ayam ...

Seni Budaya 20 Jam lalu

Amit-amit! Jangan Sampai Ketemu 6 Hantu Legendaris ini Kalau Jalan-Jalan ke Korea Selatan

HarianBernas.com - Hantu selalu menjadi topik menarik untuk dibicarakan. Menakutkan sekaligus membuat penasaran. Setiap negara pasti memiliki hantu legendaris masing-masing. Seperti halnya Indonesia yang terkenal dengan hantu pocong ...