Harian Bernas

Sering Keputihan Saat Hamil, Aman Gak Yah?

19 Mei 2017

Kesehatan

Sering Keputihan Saat Hamil, Aman Gak Yah?

ilustrasi (Sumber Foto: npr[dot]org)

HarianBernas.com – Seorang wanita memang lebih rentan mengalami keputihan pada saat hamil karena pada saat inilah terjadi perubahan hormonal yang salah satu dampaknya merupakan peningkatan jumlah produksi cairan dan penurunan keasaaman vagina.

Semua ini berpengaruh terhadap peningkatan risiko terjadinya keputihan khususnya yang disebabkan oleh infeksi jamur. Umumnya, penyebab keputihan tersering pada wanita hamil adalah infeksi jamur Candida sp.

Wanita hamil bisa terkena keputihan sejak awal kehamilan hingga trimester akhir menjelang persalinan. Namun pada keputihan, karena infeksi jamur akan lebih berat terjadi pada bulan-bulan terakhir kehamilan, maka pada saat tersebut kelembaban vagina memang yang paling tinggi.

Tetapi selama selaput ketuban masih utuh janin masih terlindungi, pada umumnya tak ada efek langsung infeksi vagina yang menyebabkan terjadinya keputihan pada janin. Tapi bila saat persalinan masih terdapat infeksi, maka dampak keputihan yang terjadi bergantung penyebabnya, di mana bayi akan terkontak dengan penyebab keputihan tersebut.

Sebagai contohnya pada infeksi Chlamydia bisa terjadi keguguran 3 persalinan sebelum melahirkan atau persalinan prematur. Demikian pula infeksi virus herpes simpleks bisa menyebabkan radang pada otak beli atau ensefalitis.

Infeksi jamur candida SP bisa meningkatkan risiko terjadinya ayan atau epilepsi. Infeksi virus HPV bisa menyebabkan terjadinya papiloma laring pada bayi yang menyebabkan gangguan pernapasan dan gangguan pencernaan bayi hingga kematian. Infeksi bakteri neisseria gonore bisa menyebabkan infeksi pada mata bayi hingga terjadi kebutaan.

Pada kematian yang tidak normalnya disebabkan oleh infeksi, tentunya infeksi yang berlanjut dan bergantung penyebabnya, dapat mengganggu kesehatan ibu hamil. Misalnya bila terjadi infeksi klamidia pada kehamilan, dapat terjadi pecahnya selaput ketuban Sebelum masa persalinan.

Hal ini berakibat terjadinya infeksi pada janin dan juga pada ibu yang menyebabkan infeksi berat hingga kematian. Pada keputihan yang dikategorikan normal tidak perlu ada khusus. Hal terpenting ialah membersihkan organ intim secara benar dan teratur.

Pada umumnya cukup dengan sabun khusus vagina dan air bersih serta menjaga agar celana dalam tetap kering dan bersih setiap saat. Sedangkan pada keputihan yang tidak normal sesuai dengan penyebabnya dan harus segera mendapatkan pengobatan medis.

Penanganan atau pengobatan untuk keputihan pada ingin hamil tergantung penyebab keputihan itu sendiri. Misalnya penyebab yang paling menyedihkan yakni infeksi jamur candida SP, pengobatan yang paling aman pada perempuan hamil adalah pengobatan lokal dengan krim atau sejenis kapsul yang dimasukkan ke dalam vagina.

Pada infeksi bakteri yang paling sering menyebabkan persalinan prematur ada obat obat minum dalam bentuk kapsul atau tablet yang aman dikonsumsi ibu hamil. Pada infeksi neisseria gonore pada suntikan Apa obat yang digiling dalam bentuk kapsul yang juga aman untuk ibu hamil.

Pada infeksi neisseria gonore suntikan atau obat yang diminum dalam bentuk kapsul yang juga aman untuk ibu hamil. Bagi suami yang istrinya mengalami keputihan saat hamil disarankan agar kami mau terlibat dalam proses pengobatan.

Suami juga memahami bila dokter meminta untuk mengubah kebiasaan saat berhubungan seksual yang mungkin dapat larut malam menyebabkan keputihan kepada pihak istri seperti pemakaian kondom.

Suami juga diminta dokter untuk mengonsumsi obat tertentu untuk menghindari fenomena pingpong, bila terjadi istri infeksi oleh bakteri atau virus atau mikroorganisme lain yang nantinya bisa menular saat melakukan hubungan seksual.

Dalam hal ini memang diperlukan kerjasama yang apik antar pasangan sehingga tidak menimbulkan efek pingpong yang sangat berbahaya bagi istri dan maupun sang suami. 

Penulis : Lathiva

Editor : Thia Destiani

Sudah baca berita ini ?

Berita Terkini

Inilah 4 Hal yang Menandakan Anda Jatuh Cinta Padanya

11 Menit lalu

HarianBernas.com - Setiap orang pasti ingin merasakan indahnya jatuh cinta. Rasanya, hidup Anda tidaklah lengkap apabila belum per... Selengkapnya

Jantung Pisang dengan Sejuta Manfaat

26 Menit lalu

HarianBernas.com – Jika dilihat sepintas, memang jantung pisang tidak terlihat istimewa. Bahkan sering dianggap sebagai bagi... Selengkapnya

Manfaat Kulit Tomat yang Harus Anda Tahu

41 Menit lalu

HarianBernas.com – Setelah mengupas tomat, jangan langsung membuang kulit tomat ke tempat sampah. Karena dibalik kulit tomat... Selengkapnya

Cara Pembuatan dan Pengolahan Kolang Kaling

56 Menit lalu

HarianBernas.com – Kolang-kaling tidak mengenal musim dan mudah ditemukan di pasaran sehingga kapanpun Anda ingin mengolahny... Selengkapnya

Bagi Pengantin Baru, 4 Tip Ini Akan Membuat Keuangan Rumah Tangga Menjadi Sehat

1 Jam lalu

HarianBernas.com - Apakah Anda merupakan pasangan pengantin baru? Anda pasti sudah mulai merencanakan keuangan rumah tangga Anda, ... Selengkapnya

Masih Awam, 4 Cara Ini Mampu Menjaga Keamanan Kartu Kredit saat Belanja

1 Jam lalu

HarianBernas.com - Anda pasti pernah atau sering berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Namun, apakah sudah menjaga keam... Selengkapnya

5 Tips Atur Uang Saat Berbisnis

2 Jam lalu

HarianBernas.com - Setiap bisnis yang dijalankan pasti memerlukan pengelolaan keuangan yang bijak dan baik supaya bisnis ters... Selengkapnya