Dibalik Dorongan Setnov Bentuk Pansus Hak Angket KPK

Firardi Rozy - Thia Destiani
19 Mei 2017

Gedung Merah Putih KPK. (Sumber Foto : Istimewa)

JAKARTA, HarianBernas.com - Ketua DPR RI Setya Novanto atau Setnov dianggap kembali bermanuver melalui dorongan agar Pansus Hak Angket KPK segera terbentuk.

Mengawali pidato pembukaan masa sidang Dewan V tahun 2016-2017, Novanto sempat menyoroti agar pembentukan panitia khusus (pansus) hak angket KPK yang telah disepakati DPR pada sidang paripurna sebelumnya ditindaklanjuti.

Ketua Umum Partai Golkar tersebut meminta pembentukan pansus hak angket KPK segera ditindaklanjuti. Ini mengingat setelah disetujuinya hak angket KPK walau persetujuan itu menuai kontroversi.

"DPR telah menyepakati pembentukan panitia khusus hak angket tentang KPK. Pada kesempatan ini, pimpinan DPR mendorong agar proses selanjutnya segera ditindaklanjuti," himbau Novanto.

Namun berbagai kalangan baik pemerhati anti korupsi dan pakar hukum pidana menilai, dorongan Novanto agar pansus hak angket KPK dipercepat dianggap bernuansa politis. Novanto dinilai memiliki kepentingan terselubung di balik dorongannya itu.

"Novanto ini punya konflik kepentingan dengan pansus itu. Sebab, dia sebagai Ketum Golkar, bisa saja sikap Golkar yang berubah karena instruksi yang bersangkutan," kata pegiat antikorupsi dari Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz.

Di sisi lain konflik kepentingan terjadi karena Novanto disebut terlibat dalam kasus e-KTP. Angket ini tidak bisa dilepaskan dari kasus penanganan e-KTP yang sedang dilakukan oleh KPK.

Hal itu juga diperkuat Direktur Centre for Budget Analysis Uchok Sky Khadafi.

Menurut Uchok, dorongan terbentuk pansus hak angket, bukan hanya untuk menyelamatkan anggota dewan atas kasus e- KTP melalui pansus. DPR sedang menjadikan musuh bersama Kepada KPK.

Sebab, selama ini, DPR sudah sangat frustasi atas sepak terjang KPK atas pemberantasan korupsi di wilayah rumah legislatif tersebut. 

"Kemudian, dengan KPK dijadikan musuh bersama, maka diharapkan secara pelan pelan KPK bubar atau dilemahkan kewenanganannya dengan cara revisi atas uu KPK," tegasnya.

Sementara itu, mantan anggota Komisi III DPR RI Ruhut Sitompul menilai, sikap tersebut sebagai upaya untuk menyelamatkan pimpinan DPR Setya Novanto dari kasus e-KTP.

"Kalau saya lihat tujuannya para pimpinan itulah mereka semua acting. Di depannya kan Pak Fahri Hamzah, ini kaitan dengan apa yang ramai di komisi III, Miryam. Yang saya lihat ini mereka mau menyelamatkan pimpinannya ini Pak Setya Novanto," ujar Ruhut.

Ruhut mengkritisi sikap Golkar yang awalnya tidak setuju terhadap hak angket namun kemudian berbalik arah. Ia menyebut kader Golkar di DPR berusaha untuk melindungi Novanto.

"Ya kalau saya lihat kawan-kawannya mau menyelamatkan saja. Kalau (status tersangka atau tidak) Pak Setya Novanto nya saya nggak tahu gimana, kan sudah ramai," beber mantan Politisi Partai Demokrat tersebut.

"Kalau saya lihat tokoh-tokoh yang saya tanya, mereka inginnya melihat Golkar city solid. Mereka melihat Pak Novanto, selama dia belum tersangka ya jangan cawe-cawe. Kita harus tetap tampil di luar kompak," sambungnya.

Pakar Hukum Pidana Abdul Fickar Hadjar juga mengomentari bahwa, sejak awal ia melihat hak angket syarat dengan muatan kepentingan pribadi, ketimbang kepentingan umum. Hak angket sudah digunakan sebagai alat kepentingan orang per orang terutama yang sedang tertimpa kasus korupsi yang diusut KPK.

"Hak angket bila dibiarkan merusak sistem dan menjatuhkan marwah lembaga DPR," jelas Fickar.

Menurut Fickar, hak Angket DPR ke KPK menggambarkan konflik of interest DPR yang disatu sisi orang-orangnya terlibat perkara tipikor KPK disisi lain menggunakan kewenangannya justru untuk menggoyang KPK.

"Obstruction of justice (menghalangi penegakan hukum). Meskipun hak angket konstitusional tapi sangat mungkin ditunggangi oleh kepentingan privat ini yang disebut ultra vires," terangnya.

Yang patut dipertanyakan validitas angket k legitimasi pimpinan yang memutuskan tidak diakui oleh partainya.

Pakar Hukum Pidana lainnya Mudzakir menyatakan, dalam perspektif hukum pidana, penggunaan hak angket untuk perkara pidana yang sedang dalam proses penyidikan apalagi untuk buka rekaman hasil penyidikan tidak lazim dan tidak dibolehkan dalam hukum pidana. Sebab,  membuka hsil penyidikan yang masih rahasia adalah kriminal.

"Langkah DPR tersebut bisa dimaknai sebagai manuver politik. Tetap tidak boleh menabrak atau melanggar rambu hukum pidana," jelasnya.

Mudzakir meminta KPK sebaiknya segera memproses pokok perkara yang melatar belakangi hak angket DPR, sehingga dapat segera membongkar tindak pidana yang diduga melibatkan oknum anggota DPR.

"Hal ini tergantung sikap tegas dan profesionalisme KPK sebagai penegak hukum. Tapi jika KPK melayani manuver poltik denganmanuver politik juga oleh KPK maka saya pesimis KPK bisa membongkar tindak pidana yang diduga libatkan oknum anggota DPR," terangnya.

Saat ini ada enam (6) fraksi yang menyatakan menolak angket KPK, yakni F-Gerindra, F-PKB, F-PAN, F-PPP, F-Demokrat, dan F-PKS. Namun Gerindra memutuskan tetap mengirim perwakilan ke pansus dengan alasan untuk mengawal agar KPK tidak dilemahkan.

Posisi PKB menyatakan masih konsisten dengan menolak hak angket dan memastikan tidak akan mengirim wakil ke pansus. Ini sebagai wujud penolakan tersebut.

Untuk Partai Demokrat juga memastikan menolaknya. Bahkan, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono juga sudah memberikan instruksi bagi fraksi Partai Demokrat di DPR terkait hak angket untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

SBY meminta fraksi Demokrat tidak mengirimkan anggotanya ke dalam panitia khusus (pansus) hak angket KPK.

"Tidak ada anggota yang akan ikut ke pansus," kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo.

Roy mengatakan, pada prinsipnya SBY sepakat dengan niat memperbaiki kinerja KPK. Sebab, KPK bukanlah lembaga yang sempurna dan tidak luput dari kesalahan.

Namun, perbaikan kinerja KPK melalui hak angket di tengah bergulirnya kasus dugaan korupsi proyek e-KTP dianggap tidak tepat. Apalagi kasus itu diduga menjerat sejumlah nama politisi di DPR RI.

"Kalau mau perbaikan KPK, ada yang lebih pas, Ketum (SBY) menegaskan misalnya pemanggilan oleh KPK di Komisi III," ucap Roy.

Partai Golkar menilai pernyataan Ketua DPR Setya Novanto yang ingin mempercepat pembentukan panitia khusus (pansus) hak angket KPK merupakan hasil sidang paripurna sebelumnya. Meskipun di sisi lain, Novanto dianggap memiliki kepentingan lantaran namanya sempat disangkutpautkan dengan kasus dugaan korupsi e-KTP yang ditangani KPK.

"Pernyataan Ketua DPR Pak Setya Novanto sesungguhnya merupakan tindak lanjut dari hasil sidang paripurna DPR yang sebelumnya telah memutuskan soal hak angket tersebut," kata anggota Fraksi Partai Golkar Ace Hasan Syadzily.

Ace menyebut Golkar memastikan tidak ada maksud tertentu dari Novanto, yang meminta fraksi-fraksi di DPR membentuk pansus angket KPK itu. Menurut Ace, semua berpulang pada keputusan fraksi masing-masing. 

Takut Suara Tergerus

Angket terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berpotensi menimbulkan beban politik bagi partai politik atau anggota DPR yang terus mendukungnya.

Pengamat Politik Universitas Paramadina, Djayadi Hanan melihat penolakan publik terhadap angket tersebut sangat jelas.

Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) ini menjelaskan publik menentang karena angket tersebut dianggap bagian dari upaya sistematis pelemahan KPK.

Dia tegaskan, partai politik sepenuhnya tahu soal hal tersebut sehingga banyak yang balik badan dan melempem dukungannya terhadap angket.

"Mereka khawatir persepsi negatif publik. Apalagi tahun depan ada pilkada serentak dimana persepsi publik bisa mempengaruhi potensi menang kalah para calon partai," ujar Djayadi hanan.

Selain itu, imbuhnya, angket KPK itu kontroversial dari segi hukum. Bahkan angket itu bisa dianggap melampaui kewenangan DPR atau mencampuri otoritas lembaga penegak hukum dalam menjalankan tugasnya.

Bantah Tak Terkait e-KTP

Politisi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu menepis hak angket merupakan hak melekat di tubuh anggota DPR. Anggota Komisi III DPR itu kemudian berkata pengguliran angket hanya untuk memastikan KPK bekerja di jalur yang benar. 

"Hak Angket ini hak penyeldikan dan pengawasan DPR terhadap KPK dalam pelaksanaan UU dan penggunaan anggaran. Memastikan supaya pemberantasan korupsi kita on the track, tak ada penyalahgunaan oknum KPK sendiri," ucap anggota Komisi III DPR RI tersebut.

"Nggak ada kaitan ini sama kasus-kasus!" kata dia menegaskan kembali. 

Hak Angket KPK Melempem

Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Toto Sugiarto memprediksi kemungkinan besar hak angket tersebut akan gugur. Menurutnya, hal itu disebabkan karena para anggota dewan pada akhirnya membaca tekanan atau suara publik atas penolakan hak angket.

Jika hak angket dilanjutkan, maka sama saja dengan bunuh diri politik bagi partai politik yang mendukungnya. Apalagi, Pemilu 2019 sudah semakin dekat.

"Ini bisa diprediksi ke depannya hak angket ini tidak akan, kemungkinan besar tidak akan berlanjut," kata Toto.

KPK sendiri menanggapinya dengan melihat konsistensi keputusan fraksi.

"Publik akan mencatat dan menyimak ini. Bagi KPK juga kita akan lihat konsistensi dari fraksi-fraksi tersebut," ujar Kabiro Humas Febri Diansyah.

Febri juga sempat menyinggung soal adanya fraksi yang awalnya menolak namun kemudian berubah sikap. Karena itu, KPK akan memantau secara utuh sikap setiap fraksi di DPR.

Pada prinsipnya tentu kami apresiasi sikap-sikap yang clear dan konsisten dari anggota DPR atau fraksi yang ada terkait penolakan hak angket," katanya.


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Wisata 42 Menit lalu

10 Destinasi Wisata Branding Dilaunching di Balairung

JAKARTA, HarianBernas.com - Kementerian Pariwisata resmi me-launching The 10 Destination Brandings. Acara itu di gelar di Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta dan berlangsung cukup meriah. Pengunjung dibuat terkesima den ...

Destinasi 47 Menit lalu

Libur Lebaran di Jogja Aja! Dispar Janjikan Wisatawan Nyaman

YOGYAKARTA, HarianBernas.com - Sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata, jajaran Pariwisata DIY dengan sigap bersiap menyambut wisatawan. Berbagai persiapan menghadapi libur lebaran dan cuti bersama yang sudah diumumkan pemerintah pusat pun ...

Otomotif 52 Menit lalu

Audi Pamer Teknologi Otonomos di Film Baru Spider-Man

HarianBernas.com – Audi bakal mempertontonkan secara eksklusif Audi A8 pertama model tahun 2018 pada 7 Juli nanti, bertepatan dengan premiere film "Spider-Man: Homecoming" di Amerika Serikat. Mobil tersebut akan ta ...

Musik 1 Jam lalu

Begini Gaya Keren Putri Kecil Dave Grohl Memainkan Drum untuk Foo Fighters

HarianBernas.com – Dalam penampilan Foo Fighters pada Jumat malam (16/6/2017) di Secret Solstice Festival, Islandia pekan lalu memang sangat menarik. Di sana Dave Grohl dan kawan-kawan untuk pertama kalinya membawakan lagu baru berjud ...

Nasional 2 Jam lalu

Bayar Tunai Tol Cipali, Pemudik Siapkan Uang Pas Rp 110 Ribu

HarianBernas.com – Pemudik yang lewat Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) untuk golongan kendaraan satu cukup membayar Rp 110.000. Nilai ini lebih rendah Rp 1.000 dari tarif sebelumnya. Tarif ini berlaku untuk transaksi tunai mulai Kamis (2 ...

Kesehatan 2 Jam lalu

Tetap Sehat dan Bugar Selama Perjalanan Mudik, Terapkan 4 Hal Sederhana Ini

HarianBernas.com - Mengendarai kendaraan pribadi saat mudik dengan menempuh jarak yang jauh, tentu akan cukup melelahkan. Mudik lebaran dengan kendaraan pribadi, tidak hanya membutuhkan kondisi fisk yang fit, tapi juga mental. Selama per ...

Nasional 2 Jam lalu

Ahok Tetap Jalani Masa Hukuman di Rutan Mako Brimob, Ini Alasannya

JAKARTA, HarianBernas.com – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Cipinang, Abdul Ghani menuturkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tetap ditahan di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Jawa Barat. Semula Ahok akan menjalani masa eks ...

Tokoh 2 Jam lalu

Saat Bersepeda Malam, Raja Thailand Ditembak Pakai Senapan Angin

HarianBernas.com – Dua remaja laki-laki menembak  Raja Thailand yang sedang berada di Jerman. Pihak berwenang mengatakan ia tak terluka akibat tembakan dengan pistol angin tersebut. Penembakan itu terjadi saat Raja Vajiralongk ...

Film 3 Jam lalu

Peraih 3 Oscar untuk Kategori Aktor Terbaik Ini Putuskan Pensiun

HarianBernas.com – Aktor kawakan yang sudah malang melintang di Hollywood, Daniel Day-Lewis secara mengejutkan menyatakan bahwa ia akan segera mundur dari dunia akting atau pensiun sebagai aktor. Variety menyebut, Lewis akan mundur se ...

Nasional 3 Jam lalu

Mau Bekukan Anggaran KPK Dan Polri, Jangan Cuma Gertak Sambal Saja

JAKARTA, HarianBernas.com - Adanya anggota pansus M. Misbakhun angket yang begitu emosi dan marah terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK dan Polri, dengan alasan tidak mau mengikuti kehendak pansus angket KPK guna menghadirkan Miriy ...

Internasional 4 Jam lalu

Waduh, Salah Pilih Kostum di Afghanistan, AS Boroskan Uang Rp 373 Miliar

HarianBernas.com – Amerika Serikat (AS) telah melakukan pemborosan sebanyak US$ 28 juta atau sekitar Rp 373 miliar untuk seragam Tentara Nasional Afghanistan. Inspektur jenderal AS yang bertugas mengawasi perang, John Sopko, menyam ...

Musik 4 Jam lalu

Ternyata Ada Kolaborasi Queen dan David Bowie yang Belum Dirilis

HarianBernas.com – Setelah bertahun-tahun tidak menghasilkan album baru pasca kematian sang vokalis Freddie Mercury, Queen mungkin telah dianggap sebagai band yang ‘usang’. Namun menurut sang gitaris Brian May, beberapa re ...

Nasional 4 Jam lalu

Ini 3 Tips Mudik Aman Naik Sepeda Motor

JAKARTA, HarianBernas.com – Pemudik sudah mulai memadati sejumlah ruas tol menuju ke daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jawa Timur. Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Parraga memberikan tiga tips untuk para pemud ...

Kesehatan 5 Jam lalu

Bingung Kenapa Waktu Puasa, Tapi Kolesterol Tatap Naik? Ini Dia 3 Alasan Utamanya

HarianBernas.com - Sejumlah penelitian menunjukan bahwa saat bulan Ramadhan, umat Islam yang menjalankan ibadah puasa bisa mengendalikan kadar kolesterolnya dengan baik. Berpuasa bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Berpuasa jug ...

Wisata 5 Jam lalu

Kabar Gembira Bagi Travelista, Susi Air Buka Rute ke Maratua

KALTIM, HarianBernas.com - Kabar gembira bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pulau Maratua, Berau, Kalimantan Timur (Kaltim). Saat ini, wisatawan bisa menggunakan jalur udara karena Susi Air sudah membuka rute Kalimarau-Marat ...

Nasional 5 Jam lalu

Ayo Mudik dengan Diskon Tarif Tol Sampai 2 Juli, Ini Syaratnya

HarianBernas.com – Pemudik yang mulai melakukan perjalanan pulang kampung lewat tol akan mendapatkan diskon tariff tol dari 10 persen hingga 20 persen. Diskon berlaku untuk pengguna e-toll atau uang elektronik saat melakukan pembayara ...

Nasional 5 Jam lalu

Rest Area Pemalang-Gringsing Ada SPBU, Pemudik Maksimal Isi 20 Liter

BATANG, HarianBernas.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan PT Pertamina telah menyediakan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di ruas tol Pemalang-Gringsing. SPBU ini terdapat di rest area Candiareng, Batan ...

Nasional 5 Jam lalu

Hari Ini, Menhub Lepas Mudik Gratis ke 29 Kota

JAKARTA, HarianBernas.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melepas mudik gratis untuk sepeda motor dengan memakai bus di lapangan parkir Pantai Karnaval, Ancol Jakarta pada Kamis (22/6/17). Pelepasan mudik gratis ini ...

Nasional 6 Jam lalu

Tol Fungsional Disiram Air, Kecepatan Maksimal 40 Km Per Jam

GRINGSING, HarianBernas.com – PT Jasamarga Semarang Batang (PTJSB) mengoperasikan tol fungsional dari Batang hingga Semarang dengan pintu keluar di daerah Gringsing pada arus mudik Lebaran 2017. "Jalan Darurat Batang-Semarang ...

Inspirasi 7 Jam lalu

Sering Berpikir Kritis, Ini Manfaatnya Bagi Kita

HarianBernas.com - Di jaman yang semakin modern ini, Anda akan dituntut untuk mampu berpikir dengan kritis dalam berbagai permasalahan. Ini bertujuan agar Anda bisa semakin mudah untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari nantinya. Namu ...

Inspirasi 7 Jam lalu

Viral, Bocah Berbakti Gunakan Tangannya untuk Mengganjal Kepala Sang Ibu

HarianBernas.com – Beredar foto seorang anak lelaki yang menggunakan tangannya sebagai alas kepala ibunya yang terlelap di kereta. Pose tersebut lantas menggetarkan hati para netizen Tiongkok. Shanghaiist, Sabtu (17/6/2017) menyebu ...

Musik 7 Jam lalu

Jay Z Umumkan Album Baru, Dirilis Sesudah Libur Lebaran

HarianBernas.com – Rapper Jay Z baru saja mengumumkan album studio terbarunya yang berjudul "4:44". Dirinya juga sudah membagikan sedikit petikan lagu “Adnis” beberapa hari lalu dalam sebuah trailer&nbs ...

Internasional 7 Jam lalu

ISIS Ledakkan Masjid Berusia 800 Tahun di Mosul?

HarianBernas.com – Menjelang lebaran atau Idul Fitri, ISIS telah meledakkan Masjid Agung al-Nuri, sebuah masjid bersejarah di Mosul yang  menjadi jantung ideologi kelompok radikal tersebut, demikian menurut data dari Amerika Seri ...

Nasional 7 Jam lalu

Waspada Uang Palsu, BI Temukan Ribuan Upal

JAKARTA, HarianBernas.com – Bank Indonesia (BI) menyampaikan temuan uang palsu per Februari 2017 mencapai 22.212 lembar. Namun, jumlahnya peredaran uang palsu (upal) kian menurun dalam beberapa tahun terakhir. Direktur Eksekutif De ...

Internasional 8 Jam lalu

Di Negara Ini, Orang Kristen Ditangkap karena Jual Makanan Saat Ramadan

HarianBernas.com – Menurut sebuah laporan baru, orang-orang Kristen di Sudan ditangkap karena "kejahatan" menjual makanan dan teh selama bulan Ramadan. Laporan tersebut mengklaim bahwa lebih dari 10 orang ditangkap d ...

Ragam 8 Jam lalu

Cara Ampuh Kendalikan Emosi di Bulan Suci

HarianBernas.com - Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah. Bulan ramadhan juga sering disebut sebagai bulan yang suci. Anda akan menjalankan puasa selama sebulan penuh lamanya. Puasa di sini tidak hanya puasa makan dan m ...

Lifestyle 8 Jam lalu

6 Hal Ini Akan Membuat Mentalmu Lebih Terlatih Menghadapi Dunia Kerja

HarianBernas.com - Merasa khawatir dengan masa akan datang tentu selalu dialami oleh kabanyakan orang. Ketidak pastian akan masa depan terkadang membuat seseorang menjadi cemas dan gelisah. Terlebih lagi bagi orang yang sama sekali menda ...

Nasional 8 Jam lalu

Pintu Keluar Brexit Menuju Tol Darurat Pemalang Tersendat

BREBES, HarianBernas.com - Pintu keluar tol Brebes Timur (Brexit) menuju ke tol darurat Pemalang mengalami kemacetan. Petuhas di tol Brexit mengungkapkan kemacetan terjadi akibat sistem buka tutup yang diberlakukan di pintu tol darurat Pema ...

Kesehatan 9 Jam lalu

Aneka Penyakit Yang Menghantui Anda Selama Bulan Puasa

HarianBernas.com -  Sebenarnya, berpuasa menjadi salah satu hal yang menyehatkan. Daya tahan tubuh akan menjadi semakin kuat apabila Anda berpuasa. Namun, penting untuk mengatur pola makan ketika Anda sedang berpuasa. Sayangnya, ada ...

Kesehatan 9 Jam lalu

Buat Kalian yang Mendekati usia 30 Tahun, Sebaiknya Mulai Memperhatikan 8 Hal Berikut

HarianBernas.com - Penuaan merupakan fase alami yang tidak bisa kita semua hindari. Semakin bertambah usia, terjadi banyak perubahan dari dalam diri, seperti kebiasaan, pola pikir, hingga kesehatan. Memasuki usia 25 tahun, sel-sel tubuh ...

Lifestyle 9 Jam lalu

Tahukah Kalian Bahwa Orang Cerdas Terkadang Melakukan 5 Kebodohan Ini

HarianBernas.com - Setiap kali mendengar kata-kata cerdas, tentu kita akan berpikir kepada orang yang secara inteltual di atas rata-rata, mempunyai pemikiran yang mengagumkan. Namun, rupanya orang cerdas pun memiliki prilaku yang buruk. Dap ...

Tokoh 9 Jam lalu

Diri Anda yang Terbaik Akan Muncul saat Menyukai Apa yang Dilakukan

HarianBernas.com - Bila melihat perjalanan karirnya, Rifki Rizal menyebut sungguh aneh tapi nyata. Namun, ia lebih melihatnya itu sebagai bagian pengabulan Allah kepada dirinya untuk menjalani hal tersebut sehingga sekarang memiliki su ...

Kesehatan 9 Jam lalu

Kadar Kalium dalam Darah Tinggi? Apa Bahayanya?

HarianBernas.com - Mungkin beberapa dari Anda masih asing dengan penyakit hiperkalemia. Penyakit yang satu ini merupakan suatu kondisi dimana kadar kalium dalam darah sangat tinggi. Kalium menjadi salah satu cairan elektrolit penting dal ...

Kesehatan 10 Jam lalu

Buat yang Lagi Belajar Masak, Harus Paham 5 Hal Ini, Agar Tidak Mudah Keracunan

HarianBernas.com - Buat kalian yang hobi atau sedang belajar memasak untuk orang terdekat atau untuk keluarga, jangan sembarangan, ya. Pasalnya salah mengolah atau memilih bahan makanan, bisa jadi orang yang memakan masakanmu malah keracuna ...

Travel Agent 10 Jam lalu

Percaya Atau Tidak, 7 Tips Mudik Ala Traveller Ini Bisa Bantu Hemat Biaya Mudik Kamu, Coba Saja!

HarianBernas.com - Sebagian besar orang pasti ingin berhemat menekan pengeluaran yang tidak sedikit. tidak cuma untuk kehidupan sehari hari, jika bisa berhemat dilakukan saat momen mudik lebaran. Untuk melakukan mudik memang membutuhkan bia ...

Nasional 10 Jam lalu

Ini Cuitan Jokowi Usai Ulang Tahunnya ke-56

HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih atas semua ucapan dan doa di hari ulang tahunnya yang ke-56 pada 21 Juni 2017. Ucapan terima kasih itu disampaikan lewat akun Twitter miliknya @jokowi. “Terima ...

Nasional 10 Jam lalu

Polisi: Rizieq Hadapi Saja, Nanti Juga Selesai

JAKARTA, HarianBernas.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan menyampaikan bahwa pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tidak bisa seenaknya menghentikan pengusutan kasus dugaan pornografi dalam chat WhatsApp. Hal in ...

Bola 10 Jam lalu

Kalahkan Myanmar, Fakhri Puji Mental Pemain Timnas U-16 Indonesia

Vietnam, HarianBernas.com-Timnas U-16 sukses meraih kemenangan 4-1 atas Myanmar dalam laga pertama turnamen bertajuk U-15 International Footbaall Tien Phong Plastic Cup yang digulir pada Rabu (14/6) waktu setempat. Berlaga di Stadion San ...

Berkebun 10 Jam lalu

5 Tips Merawat Bunga Agar Tetap Segar Ketika Ditinggal Mudik

HarianBernas.com – Bagi seorang yang mencintai tanaman, keindahan taman yang terjaga merupakan hal yang harus selalu diperhatikan. Apalagi meninggalkan taman khususnya bunga di rumah untuk mudik lebaran, tentunya harus dengan persiapa ...

Kesehatan 11 Jam lalu

Awas Diare Bisa Dialami Saat Perjalanan Mudik, Perhatikan Ini

HarianBernas.com – Musim Mudik mulai berlangsung jelang Lebaran 2017. Kini sudah memasuki H-4 Lebaran 2017. Saat perjalanan mudik bisa saja terjadi diare. Terutama jika Anda mengonsumsi makanan pemicu diare. Karenanya, sebelum mudik m ...

Film 14 Jam lalu

Tak Kikuk, Ini Deretan Kakak-beradik yang Sering Adu Akting Bareng di Film Hollywood

HarianBernas.com – Hollywood merupakan industri perfilman yang populer. Industri perfilman ini rajin memproduksi film setiap tahunnya. Film-film yang dihasilkan juga banyak yang mendulang kesuksesan tidak hanya di tanah Hollywood saja ...

Ragam 15 Jam lalu

Dua Petinju Indonesia Kejar Gelar Internasional

Jakarta, HarianBernas.com-Dua petinju Indonesia dipersiapkan menghadapi laga internasional yang akan memperebutkan gelar WBC Asian Boxing Council Continental (ABCO Continental) Championship dan WBA Asia South Championship Super Bantam. P ...

Film 15 Jam lalu

Deretan Pemain Film Top Dunia yang Pernah Menolak Peran Populer

HarianBernas.com – Kepopuleran sebuah film tentu saja berkat peran banyak pihak yang ada di dalamnya. Mulai dari produser, sutradara, kru-kru yang terlibat, sampai para aktor dan aktris yang berakting dalam film tersebut. Untuk men ...

Film 16 Jam lalu

Berbaring 8 Jam Sebagai Mayat, Olwen Kelly Justru Tuai Banyak Pujian

HarianBernas.com – Film-film horor Hollywood memiliki kepopuleran yang tinggi di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa banyak penikmat film di Indonesia yang sangat menyukai film-film horor dari Hollywood. Beberapa film horor yang popu ...

Film 17 Jam lalu

Ini Cerita Memalukan, Lucu, dan Mengerikan dari Para Pemain “Guardians of The Galaxy Vol 2”

HarianBernas.com – Salah satu film superhero yang tayang pada Mei 2017 adalah “Guardians of The Galaxy Vol 2”. Seperti film yang sebelumnya, film “Guardians of The Galaxy Vol 2” ini juga populer di kalangan par ...

Kesehatan 22 Jam lalu

Terlihat Sepele, Namun Ini 5 Bahaya yang Mengancam Jika Minum Sambil Berdiri

HarianBernas.com - Posisi paling ideal ketika sedang minum adalah saat kita sedang duduk. Ketika duduk sebenarnya saraf-saraf? tubuh dalam keadaan tenang dan siap untuk menerima air yang masuk dari berbagai jenis minuman yang berbeda. Kebia ...

Nasional 23 Jam lalu

Pembentukan TGPF Kasus Novel, ‘Tamparan’ Bagi Polri

JAKARTA, HarianBernas.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham) bersama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) terhadap kasus Novel Baswedan. Ketiadaan kejelasan terhadap perkemban ...

Nasional 23 Jam lalu

Pertamina Diminta Antisipasi Ketersediaan BBM Jelang Mudik Lebaran

JAKARTA, HarianBernas.com - Anggota Komisi VII DPR Rofi Munawar meminta Pertamina sebagai pihak yang melakukan penyediaan bahan bakar segera melakukan antisipasi ketersediaan stom BBM secara tepat dan cermat. Setidaknya Pertamina dapat mela ...

Nasional 23 Jam lalu

Pengimpor Mie Samyang Klarifikasi Soal Kandungan Babi

JAKARTA, HarianBernas.com – Masyarakat belakangan ini diresahkan dengan mie instan asal Korea yang disebut-sebut mengandung babi. Ada empat produk mie instan yang hasilnya positif mengandung babi Menurut hasil uji lab Badan Pengawa ...

Nasional 23 Jam lalu

Menkumham: Perbaiki Lapas, Harga Tanah Mahalnya Bukan Main

JAKARTA, HarianBernas.com – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyampaikan kondisi lembaga pemasyarakatan (lapas) yang tak layak huni menjadi faktor utama penyebab kaburnya narapidana. Ia mengakui bebera ...